Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kesehatan

8 Cara Menghilangkan Pilek dengan Cepat Tanpa Minum Obat

×

8 Cara Menghilangkan Pilek dengan Cepat Tanpa Minum Obat

Share this article
Cara Menghilangkan Pilek dengan Cepat Tanpa Minum Obat

Apakah anda menderita pilek atau flu yang cukup mengganggu aktivitas anda? Jika iya, maka jangan lewatkan rekomendasi cara menghilangkan pilek dengan cepat tanpa harus minum obat.

Pilek atau flu merupakan kondisi yang bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal umur, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Walaupun kadang dianggap sepele, tetapi ketika pilek datang menyerang, kondisi ini bisa cukup mengganggu keseharian dan aktivitas yang dilakukan.

Example 300x600

Mengatasi pilek tanpa minum obat bisa menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin menghindari efek samping atau ketergantungan obat-obatan dimana terdapat beberapa metode alami yang dapat membantu meredakan gejala pilek dengan cepat. Dengan begitu, anda pun tidak perlu bergantung pada obat-obatan untuk menyembuhkan pilek anda.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara menghilangkan pilek dengan cepat tanpa harus minum obat yang bisa anda simak dibawah ini.

Cara Menghilangkan Pilek dengan Cepat Tanpa Minum Obat

Cara Menghilangkan Pilek dengan Cepat Tanpa Minum Obat

Minum air putih

Rekomendasi pertama cara menghilangkan pilek dengan cepat adalah dengan membuat tubuh terus terhidrasi. Maka dari itu, penderita pilek perlu minum air putih yang banyak. Cairan bisa membuat lendir mudah keluar dari tubuh. Maka dari itu, minumlah yang banyak, contohnya seperti melebihkan 2-3 gelas per hari dari konsumsi normal.

Tidak hanya bagi orang dewasa, hal ini juga bisa menjadi cara mengatasi pilek pada bayi.

Minum madu

Studi menunjukkan minum madu bisa membantu mengurangi pilek dan batuk pada anak. Namun perlu diingat, jangan berikan madu untuk menghilangkan pilek kepada bayi atau anak di bawah 1 tahun. Cara menghilangkan pilek pakai madu bisa dengan mengonsumsinya langsung, melarutkannya dalam segelas air, atau mencampurkan ke makanan.

Minum cairan hangat

Cara menyembuhkan pilek dengan cepat selanjutnya adalah minum cairan hangat, seperti air putih hangat, teh hangat, hingga kuah sup ayam. Sebab, cairan hangat juga mempercepat keluarnya lendir dari tubuh.

Mengoleskan minyak esensial

Sejumlah minyak esensial dipercaya dapat meringankan gejala pilek serta melindungi tubuh dari infeksi akibat serangan virus. Minyak esensial yang bisa digunakan antara lain kayu putih, tea tree oil, cengkih, kayu manis, dan peppermint.

Di samping itu, berkat aromanya yang kuat, minyak-minyak esensial ini berguna untuk membersihkan saluran hidung, melegakan hidung tersumbat, serta mengurangi sakit kepala.

Minum jus bit

Studi menunjukkan minum jus buah bit bisa meredakan gejala pilek dengan cepat. Sebab, bit mengandung nitrat yang tinggi. Adapun nitrat pada bit bisa meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam tubuh. Zat ini dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari infeksi pernapasan, termasuk pilek.

Minum probiotik

Minuman probiotik seperti yoghurt mengandung Lactobacillus. Bakteri ini memberikan perlindungan atau kekebalan imun untuk melawan virus yang menyerang organ pernapasan, sehingga anda pulih lebih cepat.

Banyak istirahat

Cara menghilangkan pilek dengan cepat yaitu dengan memperbanyak beristirahat. Dengan beristirahat, sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan mampu melawan virus penyebab pilek dan flu. Selain itu, batasi aktivitas yang melelahkan sementara waktu agar mempercepat pemulihan sekaligus mencegah penularan virus ke orang lain.

Pasang pelembap udara

Anda juga bisa menggunakan pelembap udara atau humidifier untuk menghilangkan pilek. Caranya, anda bisa gunakan pelembap udara ketika Anda tidur di malam hari. Uap yang dihasilkan dari pelembap udara dapat membantu melonggarkan sistem pernapasan sehingga memudahkan napas dan mengencerkan lendir.

Semprotan air garam dan baking soda

Cara meredakan pilek yang terakhir adalah dengan menggunakan campuran air matang dengan garam dan baking soda. Sebab, campuran ini bisa membersihkan hidung, sehingga lendir cepat keluar. Caranya, rebus secangkir air sampai matang. Kemudian, masukkan satu sendok teh garam dan satu sendok teh baking soda.

Tunggu hingga suhu air setara suhu ruangan. Lalu, semprotkan campuran air tersebut ke hidung. Anda bisa menggunakan botol semprot yang diarahkan ke hidung.

Demikian informasi mengenai rekomendasi cara menghilangkan pilek dengan cepat tanpa harus minum obat, semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600