Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Finance

Begini Cara Investasi Halal Dengan Membeli Saham Syariah

×

Begini Cara Investasi Halal Dengan Membeli Saham Syariah

Share this article
Cara Investasi Halal Dengan Membeli Saham Syariah

Apakah anda ingin berinvestasi halal tanpa harus takut melanggar aturan dalam agama Islam untuk mendapatkan keuntungan? Maka jangan lewatkan cara investasi halal dengan membeli saham syariah yang akan kami bagikan kali ini.

Berinvestasi adalah salah satu keputusan cerdas untuk meraih kebebasan finansial di masa depan. Walaupun investasi memiliki risiko, tetapi dengan mengetahui cara investasi yang tepat dan benar, maka risiko pun bisa diminimalisir dan bisa mendapatkan keuntungan yang stabil dan terus meningkat.

Example 300x600

Namun bagi banyak orang di tanah air, khususnya muslim memiliki banyak keraguan apakah investasi itu halal dan apakah sistem kerjanya tidak melanggar peraturan agama. Maka dari itu, untuk menepis keraguan akan investasi halal, maka anda bisa mencoba investasi saham syariah.

Sesuai dengan namanya, saham syariah adalah produk investasi yang menerapkan sistem syirkah atau penyertaan modal difokuskan dengan kesepakatan dan tanggung jawab bersama antara dua belah pihak atau lebih.

Investasi saham syariah sendiri sebenarnya sama dengan investasi lainnya seperti investasi reksadana atau saham konvensional lainnya, tetapi perbedaannya terletak pada sistem dan syaratnya yang mengacu pada aturan di agama Islam.

Dengan demikian, investasi saham syariah ini cocok bagi anda yang ingin memulai investasi tetapi bimbang akan halal atau tidaknya. Investasi syariah ini pun aman dari sudut hukum dan undang-undang sebab telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dan peraturan OJK sehingga aman dan mudah untuk dilakukan.

Terdapat dua jenis saham syariah yang diakui di pasar modal Indonesia untuk anda ketahui, yakni yang pertama yakni saham yang dinyatakan memenuhi kriteria seleksi saham syariah berdasarkan peraturan OJK Nomor 35/POJK.04/2017 tentang Kriteria dan Penerbitan Daftar Efek Syariah. Dan yang kedua adalah saham yang dicatatkan sebagai saham syariah oleh emiten atau perusahan publik syariah berdasarkan peraturan OJK no. 17/POJK.04/2015.

Cara Investasi Halal Dengan Membeli Saham Syariah

Cara Investasi Halal Dengan Membeli Saham Syariah

Tertarik berinvestasi saham syariah? simak tips dan panduan cara investasi halal dengan membeli saham syariah yang bisa anda simak dibawah ini.

Menyiapkan dokumen

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dimana anda perlu menyiapkan dokumen seperti kartu tanda penduduk (KTP), NPWP, buku tabungan dan materai.

Punya rekening saham

Anda juga harus membuat rekening khusus untuk saham syariah dimana pembuatan rekening langsung dilakukan di kantor sekuritas terdekat atau dengan cara daring.

Pilih saham

Setelah itu, anda harus sudah tahu saham mana yang akan anda pilih untuk disalurkan deposit awal investasi. Jangan lupa untuk mengulik informasi terperinci tentang perkembangan saham yang anda pilih. Pastikan saham yang anda pilih adalah benar saham syariah sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Setor formulir dan uang

Setelah itu, daftarkan diri Anda sebagai investor pasar modal dengan mengisi formulir pendaftaran. Setorkan dana awal ke nomor rekening dana investor atau RDI. Umumnya, masing-masing perusahaan sekuritas memiliki ketentuan yang berbeda-beda untuk besaran dana awal yang harus disetorkan. Besaran modal awal juga berbeda tergantung dari saham yang anda pilih.

Transaksi

Pihak sekuritas nantinya akan memberikan anda akun Rekening Dana Nasabah (RDN) yang berisi password dan username untuk melakukan transaksi.

Pengecekan

Dan terakhir, jangan lupa untuk melakukan review berkala kinerja saham syariah yang anda miliki. Anda bisa melakukan Pengecekan bisa dilakukan setiap 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan dan seterusnya. Review perlu dilakukan untuk memastikan lagi apakah keputusan investasi yang diambil sudah benar atau belum.

Sekian informasi mengenai cara investasi halal dengan membeli saham syariah. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang ingin berinvestasi halal dan aman.

Example 120x600