Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Finance

Begini Cara Mudah Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah Dengan Rekening Bank Lokal

×

Begini Cara Mudah Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah Dengan Rekening Bank Lokal

Share this article
Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah

Apakah anda sedang mencari cara mencairkan bitcoin ke rupiah dengan rekening bank lokal seperti BRI, BCA, BNI dan lain sebagainya. Jika iya maka anda tidak perlu bingung lagi sebab kali ini kami akan membagikan panduan dan langkah-langkahnya sebagai berikut.

Dalam dunia investasi, Bitcoin dikenal sebagai mata uang kripto pertama dan paling populer dari dulu hingga saat ini dimana Bitcoin telah menjadi salah satu fenomena yang menarik dan dunia kripto atau mata uang digital.

Example 300x600

Selain itu Bitcoin juga merupakan mata uang kripto yang paling dicari karena selain kepopulerannya, bitcoin juga sangat cocok dijadikan investasi kripto karena harganya yang terus naik.

Bitcoin sendiri adalah mata uang digital dengan sistem yang berbeda dengan mata uang fisik, yang berarti anda tidak bisa sembarangan menukar atau melakukan transaksi. Selain itu, karena itu adalah aset virtual, anda tidak dapat menggunakannya secara fisik dalam transaksi sehari-hari.

Untuk dapat menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari, anda perlu menjual aset bitcoin anda untuk ditukarkan menjadi rupiah sesuai dengan nilai penukaran terbaru, yang akan memungkinkan anda untuk menggunakannya sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan panduan cara mencairkan atau menukat aset bitcoin yang anda miliki baik itu dari membeli, mining, reward, atau afiliasi. Simak panduaannya sebagai berikut.

Cara Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah Dengan Rekening Bank Lokal

Mencairkan Bitcoin Ke Rupiah

Transaksi Peer to Peer

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mencairkan bitcoin ke rupiah adalah dengan menggunakan transaksi peer to peer. Perlu anda ketahui bahwa pemilik dompet Bitcoin dapat terhubung melalui jaringan peer to peer yang memungkinkan kedua pihak bertransaksi aset Bitcoinnya. Atau dengan bahasa sederhananya, dalam transaksi peer to peer, anda bisa menjual aset Bitcoin atau kripto lainnya kepada pembeli yang bersedia membayar dengan harga tertentu. Setelah mereka membayar secara tunai atau transfer ke rekening bank, anda langsung melepas aset Bitcoin ke akun pembeli.

Sebagai catatan, dalam melakukan transaksi peer to peer maka perlu anda perhatikan untuk hati-hati dan cermat dalam memilih pembeli aset bitcoin sebab seperti yang kita ketahui bersama, dijaman modern saat ini terdapat berbagai macam modus dan cara oknum untuk mencuri dan mendapatkan uang. Apalagi mengingat harga bitcoin yang menembus angka di ratusan juta, membuat aset bitcoin menjadi sasaran banyak pelaku kejahatan online.

Platform Penukaran Kripto

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan platform penyedia layanan transaksi Bitcoin dimana untuk menukarkan Bitcoin menjadi rupiah, anda cukup mengakses menu penjualan Bitcoin untuk menjual aset kripto sesuai nilai yang berlaku di waktu transaksi. Setelah transaksi berhasil, anda bisa langsung mengirimkan uang hasil penjualan ke rekening bank anda.

ATM Bitcoin

Dan terakhir, cara mencairkan bitcoin ke rupiah adalah dengan menggunakan ATM. Tapi perlu anda catat dimana ATM bitcoin bukan seperti ATM seperti pada umumnya yang mengeluarkan uang rupiah, walaupun dari segi bentuk tampak serupa. Pada ATM Bitcoin, anda dapat membeli dan menjual aset Bitcoin.

Ketika ATM biasa menggunakan kartu debit untuk bisa mengakses uang didalam rekening, akan tetapi pada ATM bitcoin bisa digunakan dengan cara memindai kode QR untuk terhubung dengan dompet digital tempat anda menyimpan aset Bitcoin. Baru setelah ATM terhubung dengan platform dompet penyimpanan Bitcoin, maka anda dapat menjual Bitcoin sesuai jumlah yang diinginkan. Nantinya, aset di dompet digital akan dikonversi menjadi uang tunai senilai dengan jumlah Bitcoin yang dijual. Dalam beberapa menit, pemilik aset dapat mengambil uang tunainya dari ATM Bitcoin.

Apabila anda telah mendapatkan uang tunainya, anda pun bisa memasukkan kembali ke setor tunai pada ATM bank yang anda gunakan agar uang tunai tersebut masuk ke rekening bank lokal anda.

Demikian informasi mengenai panduan dan langkah-langkah cara mencairkan bitcoin ke rupiah langsung ke rekening ke bank lokal anda seperti Mandiri, BNI, BCA BRI dan bank lokal lainnya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang masih bingung menukarkan bitcoin anda ke dalam mata uang rupiah.

Example 120x600