Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Finance

Cara Memulai Investasi Crypto dari Nol Yang Aman dan Minim Risiko

×

Cara Memulai Investasi Crypto dari Nol Yang Aman dan Minim Risiko

Share this article
Cara Memulai Investasi Crypto

Apakah anda ingin memulai berinvestasi Cypto yang saat ini sedang populer di dunia investasi? maka anda sebaiknya jangan lewatkan tips cara memulai investasi crypto dari nol yang aman dan minim risiko.

Mendengar nama investasi kripto atau kripto pastinya bukan hal yang baru ditelinga anda bukan? khususnya bagi anda yang sering mengikuti berita ekonomi dan keuangan karena investasi ini menjadi fenomena investasi yang terjadi selama beberapa tahun belakangan.

Example 300x600

Mengapa demikian? Salah satu contohnya adalah dimana anda bisa coba bayangkan mata uang kripto bernama Bitcoin yang pada awalnya tidak memiliki nilai apa pun, sekarang bernilai ratusan juta hingga satu milyar dolar per kepingnya dalam bentuk digital. Dan ini tidak terlalu berlaku pada Bitcoin saja, tetapi berlaku untuk banyak mata uang kripto yang pada awalnya tidak memiliki nilai tetapi dan tiba-tiba menjadi sangat berharga.

Karena harganya yang dapat naik tanpa batas, maka inilah yang menarik banyak investor untuk berinvestasi dalam kripto. Bahkan harga kripto bisa naik hanya dari seua tweet para tokoh atau pengusaha di twitter, salah satunya adalah pengusaha Tesla yakni Elon Musk yang pada beberapa kesempatan berhasil mempengaruhi kenaikan harga kripto hanya dari sebuah tweet di Twitter.

Tetapi perlu anda ingat bahwa tidak ada investasi yang benar-benar aman dan tidak memiliki risiko dimana pada prinsipnya apabila sebuah investasi yang menjanjikan keuntungan besar maka investasi tersebut juga memiliki risiko kerugian besar. Hal ini dikenal sebagai investasi “high return, high loss”, dan jenis investasi ini hanya cocok untuk investor yang berani dan menyukai tantangan.

Jika anda tertarik untuk berinvestasi kripto, maka berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan agar investasi anda aman dan minim risiko.

Cara Investasi Crypto dari Nol

Cara Memulai Investasi Crypto

Ketahui Konsep dan Istilah

Tips pertama dan paling mendasar dalam memulai investasi kripto adalah penting bagi anda untuk mengetahui berbagai konsep dan istilah kripto sebelum terjun ke bidang ini. Dengan mengetahui konsep dan istilah yang umum digunakan dalam kripto, maka akan memudahkan anda ketika berinvestasi.

Terkait hal tersebut, anda juga perlu menyesuaikan konsep investasi dengan keinginan. Apakah ingin investasi jangka panjang atau jangka pendek. Hal ini penting dan jangan sampai anda salah langkah di awal berinvestasi karena akan berdampak buruk pada hasilnya nanti.

Memilih Perusahaan Legal

Setelah anda mengetahui konsep dan istilah dalam investasi crypto, pastikan untuk memilih perusahaan yang legal. Hal ini berarti, pastikan anda memilih perusahaan yang menyediakan investasi crypto yang sudah mendapatkan izin dari Bappebti. Karena terbukti legal, maka anda tak perlu khawatir akan mendapatkan investasi bodong atau merugi.

Memahami Biaya Layanan Bursa Crypto

Hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan ketika memulai investasi crypto dari nol adalah memahami biaya layanan bursanya. Pada dasarnya, hal tersebut tergantung dari modal yang anda keluarkan.

Dalam berinvestasi crypto, sebenarnya tidak mematok jumlah modalnya. Namun modal dan biaya layanan bursa yang rendah memungkinkan keuntungannya juga sedikit. Apabila anda ingin mendapatkan keuntungan yang besar, maka harus menambah modal dan biaya layanan bursanya.

Gunakan Strategi yang Tepat

Karena memulai investasi crypto dari nol, maka sudah seharusnya anda menggunakan strategi yang tepat. Bagi anda yang mempunyai target investasi jangka pendek, maka bisa memilih analisis teknikal. Lain halnya jika anda memiliki target jangka panjang, gunakan saja strategi DCA (Dollar Cost Averaging). Dalam menggunakan strategi, harus anda sesuaikan dengan tujuan investasi sehingga hasilnya bisa sesuai harapan maupun keinginan.

Idle Money

Dan terakhir dan tidak kalah penting adalah dimana anda harus mengetahui bahwa investasi crypto memiliki risiko tinggi sehingga anda perlu menyetorkan modal dengan alokasi sebaik mungkin. Dalam hal ini, anda harus menggunakan idle money secara tepat. Jangan sampai anda menggunakan model investasi untuk memenuhi hal yang kurang perlu.

Demikan informasi mengenai tips cara investasi crypto dari nol yang aman dan minim risiko bagi anda yang berinvestasi dengan mata uang digital ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600