Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
KesehatanLifestyle

Cara Mengatasi Pusing Setelah Minum Kopi dan Penyebabnya

×

Cara Mengatasi Pusing Setelah Minum Kopi dan Penyebabnya

Share this article
Cara Mengatasi Pusing Setelah Minum Kopi dan Penyebabnya

Pada kesempatan kali in kami akan membagikan cara mengatasi pusing setelah minum kopi dan penyebabnya yang penting untuk anda ketahui.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana minum kopi merupakan kegemaran banyak orang baik itu wanita maupun pria. Tapi kadang kegemaran minum kopi membawa sejumlah efek negatif pada peminumnya dan salah satunya adalah kepala terasa pusing.

Example 300x600

Tentunya pusing setelah minum kopi bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi banyak orang yang menikmati secangkir kopi dimana hal tersebut bisa mengganggu aktivitas yang dilakukan. Namun meninggalkan minum kopi juga akan terasa sulit bagi yang sudah terbiasa meminum kopi.

Lalu apa saja penyebab pusing setelah minum kopi? simak sebagai berikut.

Penyebab Minum Kopi

Cara Mengatasi Pusing Setelah Minum Kopi dan Penyebabnya

Terlalu banyak minum kopi

Salah satu efek minum kopi yang terlalu banyak adalah sakit kepala atau pusing. Idealnya, batas maksimal minum kopi sehari adalah empat gelas kopi atau setara dengan 400 mg kafein yang cenderung aman untuk orang dewasa sehat.

Namun, aturan minum kopi bagi wanita yang sedang menjalani program hamil atau sedang menyusui perlu dibatasi atau maksimal 200 mg kafein per hari.

Sensitif terhadap kafein

Beberapa orang memiliki sensitivitas lebih tinggi terhadap kafein sehingga minum kopi sedikit saja akan menimbulkan efek samping tertentu, seperti pusing dan mengalami gangguan tidur. Efek samping minum kopi juga akan dirasakan pada orang-orang yang tidak terbiasa minum kopi.

Mengalami dehidrasi

Kafein memiliki efek diuretik yang membuat seseorang buang air kecil lebih banyak setelah mengonsumsinya. Jika tidak diimbangi dengan minum air putih yang banyak, maka tubuh akan mengalami dehidrasi yang juga akan memicu sakit kepala.

Cara mengatasi pusing karena minum kopi

Setelah mengetahui cara mengatasi pusing karena minum kopi? maka berikut kami bagikan cara mengatasi pusing karena minum kopi yang bisa anda terapkan dibawah ini.

  • Mengonsumsi obat nyeri untuk sakit kepala, seperti ibuprofen atau parasetamol
  • Memijat dahi atau pelipis menggunakan dua hingga tiga tetes minyak peppermint
  • Minum air dengan jumlah yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi
  • Mengompres kepala atau bagian tengkuk dengan es untuk mengurangi rasa pusing dengan menghentikan aliran darah untuk sementara
  • Memijat titik akupresur yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk selama lima menit
  • Tidur untuk mengurangi rasa pusing
  • Minum kopi dengan jumlah yang lebih sedikit

Minum kopi umumnya aman bagi orang dewasa sehingga bisa dikonsumsi setiap hari. Namun, beberapa penyebab pusing setelah minum kopi tersebut perlu diwaspadai sehingga bisa melakukan tindakan pencegahan yang sesuai, termasuk mengurangi kopi jika diperlukan.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi pusing setelah minum kopi dan penyebabnya yang penting untuk anda ketahui dimana walaupun minum kopi bisa dikatakan aman, tetapi perlu juga dibatasi apabila anda merasakan efek samping hingga sering merasakan pusing. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600