Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
LifestyleBusana

8 Tips Busana Hijab untuk Wanita Gemuk dan Pendek

×

8 Tips Busana Hijab untuk Wanita Gemuk dan Pendek

Share this article
Tips Busana Hijab untuk Wanita Gemuk

Bagi anda wanita yang memiliki postur tubuh gemuk dan pendek, mungkin anda sering kebingungan memiliki busana hijab yang cocok bukan? namun jangan kuatir sebab pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips busana hijab untuk wanita gemuk dan pendek.

Bukan rahasia lagi apabila memilih busana hijab yang sesuai bagi wanita gemuk dan pendek dapat menjadi tantangan tersendiri agar tetap bisa terlihat cantik dan menarik. Dengan pemahaman yang tepat tentang bentuk tubuh dan gaya pakaian yang sesuai, maka anda dapat tampil percaya diri dan modis.

Example 300x600

Perlu anda ketahui dimana dalam dunia fashion hijab, penting untuk memperhatikan proporsi tubuh dan memilih gaya busana yang dapat memperpanjang siluet serta menyesuaikan pola warna yang tepat agar tampilan anda tetap elegan. Dengan tips yang tepat, wanita gemuk dan pendek dapat menemukan gaya hijab yang dapat meningkatkan kepercayaan diri, dan menonjolkan keunikan diri dengan kesan yang positif.

Tanpa basa-basi lagi, berikut kami tips busana hijab untuk wanita gemuk dan pendek yang bisa menjadi referensi anda sebagai berikut.

Tips Busana Hijab untuk Wanita Gemuk dan Pendek

Tips Busana Hijab untuk Wanita Gemuk

Memilih model dress dengan potongan di pinggang

Apabila anda ingin memakai dress, terdapat tips untuk memberikan efek tubuh yang lebih ramping yaitu dengan memakai dress yang memiliki potongan di pinggang. Model dress seperti ini bisa menutupi bagian perut sehingga anda akan terlihat lebih langsing.

Memilih model rok A-line

Untuk memberikan efek tubuh yang lebih kurus, sebaiknya hindari memakai baju yang terlalu ketat, seperti bodycon dress dan rok span. Anda bisa memilih model rok A-line atau yang berpotongan lebar sehingga bisa membuat tubuh anda terlihat lebih langsing dan tinggi. Selain itu, rok A-line akan tetap membuat anda terlihat feminin tanpa menyulitkan anda untuk berjalan.

Menggunakan celana atau rok model high waist

Untuk menyiasati kaki gemuk yang pendek, pilih bawahan model high waist atau potongan pinggang yang tinggi. Celana dan roek high waist akan membuat kesan pinggul lebih tinggi sehingga kaki terlihat lebih jenjang. Pilih rok atau celana yang lingkar pinggangnya lebih tinggi dari posisi pinggang anda. Jangan ragu untuk bermain motif serta warna yang bisa membuat anda terlihat lebih stylish.er

Memilih pakaian dengan motif berukuran kecil

Untuk memberikan kesan tubuh yang lebih ramping, pakaian dengan motif kecil bisa jadi andalan. Hindari memakai motif yang terlalu besar karena justru bisa membuat anda terlihat “tenggelam” dan semakin tampak gemuk. Akan lebih baik lagi jika anda memakai pakaian dengan siluet sederhana guna menghindari tubuh terlihat semakin besar.

Andalkan pakaian berwarna gelap

Perlu anda ketahui dimana pakaian berwarna gelap akan membuat ilusi lebih langsing pada tubuh anda. Warna gelap tidak akan memantulkan kembali cahaya yang diterimanya, sehingga pakaian dengan warna gelap tidak akan menimbulkan bayangan yang menjadikan ilusi tubuh menjadi lebih lebar. Warna gelap juga bertujuan untuk menyamarkan bayangan dari tiap lipatan pada tubuh serta akan membuat siluet tubuh tampak ramping dan lebih panjang.

Hindari memakai motif garis horizontal

Pakaian motif garis-garis memang sempat jadi tren dan bisa membuat penampilan semakin menawan. Namun, sebaiknya anda hindari memakai pakaian dengan motif garis horizontal. Lebih baik pilih motif garis-garis vertikal yang bisa memberikan ilusi mata berupa tubuh yang lebih langsing dan juga tinggi. Perlu diingat, pakaian bermotif garis horizontal akan membuat anda terlihat lebih pendek dan gemuk.

Hindari bergo dan gunakan syal atau pashmina

Selain pakaian, aturan fashion hijab yang penting bagi wanita gemuk dan pendek tentunya adalah hijabnya itu sendiri. Hindari menggunakan bergo yang akan membuat kepala anda terlihat lenbih besar dan pipi lebih tembem. Lebih baik gunakan hijab berjenis syal atau pashmina yang panjang. Menggunakan pashmina sebagai hijab bisa lebih fleksibel karena anda bisa menyesuaikannya dengan bentuk wajah anda sehingga tidak terlihat makin besar atau bulat. Selain itu bahan pashmina pasti jatuh dan cenderung lebih panjang sehingga memberikan aksen yang bagus bagi tubuh anda.

Menggunakan ikat pinggang

Bagi anda hijabers yang bertubuh gemuk, maka ikat pinggang bisa menjadi sahabat baik karena membuat perut anda tampak lebih langsing. Namun, perlu anda ketahui pemilihan ikat pinggang yang kurang tepat dapat membuat perut dan pinggang anda terlihat besar.

Ikat pinggang akan membantu mempertegas bagian tubuh anda menjadi dua bagian, yakni atas dan bawah sehingga akan membuat anda terlihat lebih tinggi dan ramping. Oleh karena itu, sebaiknya anda pilih ikat pinggang yang kecil. Hindari ikat pinggang lebar dengan buckle besar karena akan membuat seluruh perhatian tertuju pada area perut anda.

Gunakan outerwear panjang untuk menyiasati bentuk perut atau pinggang

Umumnya wanita berhijab yang memiliki tubuh gemuk dan pendek punya bentuk payudara yang besar. Selain itu, bentuk pinggang dan perut juga terlihat lebih besar dari bentuk tubuh yang lain.

Untuk mengakalinya, pilihan baju untuk orang gemuk berhijab seperti outerwear, kardigan atau blazer panjang bisa anda andalkan. Kuncinya adalah dengan mengenakan outerwear yang ukurannya tidak terlalu ketat atau terlalu oversize.

Hindari penggunaan blus dengan aksen frill

Umumnya banyak juga hijabers yang menyukai mengenakan model atasan dengan detail frill atau pleats untuk mempermanis gaya hijab. Tapi, untuk wanita yang memiliki postur tubuh gemuk dan pendek, sebaiknya hindari blus wanita beraksen frill. Dengan pakaian beraksen frill justru akan membuat postur tubuh hijabers terlihat semakin berisi dan area dada jadi terlihat penuh.

Memilih bahan pakaian yang tepat

Tips selanjutnya yang bisa menjadi referensi anda adalah dengan memberikan ilusi lebih singset dimana anda bisa mengakalinya dengan memilih bahan pakain yang tepat. Disarankan untuk menghindari bahan yang berat dan tebal seperti flanel, jeans atau canvas, khususnya untuk atasan. Pilih bahan yang ringan dan jatuh seperti katun, crepe, sifon dan lainnya.

Dengan menggunakan pakaian dari bahan yang ringan akan membuatya jatuh pas di badan anda sehingga tidak akan terlihat lebih besar, tapi juga tidak akan mencetak bentuk tubuh anda.

Hindari penggunaan pakaian yang oversize

Dan terakhir adalah pemilihan model serta ukuran baju yang cocok untuk wanita gemuk dan pendek perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah menghindari ukuran baju yang terlalu oversize. Sebaiknya gunakan baju yang pas namun tidak terasa ketat di tubuh. Untuk mengatasi baju oversize yang terlalu longgar, anda bisa atasi dengan penggunaan outerwear atau ikat pinggang untuk memberikan lekuk tubuh.

Sekian informasi tentang tips menggunakan busana hijab untuk wanita dengan tubuh gemuk dan pendek yang bisa membantu anda menentukan busana yang cantik dan cocok untuk anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600