Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kesehatan

Cara Mengatasi Gusi Nyeri dan Bengkak, Dan Penyebabnya

×

Cara Mengatasi Gusi Nyeri dan Bengkak, Dan Penyebabnya

Share this article
Cara Mengatasi Gusi Nyeri dan Bengkak, Dan Penyebabnya

Gusi yang nyeri dan bengkak merupakan hal yang bisa sangat mengganggu penampilan wajah serta membuat rasa sakit pada area gusi. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengatasi gusi nyeri dan bengkak, lengkap dengan penyebabnya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana gusi yang nyeri dan bengkak merupakan masalah kesehatan mulut yang umum dan bisa sangat mengganggu. Rasa sakit yang ditimbulkan sering kali membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman. Tidak hanya itu, bahkan makan dan minum pun bisa terasa menyakitkan.

Example 300x600

Ada beberapa hal yang umumnya menjadi pemicu gusi nyeri dan bengkak. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Penyebab Gusi Nyeri dan Bengkak

Partikel makanan tersangkut di gigi

Biasanya, gusi bengkak bisa disebabkan oleh hal sederhana seperti partikel makanan yang bersarang di gigi. Sebut saja contohnya seperti memakan popcorn yang dapat menyebabkan fragmen keras dari kernel terperangkap di antara gigi, yang sering menempel di gusi. Ini dapat dengan mudah menyebabkan iritasi dan pembengkakan di area tersebut, selain itu juga menyebabkan gusi belakang bengkak dan sakit saat mengunyah. Biasanya, gejala-gejala ini bersifat sementara dan akan hilang saat kita menyikat dan membersihkan partikel makanan di gigi.

Radang gusi

Penyebab paling umum dari gusi bengkak adalah radang gusi atau gingivitis. Ini adalah kondisi gusi yang menyebabkan gusi membengkak dan meradang. Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka menderita gingivitis karena gejalanya bisa sangat kecil. Namun, jika tidak diobati, gingivitis dapat berkembang menjadi penyakit yang jauh lebih berbahaya yang dikenal sebagai periodontitis, hingga kehilangan gigi. Gingivitis sering disebabkan oleh kebersihan gigi yang buruk, yang memungkinkan plak menumpuk di garis gusi dan gigi.

Cara menyikat gigi yang buruk

Karena gusi terbuat dari jaringan halus, menyikatnya secara tidak benar dapat menyebabkan cedera. Disarankan memilih sikat gigi dengan bulu nilon yang lembut dan ujung yang tumpul. Sikat gigi dengan bulu sedang atau keras dapat merusak email gigi atau menyebabkan gusi bengkak dan merah. Saat menyikat, sikat dengan lembut dan melingkar untuk memijat dan membersihkan gusi.

Efek samping dari beberapa obat

Beberapa obat dapat menyebabkan penebalan jaringan gusi, suatu kondisi yang dikenal sebagai “gingival overgrowth”. Jaringan gusi membengkak ke titik yang mulai tumbuh di atas gigi yang meningkatkan risiko penyakit periodontal. Jaringan gusi yang bengkak membantu pertumbuhan kuman yang dapat merusak struktur gigi di sekitarnya.

Infeksi

Infeksi jamur dan virus berpotensi menyebabkan gusi bengkak. Jika kamu menderita herpes, kamu mungkin mengalami gingivostomatitis herpes akut, yang dapat menyebabkan gusi membengkak. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari ragi alami di dalam mulut. Kerusakan gigi yang tidak diobati dapat menyebabkan abses gigi juga.

Kehamilan

Gusi bengkak juga dapat berkembang selama kehamilan. Aliran hormon yang diproduksi oleh tubuh kamu selama kehamilan dapat meningkatkan aliran darah ke gusi. Karena peningkatan aliran darah, gusimu mungkin menjadi lebih mudah meradang, mengakibatkan pembengkakan. Perubahan hormonal ini juga dapat mengganggu kemampuan tubuhmu untuk memerangi kuman yang menyebabkan infeksi gusi.

Cara Mengatasi Gusi Nyeri dan Bengkak

Cara Mengatasi Gusi Nyeri dan Bengkak, Dan Penyebabnya

Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi atau mengatasi gusi nyeri dan bengkak yang bisa anda simak dibawah ini.

Air garam

Berkumur dengan air garam dapat mengurangi peradangan dan membantu penyembuhan gusi. Begini panduannya.

  • Campurkan 1 sendok teh garam dan 8 ons air hangat.
  • Bilas mulut dengan larutan air garam ini selama 30 detik.
  • Ludahkan dan jangan ditelan.
  • Ulangi 2 – 3 kali setiap hari sampai bengkaknya hilang.

Kompres dingin

Kompres dingin juga dapat meredakan nyeri dan bengkak gusi. Begini panduannya.

  • Bungkus waslap atau handuk bersih di atas sekantong es yang dihancurkan, letakkan di wajah selama sekitar 5 menit.
  • Ulangi langkah 2 sampai 3 kali lagi.
  • Lakukan ini 2 – 3 kali setiap hari selama dua hari pertama setelah melihat gusi meradang.

Minum air lebih banyak

Walaupun terkesan sederhana, tetapi minum air dapat membantu membersihkan sisa makanan dari gigi dan mengurangi kemungkinan pembentukan kuman dan plak yang merusak gusi.

Kunjungi dokter gigi

Apabila gusi anda bengkak dan nyeri selama lebih dari dua minggu, maka sebaiknya anda harus mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan bantuan medis segera. Dokter gigi akan menanyakan pertanyaan seperti kapan gejala mulai dan seberapa sering gejala tersebut muncul untuk memberikan solusi medis beserta obat yang pas.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi gusi nyeri dan bengkak, lengkap dengan penyebabnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

 

Example 120x600