Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kesehatan

Cara Efektif Mencegah Diabetes Bagi Pemilik Riwayat Keturunan Penderita

×

Cara Efektif Mencegah Diabetes Bagi Pemilik Riwayat Keturunan Penderita

Share this article
Mencegah Diabetes Bagi Pemilik Riwayat Keturunan Penderita

Cara mencegah diabetes merupakan hal yang perlu anda ketahui agar anda bisa terhindari dari penyakit “silent killer” ini, khususnya bagi anda yang memiliki riwayat keturunan penderita seperti dari orang tua.

Faktor keturunan adalah salah satu faktor penyebab diabetes dimana bagi anda yang memiliki keturunan penderita diabetes, maka sudah sepatutunya anda lebih waspada dan lebih mengontrol dan menjaga kesehatan anda.

Example 300x600

Dengan menyadari potensi besar diabetes yang bisa mengintai ketika anda memiliki keturunan dengan riwayat diabetes, maka anda bisa mengontrol gula darah didalam tubuh anda sehingga ketika dimasa tua nantinya, anda tidak bergelut dengan obat-obatan diabetes dan juga rumah sakit.

Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan tips cara mencegah diabetes yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Efektif Mencegah Diabetes

Mencegah Diabetes Bagi Pemilik Riwayat Keturunan Penderita

Menjaga Asupan Makan

Pertama dimana untuk menghindari diabetes maka anda juga perlu mengatur pola makan yang sehat dengan gizi seimbang. Anda perlu memperhatikan kadar karbohidrat, memilih lemak baik dan lemak jahat, membatasi daging merah dan daging olahan, serta mengonsumsi air putih yang cukup.

Untuk karbohidrat, anda perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang rendah. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat rendah seperti biji-bijian bisa menghindari anda dari diabetes. Hal ini dikarenakan kulit dan serat pada biji-bijian sulit pecah menjadi glukosa.

Begitu juga dengan memilikih lemak. Pentingnya untuk memilih lemak baik seperti lemak nabati dikarenakan adanya kandungan omega-3 yang baik untuk tubuh. Selain itu, batasi juga konsumsi daging merah dan daging olahan dimana terkandung natrium dan nitrit yang tinggi. Untuk mendapatkan asupan protein, anda bisa menggantinya dengan susu rendah lemak seperti ayam dan ikan.

Dan terakhir, untuk menghindari munculnya diabetes yang diakibatkan faktor keturunan, anda bisa menjauhi dari minuman-minuman yang manis seperti teh. Agar asupan cairan tetap tercukupi dan aman, anda bisa mengonsumsi air putih secara cukup yaitu sebanyak 8 gelas setiap harinya.

Perbanyak Bergerak dan Olahraga

Jika anda memiliki keturunan dengan riwayat diabetes maka sebaiknya untuk banyak bergerak baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Terlalu lama duduk juga bisa menyebabkan anda mengalami berat badan berlebih. Bila hal ini dibiarkan, dapat membuat berat badan anda tidak terkontrol dan risiko munculnya diabetes sangat besar.

Hindari Rokok dan Alkohol

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana rokok bukanlah sesuatu yang baik untuk tubuh. Rokok mempunyai kandungan-kandungan yang bisa merusak kerja tubuh, sehingga orang yang mengonsumsi secara berlebihan akan mudah terganggu kesehatannya. Disini rokok akan memanfaatkan hormon insulin dalam menyebarkan glukosa ke organ, sehingga resiko untuk mengidap penyakit diabetes lebih besar.

Begitu juga dengan alkohol. Alkohol juga bisa menyebarkan glukosa ke organ, sehingga resiko untuk mengidap penyakit diabetes menjadi lebih besar.

Olahraga

Selain menjaga pola makan dan selalu bergerak, pastikan juga untuk melakukan olahraga. Hal ini dilakukan untuk mengatur gula darah pada tubuh. Anda dengan kondisi memiliki riwayat diabetes, harus rutin melakukan olahraga.

Olahraga memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari berolahraga adalah mampu memberikan kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah diabetes keturunan. Olahraga yang bisa anda lakukan adalah bersepeda, lari, dan lain sebagainya.

Hindari Konsumsi Makanan yang Manis

Makanan dan minuman manis juga mengandung kadar glikemik yang tinggi. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menghindari mengonsumsi makanan dan minuman terlalu manis. Karena ini bisa meningkatkan gula darah menjadi sangat naik.

Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor resiko besar penyebab terkena diabetes. Obesitas dapat meningkatkan resiko mengalami diabetes lebih besar. Apabila berat badan anda berlebih, sebaiknya anda perlu menurunkannya secara bertahap hingga mencapai berat badan yang normal.

Demikian informasi mengenai cara mencegah diabetes, terlebih lagi jika anda memiliki riwayat dengan keturunan diabetes. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600