Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kesehatan

Begini Cara Masak Mie Instan yang Aman dan Sehat

×

Begini Cara Masak Mie Instan yang Aman dan Sehat

Share this article
Begini Cara Masak Mie Instan yang Aman dan Sehat

Anda merupakan salah satu pecinta mie instan? maka jangan lewatkan tips penting cara masak mie instan yang aman dan sehat untuk anda ketahui.

Bukan rahasia lagi apabila Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak penduduknya gemar memakan mie instan karena kemudahan dan kecepatan dalam penyajiannya. Selain itu mie instan pun di banderol dengan harga murah serta dengan rasa yang nikmat untuk menjadi santapan setiap saat.

Example 300x600

Akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui dimana cara memasak mie yang baik bisa berpengaruh pada kandungan gizi serta mengurangi risiko bahan kimia berbahaya dari kemasannya. Dan oleh sebab itulah pentingnya mengetahui cara masak mie instan yang baik dan benar agar kesehatan anda tetap aman terkendali.

Tanpa basa-basi lagi, berikut kami bagikan cara masak mie instan yang aman dan sehat untuk menjadi referensi anda dibawah ini.

Cara Masak Mie Instan yang Aman dan Sehat

Begini Cara Masak Mie Instan yang Aman dan Sehat

Tidak Perlu Mengganti Air Rebusan Mie

Walaupun sempat beredar kabar bahwa dengan mengganti air rebusan mie dengan air baru ketika menyajikan mie kuah dapat membuat mie menjadi lebih sehat. Tetapi informasi ini tidak benar, sebab air rebusan mie justru mengandung nutrisi dari mie yang larut saat direbus sehingga menggantinya dengan air baru justru mengurangi nutrisi yang ada pada mie.

Salah satu nutrisi yang ada pada mie adalah asam folat yang berasal dari tepung terigu. Asam folat yang baik untuk tubuh tersebut larut dalam air, sehingga apabila air rebusan dibuang, asam folat tersebut akan ikut terbuang. Tidak hanya itu, dengan mengganti air rebusan mie juga dapat mengurangi rasa gurih pada mie, sehingga ada kecenderungan untuk menambah garam lebih banyak yang mana tentu hal tersebut kurang baik untuk kesehatan.

Tidak Wajib Gunakan Semua Bumbu

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana bumbu yang terdapat dalam kemasan mie instan umumnya mengandung kadar natrium yang melebihi kebutuhan harian tubuh manusia. Konsumsi natrium yang berlebihan dapat meningkatkan risiko hipertensi di masa mendatang. Salah satu cara masak mie instan yang sehat, disarankan untuk tidak menggunakan seluruh bumbu yang terdapat dalam kemasan.

Apabila anda merasa mie kurang sedap, maka anda bisa gunakan bumbu segar seperti bawang merah, bawang putih, cabai, atau rempah-rempah lainnya. Selain memberikan rasa yang lebih nikmat, penggunaan bumbu-bumbu alami ini juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik.

Membuat Bumbu Racikan Sendiri

Agar lebih praktis coba buat bumbu racikan sendiri untuk memasak mie instan. Bumbu yang dibuat dengan bahan-bahan alami seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, merica ini justru dapat digunakan untuk menggantikan bumbu yang ada pada kemasan mie instan. Dengan menggunakan bumbu racikan sendiri, asupan garam saat mengkonsumsi mie instan akan lebih terkontrol.

Ikuti Petunjuk di Kemasan

Beberapa pedagang menggunakan kemasan plastik mie instan sebagai wadah untuk menyajikan bahkan memasak mie instan. Hal ini tentu memiliki resiko yang dapat merugikan kesehatan. Mie yang diseduh atau disajikan dengan kemasannya dapat terkontaminasi oleh zat kimia berbahaya yang ada pada kemasan plastik mie instan.

Cara masak mie instan yang sehat sebaiknya mengikuti instruksi yang ada pada kemasan. Mie instan dimasak 3-5 menit dengan menggunakan panci sampai betul-betul matang. Apabila makan mie instan di luar rumah, pastikan mie instan dimasak dengan cara yang benar.

Membatasi Konsumsi Mie Instan

Mie instan memang menjadi solusi praktis saat membutuhkan makanan yang praktis, enak, dan mengenyangkan. Namun, penting untuk diingat bahwa mengonsumsi mie instan secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Jumlah aman mengkonsumsi mie instan adalah dua bungkus per minggu.

Selain itu, sebaiknya juga mengkonsumsi mie instan dengan nasi. Memang sebagian besar orang Indonesia merasa belum makan jika belum mengonsumsi nasi. Namun, mie instan memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Satu bungkus mie instan setara dengan tiga mangkuk nasi.

Oleh karena itu, agar tubuh tidak kelebihan kalori, sebaiknya hindari mengonsumsi mie instan bersama nasi untuk menjaga kesehatan tubuh. Apabila merasa kurang kenyang tambahkan sayur dan protein agar nutrisinya seimbang.

Hindari Konsumsi Mie Instan Sebelum Tidur

Saat merasa lapar di malam hari, mie instan sering menjadi pilihan untuk mengatasi rasa lapar tersebut. Namun, kebiasaan ini dapat menyebabkan penambahan berat badan dan mengakibatkan tubuh menjadi kurang sehat. Hal ini disebabkan karena saat tidur, organ-organ tubuh bekerja dengan lebih lambat dalam mencerna makanan. Akibatnya, mie instan akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna dalam tubuh.

Perhatikan Masa Kadaluarsa

Mie instan sebagai produk olahan, memiliki tanggal kadaluarsa yang menunjukkan batas waktu aman untuk dikonsumsi. Biasanya, orang sering membeli mie instan dalam jumlah yang banyak untuk persediaan di rumah. Untuk menghindari konsumsi mie instan yang telah melewati tanggal kadaluarsa, sebelum memasak, disarankan untuk memastikan bahwa mie instan yang akan digunakan masih dalam kondisi yang belum kadaluarsa agar tetap aman untuk dikonsumsi.

Cara masak mie instan yang sehat selanjutnya adalah menggunakan sayur. Menyertakan sayur-sayuran dalam mie instan dapat membuat hidangan mie instan lebih sehat dan kaya gizi. Zat gizi yang terkandung dalam sayur-sayuran memberikan manfaat positif bagi tubuh. Selain itu, penambahan sayur-sayuran juga bisa menjadi solusi jika merasa kurang kenyang hanya dengan mengonsumsi satu bungkus mie instan.

Tidak hanya itu, sajian mie instan juga akan lebih lezat dengan tambahan sayur-sayuran. Anda bisa menambahkan sayur-sayuran seperti sawi, kol, tomat, wortel, atau mentimun untuk memberikan variasi rasa dan nutrisi yang lebih baik.

Menambahkan Protein

Tidak hanya dengan menambahkan sayur, cara masak mie instan yang sehat juga dapat menambahkan sumber protein seperti ayam, daging, telur, sosis, atau ikan. Mengingat bahwa mie instan didominasi oleh kandungan karbohidrat, menambahkan sumber protein akan membantu melengkapi kebutuhan gizi tubuh. Dengan demikian, selama menikmati kelezatan mie instan tidak perlu khawatir tentang kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Imbangi dengan Olahraga

Dan terakhir dan tidak kalah penting adalah dengan berolahraga yang merupakan salah satu cara sehat yang dapat membantu mengimbangi konsumsi mie instan. Perlu anda ketahui dimana Mie instan memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh akan membakar kalori yang terakumulasi akibat konsumsi mie instan. Ini dapat membantu menjaga keseimbangan energi dan mencegah penumpukan lemak yang berlebihan.

Demikian informasi mengenai tips penting cara masak mie instan yang aman dan sehat untuk menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600