Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kesehatan

Tips Olahraga Yang Baik Untuk Pengidap diabetes dan Membantu mengontrol Gula Darah

×

Tips Olahraga Yang Baik Untuk Pengidap diabetes dan Membantu mengontrol Gula Darah

Share this article
Tips Olahraga Yang Baik Untuk Pengidap diabetes

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips olahraga yang baik bagi anda pengidap penyakit diabetes yang bisa membantu mengontrol gula darah.

Bagi anda para pengidap diabetes, maka penting untuk anda ketahui dimana olahraga bukan hanya menjadi kegiatan fisik biasa, tetapi juga merupakan bagian penting dalam manajemen gula darah. Dengan memilih jenis olahraga yang tepat dan mengatur intensitasnya dengan bijak dapat membantu mengontrol gula darah secara efektif.

Example 300x600

Adapun salah satu tips penting untuk pengidap diabetes adalah memilih aktivitas fisik yang bervariasi mulai dari latihan fisik kardiovaskular, kekuatan, dan fleksibilitas, untuk memastikan bahwa berbagai aspek kesehatan fisik terjaga dengan baik.

Tidak hanya itu, penting juga untuk memperhatikan waktu dan durasi olahraga, terutama bagi anda para pengidap diabetes yang menggunakan insulin atau obat-obatan tertentu. Berolahraga secara teratur, baik itu dalam sesi pendek dan intensitas rendah atau dalam sesi panjang dengan intensitas tinggi, dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah secara lebih efektif.

Dengan konsistensi dan perencanaan yang baik dalam program olahraga, pengidap diabetes dapat mengalami manfaat yang signifikan dalam mengontrol gula darah dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips olahraga yang baik bagi anda pengidap penyakit diabetes yang bisa membantu anda mengontrol gula darah anda sebagai berikut.

Tips Olahraga Yang Baik Untuk Pengidap diabetes dan Membantu mengontrol Gula Darah

Tips Olahraga Yang Baik Untuk Pengidap diabetes

Jalan Kaki

Rekomendasi pertama dan merupakan olahraga paling mudah dan gratis yang bisa anda lakukan adalah dengan berolahraga jalan kaki yang mana ini sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja, sehingga sangat direkomendasikan untuk pengidap diabetes. Anda yang memiliki diabetes dianjurkan untuk berjalan kaki dengan cepat selama 30 menit sampai 1 jam, sebanyak tiga kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik.

Berenang

Berenang mampu meregangkan dan mengendurkan otot, namun tidak memberi tekanan pada persendian, sehingga sangat baik untuk pengidap diabetes. Bagi anda yang mengidap diabetes atau berisiko terkena diabetes, penelitian menunjukkan bahwa berenang secara rutin memperbaiki kadar kolesterol, membakar kalori, dan mengurangi kadar stres.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari berenang, anda dianjurkan untuk melakukan olahraga tersebut setidaknya tiga kali seminggu selama setidaknya 10 menit dan secara bertahap menambah lama latihan.

Yoga

Yoga menggabungkan gerakan-gerakan yang mengalir yang dapat membangun kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan. Yoga bermanfaat bagi orang yang mengidap berbagai kondisi kronis, termasuk diabetes.

Olahraga ini juga mampu mengurangi stres dan meningkatkan fungsi saraf, yang berujung pada peningkatan kondisi kesehatan mental dan kebugaran yang lebih baik. Menurut ADA, yoga memperbaiki kadar glukosa darah pada pengidap diabetes karena olahraga ini meningkatkan massa otot.

Menari

Perlu anda ketahui dimana menari tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, jenis latihan yang satu ini juga dapat meningkatkan kekuatan otak dan memori, karena kamu didorong untuk mengingat langkah dan urutan tariannya.

Bagi pengidap diabetes, menari bisa menjadi cara yang menyenangkan dan menarik untuk meningkatkan aktivitas fisik, mengurangi berat badan, meningkatkan fleksibilitas, menurunkan gula darah, dan mengurangi stres.

Tai Chi

Dan terakhir adalah dengan melakukan Tai Chi dimana bentuk latihan yang berasal dari China ini menggunakan gerakan tubuh yang lambat dan halus yang bermanfaat untuk merilekskan pikiran dan tubuh. Pada tahun 2009, para peneliti di Universitas Florida meneliti 62 wanita Korea yang dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok yang melakukan Tai Chi secara teratur.

Hasilnya, mereka yang mempraktikkan Tai Chi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengendalian gula darah. Mereka juga mengaku lebih berenergi dan memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Demikian informasi mengenai tips olahraga yang baik bagi anda pengidap penyakit diabetes yang bisa membantu mengontrol gula darah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600