Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Lifestyle

8 Tips Solo Traveling Untuk Para Pemula Pertama Kali

×

8 Tips Solo Traveling Untuk Para Pemula Pertama Kali

Share this article
Tips Solo Traveling Untuk Para Pemula Pertama Kali

Solo traveling bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi para pemula yang baru melakukannya pertama kali. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips solo traveling untuk para pemula.

Banyak traveler meyakini bahwa liburan atau travel sendirian bisa mengubah seseorang. Maka dari itu, tidak heran apabila banyak solo traveling yang rela menempuh ribuan mil untuk berkunjung ke negara lain hanya seorang diri untuk mendapatkan pengalaman dan pelajaran baru. Solo traveling akan memberikan petualangan yang menarik dan memperkaya sekaligus menawarkan kesempatan unik untuk mengeksplorasi dunia dan diri sendiri tanpa batasan.

Example 300x600

Bagi pemula yang belum pernah mencoba bepergian sendirian, pengalaman ini bisa terasa menakutkan namun sekaligus menantang. Bagi anda yang berencana untuk solo traveling, jangan biarkan perasaan takut mengalahkan rasa penasaran akan tantangan baru dalam hidup anda.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan tips solo traveling untuk para pemula pertama kali yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Solo Traveling Untuk Para Pemula Pertama Kali

Tips Solo Traveling Untuk Para Pemula Pertama Kali

Cari Yang Mudah Saja

Pertama, anda harus pilih perjalanan awal yang mudah saja. Untuk meredam rasa takut atau cemas, anda bisa memilih destinasi di negara atau tempat di mana mayoritas orang menggunakan bahasa yang anda mengerti. Disarankan untuk memilih tempat menginap yang memiliki area bersama agar dapat berinteraksi dengan sesama pelancong dan yang dekat dengan objek wisata utama.

Manfaatkan Keunggulan Berpergian Sendiri

Di banyak restoran ternama, orang yang datang sendirian tanpa reservasi bisa mendapatkan tempat di bar. Anda juga bisa mengecek diskon khusus untuk orang yang menginap sendiri di hotel. Di taman bermain, solo traveler bisa memanfaatkan antrean khusus yang biasanya lebih cepat. Beberapa taman, seperti Universal Studios Hollywood, Six Flags Magic Mountain di Los Angeles, dan Disney World di Orlando, memiliki wahana dengan antrean khusus untuk perorangan.

Bergabunglah ke Suatu Organisasi/Komunitas

Anda bisa berbaur dengan orang-orang yang memiliki hobi atau minat serupa dalam sebuah grup atau komunitas. Sebut saja contohnya dimana anda bisa makan malam bersama penduduk lokal dan turis lainnya di Eatwith. Bergabung dengan peminat alam lainnya melalui kelompok seperti Alaska Outdoors di Anchorage yang mengatur aktivitas mendaki. Jelajahi lokasi baru untuk hobi anda melalui situs-situs seperti Pickleball NSW di New South Wales, Australia.

Grup Facebook untuk ekspatriat, seperti Ekspatriat Malaga Spanyol, menyediakan rekomendasi lokal dan kesempatan bertemu orang baru. Beberapa hostel dan penginapan sering mengorganisir kegiatan bersama. Anda mungkin menemukan diri anda mengambil kelas kayak, menghadiri sing-a-long, menonton pertunjukan drag queen, atau bergabung dengan klub dansa.

Berinteraksi dengan Warga Setempat

Namun, pastikan selalu berhati-hati, bertemulah di area publik, dan beritahu seseorang tentang rencana anda

Berhati-Hati dalam Berbagi Info dan Gunakan Perangkat Keamanan Tambahan

Pastikan untuk tidak memberikan informasi pribadi secara sembarangan, menerima ajakan, atau mempercayakan barang anda pada orang yang baru dikenal.

Siapkan Rencana Cadangan

Jika anda merasa tersesat, disarankan agar anda tidak berhenti di tengah jalan untuk melihat HP, tapi masuklah ke kafe atau toko. Saat berjalan, sebaiknya gunakan earbud untuk mendengarkan petunjuk dari aplikasi pemetaan daripada melihatnya di HP

Anda bisa gunakan kode rahasia yang hanya anda dan beberapa orang dekat di rumah kenal, agar jika anda memerlukan bantuan finansial, mereka bisa membedakan apakah itu anda atau orang yang berpura-pura menjadi anda.

Simpan juga backup digital dari dokumen vital seperti paspor, asuransi, dan jadwal perjalanan anda. Pertimbangkan juga untuk memberi tahu mereka tentang posisi anda melalui aplikasi di HP.

Berani Coba

Berani keluar dari kebiasaan dan menerima hal-hal baru dapat memberi anda momen-momen paling tidak terlupakan selama perjalanan solo. Sebaiknya anda tidak selalu berpegang pada rutinitas atau cara-cara yang biasa dilakukan. Dalam konteks perjalanan, ini bisa berarti mencoba kegiatan baru, mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, atau bahkan berinteraksi dengan budaya yang berbeda.

Catat Pengalaman

Perjalanan solo memberi kesempatan untuk memperkuat kepercayaan diri. Anda bisa mencatat baik dalam bentuk tulisan, audio, atau video tentang apa yang anda capai, hambatan anda, dan keberhasilan anda, akan membantu anda merefleksikannya.

Demikian informasi mengenai tips solo traveling untuk para pemula. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600