Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kesehatan

Tips Cara Sehat Mengendalikan Nafsu Makan Untuk Mengontrol Berat Badan

×

Tips Cara Sehat Mengendalikan Nafsu Makan Untuk Mengontrol Berat Badan

Share this article
Cara Sehat Mengendalikan Nafsu Makan

Jika anda sedang melakukan program diet atau ingin mengontrol berat badan anda? Maka jangan lewatkan tips cara sehat mengendalikan nafsu makan agar anda tidak mudah menjadi gemuk.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana menjaga berat badan agar tidak berlebihan atau gemuk merupakan cara untuk menjaga penampilan dan anda pun bisa tetap tampil lebih percaya diri dengan berat badan yang ideal.

Example 300x600

Selain itu dengan mengontrol berat badan, kesehatan pun bisa lebih terjaga dari penyakit-penyakit yang bisa timbul akibat kelebihan berat badan.

Salah satu jalan termudah tetapi juga tersulit untuk menjaga berat badan ideal adalah bagaimana cara mengendalikan nafsu makan dimana banyak orang yang melampiaskan kepada makanan ketika sedang stress. Selain itu dengan banyaknya jenis makanan yang lezat, membuat banyak orang tergoda untuk makan terus tanpa memperhatikan dampaknya pada kesehatan berat tubuh.

Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan tips cara sehat mengendalikan nafsu makan agar anda tidak mudah menjadi gemuk yang bisa anda terapkan dengan mudah sebab bahahannya yang mudah anda temukan disekitar anda. Apa saja tipsnya? simak sebagai berikut.

Tips Cara Sehat Mengendalikan Nafsu Makan

Cara Sehat Mengendalikan Nafsu Makan

Makan Buah Apel

Sekedar informasi dimana buah apel bisa membantu mengurangi nafsu makan yang alami. “Kombinasi pektin, serat larut, dan kunyahan yang banyak menjadikan buah apel sebagai makanan yang dapat menurunkan nafsu makan,” papar Bauer. Anda bisa coba mengonsumsi satu buah apel per hari untuk membuat kenyang lebih lama dan bisa bantu menjaga nafsu makan lebih teratur.

Minum Teh Hijau

Cara ini bukan berarti setiap saat dan setiap hari anda harus minum teh hijau. Apabila dikonsumsi dengan cukup, teh hijau bisa bantu menjaga nafsu makan. Ekstrak teh hijau memengaruhi dua hormon peptida penting, yaitu norepinefrin dan dopamin yang dapat mengaktifkan sistem saraf simpatetik. Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa dua hormon tersebut termasuk katekolamin dan dikenal dengan kemampuannya mengurangi nafsu makan.

Mencium Aroma Peppermint

Perlu anda ketahui dimana terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa partisipan yang mencium aroma peppermint setiap dua jam sekali selama lima hari mengonsumsi 1.800 kalori yang lebih sedikit pada pekan itu dan merasa bahwa rasa lapar mereka menurun secara signifkan dibandingkan partisipan yang tak mencium aroma peppermint. Bauer menyarankan untuk menyalankan lilin peppermint, mengunyah permen karet peppermint, atau minum teh peppermint untuk menjaga nafsu makan.

Olahraga sebelum Makan Malam

Jika olahraga dan kegiatan fisik yang dilakukan seharian bisa bikin kita kelaparan dan nafsu makan tak terkendali, maka olahraga singkat yang intens bisa memberi efek yang berbeda. Sebuah analisi dari 20 penelitian menemukan bahwa olraha dapat menekan hormon acylated ghrelin dan meningkatkan kadar hormon yang berfungsi sebagai penahan rasa lapar. Kita bisa melakukan olahraga singkat sebelum memasuki jadwal makan malam untuk bantu mengurangi nafsu makan.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah anda perlu berlatih menerapkan teknik mindful eating, yaitu latihan untuk mengendalikan nafsu makan dengan selalu memerhatikan setiap suapan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Cukupi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh dengan baik sesuai kebutuhan.

Demikian informasi mengenai tips cara sehat mengendalikan nafsu makan agar anda tidak mudah menjadi gemuk. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600