Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kesehatan

6 Solusi Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang Berdasarkan Penyebabnya

×

6 Solusi Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang Berdasarkan Penyebabnya

Share this article
Solusi Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Apakah anda merasakan kondisi sakit kepala bagian belakang yang sangat menganggu aktivitas atau kegiatan yang anda lakukan, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan solusi cara mengatasi sakit kepala pada bagian belakang berdasarkan penyebab atau pemicunya.

Sakit kepala pada bagian belakang merupakan kondisi yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja dimana ketika kondisi ini muncul, akan menyebakan kegiatan atau aktivitas yang dilakukan pun akan menjadi terganggu. Bahkan saat istirahat pun lagi nyaman.

Example 300x600

Ada banyak hal yang menjadi penyebab sakit kepala bagian belakang dan oleh karena itu solusi cara mengatasi jenis sakit kepala ini harus sesuai dengan penyebabnya agar hasilnya pun bisa efektif dan cepat.

Adapun salah satu penyebab paling umum sakit kepala di bagian belakang karena otot leher yang tegang, yang sering kali disebabkan oleh postur tubuh yang buruk, stres, atau kelelahan, dan beberapa penyebab lainnya.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan solusi cara mengatasi sakit kepala pada bagian belakang berdasarkan penyebab atau pemicunya yang bisa anda simak sebagai berikut.

Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Solusi Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Berbaring

Solusi paling mudah pertama adalah dengan berbaring. Sebagai informasi dimana salah satu penyebab sakit kepala bagian belakang adalah tekanan intrakranial. Kondisi ini muncul ketika cairan tulang belakang bocor dan merembes ke area leher atau punggung.

Akibatnya, cairan tulang belakang di sekitar otak berkurang dan memicu rasa sakit kepala bagian belakang. Kondisi ini biasanya bisa diatasi dengan berbaring serta minum air putih yang cukup.

Mengonsumsi obat nyeri

Sakit kepala bagian belakang biasanya bisa diatasi dengan mengonsumsi obat nyeri yang bisa dibeli dengan bebas di pasaran, seperti ibuprofen, naproxen, obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), hingga paracetamol.

Obat jenis ini lebih dipilih karena efektif untuk mengatasi sakit kepala bagian belakang. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan bisa memperparah sakit kepala yang dirasakan dan bisa membuatnya datang kembali.

Mengaplikasikan kompres hangat

Rasa sakit kepala bagian belakang juga bisa diatasi dengan mengaplikasikan kompres hangat pada area yang terasa sakit dan dibarengi dengan pijatan yang lembut. Mengaplikasikan kompres hangat bisa menjadi solusi sementara untuk berbagai penyebab sakit kepala belakang. Namun, kondisi yang semakin parah perlu diperiksakan ke dokter.

Mengubah posisi duduk atau berdiri

Posisi duduk atau berdiri yang salah bisa menjadi pemicu sakit kepala bagian belakang karena adanya tekanan berlebihan pada area kepala, punggung bagian atas, leher, serta rahang. Rasa sakit kepala yang muncul akan berangsur hilang ketika posisi duduk atau berdiri diperbaiki. Disarankan untuk duduk atau berdiri dengan posisi punggung tegak untuk mengurangi tekanan berlebih.

Mengonsumsi antidepresan

Sakit kepala bagian belakang juga bisa dipicu oleh kondisi mental tertentu, termasuk stres dan depresi. Selain menghindari penyebab stres, dokter biasanya akan memberikan resep berupa antidepresan untuk mengurangi rasa sakit kepala yang muncul.

Beberapa cara mengatasi sakit kepala bagian belakang tersebut bisa dicoba, namun beberapa obat perlu dikonsumsi dengan anjuran dokter. Sakit kepala bagian belakang yang sudah sangat parah atau tidak kunjung sembuh setelah mengonsumsi beberapa obat sakit kepala bagian belakang di atas, juga perlu segera diperiksakan ke dokter agar bisa diatasi dengan tepat.

Melakukan gerakan peregangan

Dan terakhir, perlu anda ketahui dimana herniated disc adalah suatu kondisi yang dipicu oleh salah satu bantalan (disc) yang menonjol sehingga akan memberikan tekanan pada saraf tulang belakang dan menyebabkan sakit kepala bagian belakang.

Beberapa kasus herniated disc bisa sembuh dengan sendirinya dan rasa sakit kepala yang muncul bisa dikurangi dengan melakukan gerakan peregangan. Selain itu, gerakan peregangan juga bisa dilakukan untuk mengatasi penyebab sakit kepala bagian belakang lainnya karena memiliki manfaat untuk memperlancar peredaran darah.

Demikian informasi mengenai solusi cara mengatasi sakit kepala pada bagian belakang berdasarkan penyebab atau pemicunya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600