Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Kesehatan

Tips Mengatasi Nafas Bau Mulut dengan Mudah dan Cepat

×

Tips Mengatasi Nafas Bau Mulut dengan Mudah dan Cepat

Share this article
cara mengatasi nafas bau mulut

Apakah anda memiliki masalah dengan nafas bau mulut yang membuat anda tidak percaya diri berbicara didepan orang, maka simak tips cara mengatasi nafas bau mulut dengan mudah dan cepat yang akan kami bagikan kali ini.

Masalah nafas bau bisa terjadi pada setiap orang dimana masalah ini bisa membuat rasa percaya diri terganggu ketika berbicara didepan orang karena takutnya bau mulut tercium dan menjadi gangguan bagi orang tersebut.

Example 300x600

Dan lebih parahnya lagi, bau mulut yang terus dibiarkan akan menjadi bahan pergunjingan orang lain dan bahan gosip untuk menjatuhkan kredibilitas dan kepercayaan diri anda.

Maka dari itu bagi anda yang memiliki masalah nafas bau mulut, maka sudah seharusnya anda segera mencari solusi untuk menghilangkannya. Biasanya bau mulut disebabkan karena kurang rutinnya menjaga kesehatan mulut. Namun selain itu, ada juga beberapa penyebab lainnya yang bisa anda simak sebagai berikut.

Penyebab Bau Nafas

  • Tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik
  • Mulut kering
  • Mengonsumsi makanan dengan aroma kuat atau beralkohol
  • Gagal ginjal
  • Alergi atau sinusitis
  • Diabetes atau pola makan yang tidak sehat
  • Penyakit GERD
  • Penyakit gusi atau infeksi pada mulut
  • Kanker atau penyakit liver
  • Kebiasaan merokok
  • Kondisi medis tertentu

Cara Mengatasi Nafas Bau Mulut

Apabila anda telah mengetahui apa saja penyebab nafas bau mulut, maka berikut kami bagikan tips cara mengatasi nafas bau mulut yang bisa anda simak dibawah ini.

Rutin membersihkan gigi dan lidah

Sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan jangan lupa untuk membersihkan lidah anda. Bersihkan lidah menggunakan kerokan lidah atau sikat gigi berbulu halus. Makanan yang tersisa di lidah akan membuat nafas menjadi bau. Sisa makanan tersebut terus menumpuk setiap waktunya.

Maka dari itu, selain membersihkan gigi anda juga perlu membersihkan lidah agar nafas tetap wangi dan segar.

Berhenti merokok

Perlu anda ketahui dimana rokok dan produk tembakau lainnya dapat menyebabkan bau mulut tidak sedap dan disarankan untuk segera berhenti kebiasaan buruk dari merokok tersebut sebab selain menyebabkan nafas bau, merokok juga tidak baik untuk kesehatan.

Minum banyak air putih

Minum banyak air putih dapat membantu menjaga kelembapan mulut dan mengurangi bau mulut. Selain itu, minum air putih juga sangat baik untuk kesehatan. Karena setiap harinya tubuh memerlukan cairan yang cukup. Apabila anda jarang minum air putih maka kemungkinan tubuh anda bisa dehidrasi.

Mengunyah permen karet atau mengunyah buah atau sayuran penghilang bau

Beberapa buah atau sayuran bisa membantu menghilangkan bau mulut tidak sedap. Seperti kulit jeruk, lemon, atau peterseli. Atau anda juga bisa mengunyah permen karet untuk mengatasi bau mulut. Pilih permen karet rasa buah jeruk atau lemon.

Menggunakan obat kumur atau mouthwash

Obat kumur atau mouthwash dapat membantu membersihkan bakteri dan sisa-sisa makanan di mulut. Anda bisa rutin gunakan obat kumur agar bakteri di mulut bisa hilang.

Rutin kontrol gigi

Rutin periksa gigi ke dokter gigi untuk memastikan kesehatan gigi dan mulut anda. Cara ini bisa dilakukan agar usahamu bisa maksimal. Dokter gigi akan melakukan perawatan gigi agar semakin sehat. Kondisi mulut pun akan terasa bersih dan wangi.

Menghindari alkohol dan minuman berkafein

Alkohol dan minuman berkafein dapat menyebabkan mulut kering. Sehingga menyebabkan bau mulut tidak sedap. Hindari minuman ini atau konsumsi dengan bijak Konsumsi secukupnya dan jangan berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan cenderung tidak baik untuk kesehatan.

Hindari makanan penyebab bau mulut

Hindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut. Seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas.

Menghindari makanan yang mengandung gula

Makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri di mulut. Sehingga membuat mulut tidak sedap. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula. Mengonsumsi makanan manis dalam jumlah berlebih juga bisa membuat gigi berlubang. Maka sebaiknya anda konsumsi makanan manis secukupnya saja.

Mengonsumsi makanan yang sehat

Makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan protein dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan mengurangi bau mulut tidak sedap.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi nafas bau mulut dengan mudah dan cepat yang bisa anda terapkan untuk mengatasi masalah yang bisa membuat anda tidak percaya diri ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600