Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kesehatan

Rekomendasi Makanan yang Cocok untuk Diet, Sehat dan Efektif

×

Rekomendasi Makanan yang Cocok untuk Diet, Sehat dan Efektif

Share this article
Makanan yang Cocok untuk Diet

Bagi anda yang sedang berdiet untuk mendapatkan berat badan proporsional, maka penting bagi anda mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan rekomendasi makanan yang cocok untuk diet sehat dan efektif.

Diet merupakan kegiatan mengurangi makanan yang berlebih dan juga memilih jenis makanan yang tepat dengan tujuan mengurangi berat badan. Selain itu, dengan pemilihan jenis makanan yang tepat, maka hal tersebut bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Sebut saja contohnya untuk menghindari penyakit seperti diabetes tipe 2, obesitas, osteoporosis, kanker, hingga penyakit jantung.

Example 300x600

Oleh karena itu penting memilih makanan yang tepat ketika anda sedang diet. Jauhkan mindset anda dimana diet berarti benar-benar mengurangi makan saja dari kebiasaan normal. Sebab jenis makanan yang tepat juga berpengaruh tingkat keberhasilan diet yang anda lakukan.

Perlu anda catat bahwa diet yang benar adalah dengan cerdas mengatur pola makan beserta menu diimbangi dengan aktivitas bergerak. Dengan begitu, jumlah kalori masuk dan keluar dari tubuh bisa terkontrol dengan baik dimana tiap orang memiliki kebutuhan kalori berbeda. Oleh karena itu penting sebelum melakukan diet, anda perlu mengetahui kebutuhan kalori tubuhnya.

Diet dengan mengatur kalori yang masuk dan keluar dari tubuh tidak akan cukup jika tidak diimbangi dengan aktif bergerak dimana pada saat berdiet, seseorang dianjurkan untuk menggerakkan tubuhnya secara rutin. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan untuk menggerakkan tubuh. Sebut saja aktivitas aerobik atau kardio seperti berjalan kaki, joging, menari, bersepeda, bermain bola basket atau sepak bola, dan renang.

Aktivitas ini dapat membantu menjaga kebugaran jantung dan hati. Selain itu, juga ada aktivitas penguatan daya tahan tubuh yang umumnya bisa dilakukan di pusat kebugaran. Penggunaan alat-alat seperti dumbell dan smith machine dapat membantu meningkatkan daya tahan otot.

Sesuai dengan judul diatas, kali ini kami akan membagikan rekomendasi makanan yang cocok untuk diet sehat dan efektif untuk anda simak sebagai berikut.

Makanan yang Cocok untuk Diet

Makanan yang Cocok untuk Diet

Serat

Makanan yang tinggi serat dapat membantu memperlama rasa kenyang, sehingga seseorang dalam program diet tidak akan mudah merasa lapar.Beberapa makanan berserat tinggi di antaranya beras merah, sayur-sayuran seperti asparagus, buncis, lobak, brokoli, timun, kale, bunga kol, seledri, dan lainnya. Sebagai hidangan penutup, buah-buahan juga bisa ditambahkan, seperti apel, alpukat, pisang, anggur, raspberry, bit, bluberi, bengkuang, dan lain sebagainya.

Biji-bijian Utuh (Whole Grains)

Perlu anda ketahui bahwa pada umumnya jenis biji-bijian utuh yang dimakan orang Indonesia adalah beras putih yang kemudian diolah menjadi nasi. Namun, mengonsumsi beras putih pada saat diet kurang direkomendasikan karena kalori yang dihasilkan cukup tinggi. Untuk menggantikan beras putih sebagai makanan pokok, seseorang dalam program diet dapat mengonsumsi beras merah, oats, quinoa, gandum utuh, atau pasta gandum. Olahan tempe dan tahu juga bisa menjadi pelengkap.

Walaupun tubuh membutuhkan kalsium untuk kesehatan tulang, tetapi susu bukan satu-satunya sumber kalsium. Untuk mendapatkan asupan kalsium, sayur-sayuran juga mengandung kalsium. Namun, bukan berarti minum susu tidak dianjurkan saat diet. Susu dapat dikonsumsi saat diet dengan pengurangan porsi. Minuman yang paling dianjurkan saat diet adalah air putih. Saat dalam program diet, konsumsi minuman manis yang mengandung gula harus dikurangi.

Selain sumber makanan, kandungan garam dalam makanan juga harus menjadi perhatian, baik saat diet, maupun tidak. Meskipun garam dibutuhkan, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan berpengaruh pada gula darah. Makanan segar umumnya mengandung garam yang rendah, sedangkan makanan yang diolah bisa memiliki kadar garam yang tinggi. Maka dari itu, sayur dan buah sangat direkomendasikan saat diet.

Protein

Makanan yang mengandung protein membantu menjaga massa otot saat kehilangan lemak. Apalagi jika diet dibarengi latihan intens, makanan tinggi protein sangat membantu membangun otot. Dalam mengonsumsi protein, seseorang dalam program diet dianjurkan untuk membatasi daging merah dan menghindari daging olahan seperti sosis.

Makanan dengan sumber protein yang dianjurkan meliputi telur, greek yoghurt, kacang hijau, dada ayam tanpa kulit, bayam, kacang-kacangan seperti almond, biji chia, kelapa, kacang macadamia, kenari, daging tanpa lemak, ikan dan seafood seperti salmon, sarden, kerang, udang, trout, dan tuna.

Demikian informasi mengenai rekomendasi makanan yang cocok untuk diet sehat dan efektif. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600