Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kesehatan

5+ Tips Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Malam Hari

×

5+ Tips Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Malam Hari

Share this article
Tips Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Malam Hari

Bagi anda yang mendapati kondisi ulu hati yang nyeri pada malam hari, tentunya kondisi ini bisa mengganggu istirahat malam anda bukan? Namun jangan kuatir, sebab pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi nyeri ulu hati saat malam hari yang bisa anda simak dibawah ini.

Sebagai informasi dimana nyeri ulu hati merupakan sensasi nyeri yang muncul para area di perut bagian tengah atas, atau lebih tepatnya antara tulang rusuk bawah dan bagian perut atas. Kondisi ini bisa terjadi pada setiap orang, khusunya para penderita gerd. Bahkan kadang kondisi ini menyebabkan keluhan tambahan seperti rasa panas atau terbakar di dada (heartburn) dan perut kembung.

Example 300x600

Ketika nyeri ulu hati datang pada saat malam hari, pastinya akan sangat mengganggu kualitas tidur anda dan akan berimbas pada kegiatan anda di esok hari. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi nyeri ulu hati saat malam hari agar anda tidak merasa “tersiksa” lagi saat kondisi ini datang menyerang.

Tips Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Malam Hari

Tips Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Malam Hari

Menggunakan pakaian yang longgar

Tips pertama yang mudah anda terapkan adalah tidur menggunakan pakaian yang longgar. Pakaian yang ketat, seperti celana jeans, bisa menekan area perut dan memperburuk keluhan nyeri ulu hati. Kamu bisa mengenakan pakaian longgar, seperti piyama atau daster, dan melepaskan ikat pinggang, korset, atau aksesoris lain yang berpotensi menekan area perut sebagai salah satu cara untuk mengatasi nyeri ulu hati di malam hari.

Tidur miring ke kiri

Posisi tidur miring ke kiri menjadi salah satu cara mengatasi nyeri ulu hati di malam hari. Soalnya, posisi tubuh miring ke kiri mampu mencegah isi lambung naik ke kerongkongan, sehingga tidak memperburuk nyeri ulu hati. Bila kamu sering tidur miring ke kanan, kali ini coba deh untuk tidur miring ke kiri.

Posisikan kepala lebih tinggi saat berbaring

Saat mengalami nyeri ulu hati di malam hari, hal pertama yang bisa anda lakukan untuk meredakannya adalah meninggikan posisi kepala saat berbaring. Tumpuk beberapa bantal hingga kepala lebih tinggi 10–15 cm dari lambung. Dengan begitu, asam di lambung tidak mengalir kembali ke kerongkongan dan rasa nyeri ulu hati pun berangsur hilang.

Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet diketahui dapat mengatasi nyeri ulu hati di malam hari dengan cara mendorong produksi air liur. Air liur berperan untuk menenangkan kerongkongan dan menurunkan asam lambung yang naik, sehingga diharapkan dapat meredakan nyeri ulu hati.

Jadi, apabila anda sering mengalami nyeri ulu hati di malam hari, anda bisa coba sediakan permen karet di samping tempat tidur.

Minum air rebusan jahe

Dan terakhir, perlu anda ketahui dimana jahe tidak hanya menghangatkan tubuh dimana minum air rebusan jahe juga dapat mengatasi nyeri ulu hati di malam hari. Hal ini karena jahe memiliki sifat antiradang yang dapat menghentikan peradangan dan iritasi di kerongkongan akibat naiknya asam lambung.

Cukup mudah bukan cara mengatasi nyeri ulu hati di malam hari? Namun, perlu diingat, meski sudah membaik setelah menerapkan cara di atas, kamu perlu melakukan pencegahan agar nyeri ulu hati di malam hari tak datang kembali. Pencegahannya bisa dilakukan dengan berbagai cara yang bisa anda simak sebagai berikut.

  • Menghindari konsumsi makanan atau minuman yang bisa memicu asam lambung naik, seperti makanan pedas, gorengan, minuman beralkohol, atau kopi
  • Tidak langsung berbaring setelah makan, berilah jeda setidaknya 3 jam
  • Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi sering
  • Mengunyah makanan dengan perlahan agar lebih mudah dicerna
  • Tidak makan dalam porsi besar
  • Tidak merokok

Demikian informasi mengenai tips cara mengatasi nyeri ulu hati saat malam hari. Apabila beberapa cara diatas tidak efektif untuk mengatasi keluhan anda, maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut dan mencegah penyakit yang lebih parah. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600