Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Finance

BCA Error Hari Ini? Begini Cara Mengatasi Dan Penyebabnya

×

BCA Error Hari Ini? Begini Cara Mengatasi Dan Penyebabnya

Share this article
BCA Error Hari Ini

Apakah anda nasabah bank BCA dan mengalami BCA error hari ini ketika akan transaksi atau membuka aplikasi BCA? Maka jangan kuatir, sebab kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi BCA error hari ini dan juga penyebab umum yang menjadi pemicunya.

Bukan rahasia lagi apabila dikatakan bank Central Asia atau populer dikenal dengan singkatan BCA merupakan salah satu nama besar dalam dunia perbankan di tanah air dimana bank ini telah memiliki jutaan nasabah setia dari dulu dan terus bertambah hingga sekarang.

Example 300x600

Popularitas BCA tidak hanya didasarkan pada ukuran dan jangkauan operasionalnya yang luas saja, akan tetapi juga pada reputasi yang baik dalam memberikan layanan perbankan yang andal dan inovatif kepada nasabahnya. Sejak didirikan pada tahun 1957, BCA telah menjadi salah satu pionir dalam industri perbankan Indonesia, terutama dalam menghadirkan layanan perbankan modern dan teknologi informasi.

BCA Error Hari Ini?

BCA Error Hari Ini

Ketika layanan perbankan seperti BCA mengalami gangguan atau error, hal ini dapat menjadi momen yang tidak menyenangka bagi para nasabah yang mengandalkan layanan tersebut untuk berbagai keperluan finansial, seperti melakukan transfer, pembayaran dan lain sebagainya. Walaupun pihak BCA selalu mengoptimalkan layanan mereka selalu, tetapi ada waktu ketika fitur bank menjadi error dan hal ini tidak terjadi pada bank BCa saja tetapi umum ditemukan nasabah bank lainnya.

Ada beberapa penyebab umum yang menyebabkan masalah apabila anda menemukan BCA error hari ini. Dan dibawah ini, kami akan membagikan penyebab serta cara mengatasi BCA error untuk anda ketahui. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Penyebab Dan Solusi BCA Error Hari Ini

Gangguan dari Pusat

Error yang terjadi pada aplikasi m-BCA bisa disebabkan oleh gangguan dari pusat. Bisa jadi karena mereka sedang menjalankan maintenance atau langkah perawatan pada aplikasi ini. Maintenance biasanya dilakukan untuk mengatasi bugs pada aplikasi yang sebelumnya terjadi.

Selain itu, maintenance juga bisa dilakukan untuk menambahkan fitur baru ke dalam aplikasi mobile banking yang satu ini. Salah satu ciri utama m-BCA mengalami gangguan dari pusat adalah adanya pesan resmi bahwa maintenance sedang berjalan.

Apabila anda mendapati kondisi ini maka tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecuali menunggunya. Namun umumnya, proses maintenance tidak memerlukan waktu yang terlalu lama. Anda bisa melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan BCA telah kembali normal.

Aplikasi Belum Update

Tindakan maintenance bisa saja dilakukan oleh tim BCA untuk menambahkan fitur baru ke dalam aplikasi dan biasanya akan ada aplikasi versi baru yang diluncurkan untuk anda download dan install agar anda bisa menikmati fitur atau sistem keamanan baru.

Bahkan kerap kali apabila anda masih menggunakan aplikasi BCA versi lama, maka anda tidak bisa menggunakan layanan BCA hingga anda memperbaharui aplikasi anda. Begini panduan cara update aplikasi BCA sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan buka Google Play Store terlebih dahulu
  • Selanjutnya, klik pada gambar profil untuk menampilkan menu
  • Silakan klik pada menu Manage App & Device
  • Pilih pada menu Updates Available
  • Pastikan ada m-BCA di list tersebut, kemudian klik Update
  • Sekarang tinggal tunggu saja proses download dan install aplikasi m-BCA hingga selesai

Jaringan Internet

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana m-BCA adalah aplikasi layanan online yang menggunakan koneksi internet untuk bisa berfungsi secara optimal. Jadi apabila jaringan anda sedang bermasalah, biasanya aplikasi akan memberitahukan bahwa error terjadi akibat jaringan kurang stabil.

Apabila hal ini terjadi, maka solusinya anda bisa mencoba mengubah pengaturan jaringan. Contohnya anda bisa mengganti jaringan internet yang anda gunakan. Akan tetapi sebagai catatan, dimana anda wajib berhati-hati jika ingin transaksi menggunakan wifi. Jangan gunakan wifi publik, apalagi yang tidak dilindungi dengan password.

Nomor Terdaftar tidak Ada di Slot SIM 1

BCA error hari ini juga dapat disebabkan oleh nomor yang terdaftar di aplikasi tersebut tidak berada di slot SIM 1 dimana BCA memang mewajibkan penggunanya untuk meletakkan nomor yang terdaftar di aplikasi untuk berada di slot kartu utama (SIM 1).

Apabila hal ini terjadi, aplikasi m-BCA akan memberikan pemberitahuan berupa kode 101. Jadi, langkah yang bisa anda lakukan adalah memindahkan kartu SIM yang nomornya diaktifkan di m-BCA ke slot SIM 1. Apabila SIM card terdaftar hilang, maka solusinya anda bisa mengunjungi kantor cabang BCA untuk mengurus penggantian kartu atau nomor yang terdaftar di m-BCA.

File Cache Menumpuk

Dan penyebab terakhir dan juga umum terjadi yang bisa membuat BCA anda error adalah tidak menutup kemungkinan error disebabkan oleh cache yang menumpuk di perangkat anda. Sebab secara umum, cache yang menumpuk akan memperlambat kinerja HP dan aplikasi di dalamnya termasuk aplikasi BCA. Adapun untuk mengatasi hal ini, anda bisa membersihkan cache dengan cara sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan buka Settings
  • Kemudian anda bisa klik pada menu Storage
  • Silakan anda pilih Internal Storage
  • Selanjutnya, anda bisa klik pada menu Other Apps
  • Di sini, anda bisa mencari dan temukan aplikasi m-BCA
  • Kemudian klik pada tombol Clear Cache
  • Anda bisa melakukan langkah-langkah yang sama pada semua aplikasi yang ada di HP agar bebas dari cache

Sekian informasi mengenai tips cara mengatasi BCA error hari ini dan juga penyebab umum yang kerap menjadi akar permasalahannya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600