Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Finance

Cara Membeli Rumah Bagi Pekerja Kontrak Agar Mudah Lolos KPR

×

Cara Membeli Rumah Bagi Pekerja Kontrak Agar Mudah Lolos KPR

Share this article
Cara Membeli Rumah Bagi Pekerja Kontrak Agar Mudah Lolos KPR

Siapa bilang pekerja kontrak atau freelancer tidak bisa membeli rumah dengan sistem KPR dimana kali ini kami akan membagikan tips cara membeli rumah impian bagi anda para pekerja kontrak agar anda bisa mudah lolos KPR.

Bukan rahasia lagi dimana KPR atau singkatan dari kredit kepemilikan rumah merupakan solusi favorit banyak orang di tanah air untuk mewujudkan impian memiliki rumah. KPR sendiri memberi kemudahan membeli rumah dengan cara mencicil dengan durasi yang telah disepakati antara pihak penyedia KPR dan nasabah KPR yang bisa berlangsung selama 5 tahun, 10 tahun, 15, bahkan hingga 20 tahun untuk pembelian rumah subsidi maupun komersil.

Example 300x600

Namun untuk bisa membeli rumah dengan KPR, terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi para calon nasabah untuk meyakinkan bank kesanggupan untuk menjalankan kewajiban dengan lancar ketika KPR telah disetujui.

Dan salah satunya adalah syarat harus memiliki penghasilan tetap yang mana syarat ini cukup memberatkan bagi para pekerja kontrak maupun freelancer yang tidak memiliki penghasilan tetap perbulan.

Akan tetapi anda tidak berkecil hati jika anda termasuk pekerja kontrak atau freelancer, sebab pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara membeli rumah impian bagi anda para pekerja kontrak agar anda bisa mudah lolos KPR yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Membeli Rumah Bagi Pekerja Kontrak dan Freelancer Agar Lolos KPR

Cara Membeli Rumah Bagi Pekerja Kontrak Agar Mudah Lolos KPR

Bersih dari Riwayat Kredit Bermasalah

Tips pertama dan tidak boleh dilewatkan untuk anda perhatikan adalah Pihak bank tidak akan menerima pengajuan KPR, dari calon nasabah yang memiliki catatan buruk dalam riwayat kreditnya. Apabila seseorang memiliki masalah perbankan, maka sudah jelas pihak bank tidak mau mengambil risiko, dengan memberikan KPR pada orang tersebut dan akan langsung menolak pengajuan KPR yang diajukan.

Maka dari itu, sebaiknya sebelum anda mengajukan permohonan KPR, pastikan anda tidak memiliki catatan hitam pada kredit yang selama ini pernah dilakukan, atau terkena BI Checking karena riwayat pembayaran yang buruk.

Menonjolkan Rekam Jejak Pekerjaan atau Portofolio

Tips selanjutnya adalah pada saat mengajukan permohonan KPR, maka sebaiknya jangan lupakan untuk menyertakan portofolio berisikan pekerjaan yang selama ini telah anda lakukan.

Semakin banyak klien yang telah bekerja sama dengan anda, maka keraguan bank penyedia KPR atas pekerjaan anda akan semakin sirna. Pihak bank pun tidak akan menghabiskan waktu lama, untuk mempertimbangkan permohonan KPR yang telah anda ajukan.

Di samping catatan klien yang selama ini pernah memakai jasa anda, sertakan juga bukti transfer honor yang selama ini telah diterima. Bukti transfer honor ini, akan menggantikan fungsi slip gaji yang dimiliki oleh para karyawan tetap. Apabila jumlah honor dianggap mencukupi dan sirkulasi pemasukan lancar, maka anda akan semakin dekat untuk mendapatkan rumah yang anda idamkan.

Sesuaikan Harga Rumah dengan Pendapatan Rata-Rata Anda

Tips selanjutnya yang harus diikuti saat seorang freelancer seperti anda ingin mengambil KPR adalah pertimbangkan harga rumah yang dipilih. Jadikan rata-rata penghasilan anda, sebagai patokan dari harga rumah yang akan dibeli dengan menggunakan KPR. Pihak bank tentu akan ragu memberikan anda kredit, apabila harga rumah terlalu besar dibandingkan dengan penghasilan anda.

Menyiapkan Uang Muka untuk Membeli Rumah

Sangat disarankan untuk mempersiapkan dana yang akan digunakan untuk membayar uang muka sebelum memutuskan untuk mendapatkan kredit KPR. Dengan memiliki dana ini, bank akan melihat kesungguhan anda untuk mendapatkan kredit tersebut. Dengan demikian anda tidak perlu meminjam ke banyak tempat untuk mencukupi uang muka KPR,

Pendapatan Tidak Melebihi Jumlah Cicilan

Pihak bank akan lebih percaya dengan kemampuan anda untuk membayar cicilan, jika sekiranya pendapatan anda melebihi jumlah cicilan tersebut. Apabila penghasilan anda lebih kecil dari jumlah angsuran, maka pastinya akan membuat pihak bank akan menjadi ragu menyetujui KPR anda. Apalagi, anda juga butuh uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

Tunda Ajukan KPR Apabila Terdapat Kredit Lainnya Belum Lunas

Terakhir, tips yang bisa anda laukan adalah dengan menunda mengajukan KPR dulu apabila anda masih memiliki cicilan kredit lainnya. Sebaiknya anda hanya untuk melunasi satu kredit saja terlebih dahulu. Hal ini penting, sebab hal ini akan menjadi pertimbangan bank untuk meloloskan atau tidak meloloskan pengajuan KPR anda, dengan melunasi cicilan lain tanpa terus menambah cicilan akan memudahkan finanasial anda kedepannya tanpa harus bingung memikirkan kewajiban hutang yang harus anda bayar.

Demikian informasi mengenai tips membeli rumah bagi pekerja kontrak dan freelancer agar lolos KPR dan bisa mewujudkan memiliki rumah impian anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600