Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
FinanceKhazanah

Apakah Bunga Bank Termasuk Riba? Simak penjelasannya

×

Apakah Bunga Bank Termasuk Riba? Simak penjelasannya

Share this article
bunga bank riba

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, tidak heran apabila banyak pertanyaan yang penasaran akan apakah bunga bank termasuk riba? dan pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasannya.

Bukan rahasia lagi apabila banyak orang, khususnya para muslim yang meragukan sistem bunga bank dan menganggap bunga bank termasuk riba dan dilarang agama Islam. Sehingga tidak heran apabila pertanyaan bunga bank adalah riba menjadi topik umum di tengah-tengah masyarakat untuk memastikan layanan perbankan yang baik dan benar karena riba adalah haram dalam agama Islam.

Example 300x600

Dalam hukum Islam, riba dilarang, dan memakan riba termasuk salah satu dosa besar. Dan hal inilah yang membuat banyak orang yang bingung tentang arti riba dalam transaksi perbankan sehari-hari dimana layanan perbankan konnvesional sangat umum digunakan sejak dulu hingga sekarang.

Apa itu Riba dalam Islam?

bunga bank riba

Riba merupakan tambahan atau meminta lebih banyak uang dari nilai awal dimana hal ini umum diterapkan dalam transaksi jual beli dan pinjam meminjam, yang bertentangan dengan prinsip syariah Islam. Tambahan nilai pinjaman inilah yang disebut bunga. Sebagai contoh, jumlah yang harus anda bayarkan akan bertambah dari nilai pokok kredit atau pinjaman anda.

Lalu apakah bunga Bank termasuk riba?

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana saat ini praktik riba seolah telah menjelma menjadi “teman” dalam kehidupan sehari-hari dimana pada umumnya apabila berhubungan dengan pinjaman atau kredit maka bank biasanya akan menambahkan tambahan nilai atau bunga bentuk persentase seperti 5% atau 10% dalam jangka waktu bulanan atau tahunan terhitung dari jumlah pinjaman yang diambil nasabah.

Hal ini berbeda dengan bank syariah yang umumnya menggunakan istilah margin keuntungan. Untuk bank konvensional, bunga bank menjadi tulang punggung untuk menanggung biaya operasional dan menarik keuntungan. Selain itu bunga bank memiliki beberapa manfaat bagi bank dan nasabah yang bisa anda simak sebagai berikut.

Bunga pinjaman merupakan balas jasa yang diberikan nasabah kepada bank atas produk bank yang dibeli nasabah,

Bunga simpanan adalah harga yang harus dibayar bank kepada nasabah (yang memiliki simpanan), selain itu bunga juga merupakan harga yang harus dibayar oleh nasabah kepada bank (bagi nasabah yang memperoleh pinjaman).

Macam-Macam Bunga Bank

Berikut dua jenis macam bunga yang dikenakan untuk nasabah yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Bunga Simpanan, yaitu bunga yang diberikan sebagai balas jasa bagi nasabah yang menyimpan uangnya di bank. Contohnya adalah bunga tabungan dan bunga deposito.
  • Bunga Pinjaman, yaitu bunga yang dibebankan kepada nasabah oleh bank khusus untuk nasabah yang memiliki pinjaman di bank, contohnya adalah bunga kredit.

Bunga bank termasuk riba karena terjadi peningkatan nilai, sehingga diharamkan dalam agama Islam. Ini terjadi baik pada pinjaman konsumtif maupun produktif, dan pada hakikatnya bunga bank memberatkan peminjam.

Pendapat Ulama tentang Bunga dan Riba

Menurut majelis Tarjih Muhammadiyah, para ulama memiliki pandangan tentang bunga dan riba yang bisa anda simak dibawah ini.

  • Riba hukumnya haram dengan nash sharih Al-Qur’an dan As-Sunnah,
  • Bank dengan sistem riba hukumnya haram dan bank tanpa riba hukumnya halal

Sebagai catatan dimana bunga yang diberikan oleh bank-bank milik negara kepada para nasabahnya atau sebaliknya yang selama ini berlaku, termasuk perkara musytabihat (masih samar-samar, belum jelas hukumnya sehingga butuh penelitian lebih lanjut)

Demikian informasi mengenai penjelasan akan pertanyaan umum tentang apakah bunga bank termasuk riba. Semoga berguna dan bermanfaat serta menambah referensi anda.

Example 120x600