Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kesehatan

5 Penyebab Tangan Gemetar atau Tremor Yang Tidak Boleh Disepelekan

×

5 Penyebab Tangan Gemetar atau Tremor Yang Tidak Boleh Disepelekan

Share this article
Penyebab Tangan Gemetar atau Tremor

Apakah anda termasuk banyak orang yang mengalami kondisi tangan gemetar atau tremor? maka penting untuk anda ketahui apa saja yang menjadi penyebabnya dimana hal tersebut tidak bisa sepelekan sebab bisa saja mengganggu kualitas hidup dan kesehatan anda.

Tremor atau getaran pada tangan adalah kondisi yang seringkali menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas sehari-hari dimana jenis kondisi ini banyak dialami orang, baik itu secara sadar maupun tudak sadar.

Example 300x600

Tremor atau tangan gemetar sendiri merupakan kondisi di mana seseorang mengalami getaran atau gerakan tidak terkendali pada tangan atau bagian tubuh lainnya. Getaran ini dapat terjadi secara periodik atau terus menerus, dan bahkan kondisi ini dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti menulis, makan, atau mengambil barang yang mana pastinya akan sangat mengganggu keseharian.

Tremor tangan dapat memiliki berbagai tingkat keparahan, mulai dari yang ringan dan hampir tidak terlihat hingga yang parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari seperti yang kami sebutkan diatas.

Lalu apa saja penyebab tangan gemetar atau tremor? Perlu anda ketahui dimana kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari gangguan saraf, faktor genetik, stres, atau efek samping dari obat-obatan tertentu. Dalam beberapa kasus, tremor tangan juga dapat menjadi gejala dari kondisi medis yang lebih serius seperti penyakit Parkinson atau multiple sclerosis.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan lengkap mengenai penyebab tangan gemetar atau tremor yang tidak boleh disepelekan.

Penyebab Tangan Gemetar atau Tremor

Penyebab Tangan Gemetar atau Tremor

Kecemasan

Penyebab pertama bisa berasal darai kecemasan yang memicu respons protektif atau defensif tubuh. Naiknya tekanan darah adalah salah satu tandanya. Bersama dengan ini, suplai adrenalin tubuh meningkat, yang mendorong detak jantung menjadi lebih cepat dan otot-otot bergetar dan menggigil.

Putus alkohol

Putus alkohol bisa menyebabkan tremor, terutama di tangan, karena tubuh menyesuaikan diri dengan tidak adanya alkohol. Ini bisa menjadi tanda kecanduan alkohol dan mungkin memerlukan intervensi medis. Getaran bisa dimulai kapan saja antara enam hingga sepuluh jam setelah konsumsi alkohol terakhir.

Minum alkohol dalam jumlah berlebihan bisa menurunkan fungsi otak dan tingkat energi tubuh. Kemudian, sebagai respons terhadap efek kantuk dari alkohol, otak meningkatkan aktivitas saraf untuk menjaga tubuh dalam keadaan waspada yang tinggi.

Tremor, kecemasan, hiperaktivitas, dan tanda- tanda penarikan lainnya bisa terjadi ketika penggunaan alkohol dihentikan secara tiba-tiba karena otak masih terus menghasilkan aktivitas saraf yang lebih tinggi dan akhirnya tremor berhenti setelah individu yang pulih telah sepenuhnya melakukan detoksifikasi.

Penyalahgunaan alkohol kronis bisa membahayakan hati dan saraf, yang bisa menyebabkan tremor terus-menerus.

Gula darah rendah

Gula darah rendah, atau hipoglikemia, bisa menyebabkan tremor, terutama pada penderita diabetes yang mengonsumsi insulin atau obat diabetes tertentu. Hal ini biasanya terjadi ketika kadar gula darah turun di bawah 4 milimol (mmol) per liter. Bersamaan dengan rasa lapar dan keringat yang deras, kegoyahan dan gemetar menjadi tanda peringatan awal.

Multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah gangguan autoimun kronis yang memengaruhi sistem saraf pusat. Salah satu gejala multiple sclerosis adalah tremor, yang berkembang ketika otot tanpa sadar berkontraksi dan kemudian mengendur, mengguncang sebagian tubuh.

Tremor bisa berdampak besar pada kemampuan seseorang untuk bergerak, makan dan minum. Gejalanya bervariasi, tergantung pada jumlah kerusakan dan saraf yang terkena. Beberapa individu dengan sclerosis parah akan kehilangan kemampuan untuk berjalan secara mandiri, sementara yang lain mengalami remisi dalam waktu lama di mana mereka tidak mengembangkan gejala baru.

Penyakit parkinson

Dan penyebab terakhir, perlu anda ketahui dimana penyakit parkinson merupakan kelainan neurologis progresif yang memengaruhi gerakan. Salah satu gejala awal penyakit parkonson adalah tremor yang biasanya dimulai dari satu tangan dan bisa menyebar ke tangan lainnya dan bagian tubuh lainnya.

Tremor akibat penyakit parkinson paling menonjol saat tangan berada di sisi tubuh atau bertumpu pada pangkuan.

Sekian informasi mengenai penyebab tangan gemetar atau tremor yang tidak bisa anda sepelekan. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600