Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
LifestylePengetahuan

Penyebab Rambut Sering Rontok dan Cara Mengatasinya

×

Penyebab Rambut Sering Rontok dan Cara Mengatasinya

Share this article
Penyebab Rambut Sering Rontok

Rambut yang sering rontok pastinya mau tidak mau akan menganggu kepercayaan diri anda karena rambut yang terus menepis. Oleh karena itu, penting untuk anda ketahui penyebab rambut sering rontok dan cara mengatasinya.

Memiliki rambut tebal pastinya menjadi idaman banyak orang khususnya para wanita dimana sesuai dengan pepatah mengatakan rambut adalah mahkota bagi wanita. Dengan rambut yang tebal pastinya akan membuat penampilan akan makin paripurna dan juga akan membuat anda makin percaya diri.

Example 300x600

Tetapi masalah kerontokan pada rambut menjadi masalah yang kerap mengintai banyak orang, baik itu pria maupun wanita. Bahkan kerontokan yang massive dan terus menerus tanpa penanganan yang tepat, tidak hanya bisa membuat volume rambut menipis tetapi bahkan bisa menjadi penyebab kebotakan.

Jika anda termasuk orang yang mengalami masalah kerontokan rambut ini, maka anda perlu mengetahui penyebab rambut sering rontok dan cara mengatasinya sebagai berikut.

Penyebab Rambut Rontok

Berikut beberapa penyebab rambut rontok yang kami kutip dari situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

  • Sering menggunakan bahan kimia seperti pewarna rambut
  • Kebiasaan yang tidak disadari tetapi dapat merusak rambut, seperti terlalu sering mencuci rambut, menggunakan pengering rambut terlalu sering, atau mengikat rambut terlalu ketat.
  • Faktor genetik atau keturunan
  • Faktor penyakit tertentu seperti sifilis, kekurangan gizi, gangguan tiroid, anemia, serta infeksi jamur di kepala
  • Efek Samping Obat
  • Efek samping dari mengonsumsi obat tertentu, seperti beta blocker, pengencer darah, dan pil KB
  • Stres berlebihan
  • Menjalani kemoterapi maupun terapi radiasi
  • Perubahan hormon, seperti saat wanita setelah selesai melahirkan atau menopause
  • Penurunan berat badan secara drastis
  • Trikotilomania yang merupakan sebuah kebiasaan mencabuti rambut

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Penyebab Rambut Sering Rontok

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab rambut rontok, simak berikut cara mengatasi rambut rontok yang bisa anda terapkan untuk segera mengatasi masalah kerontokan di rambut anda.

Menggunakan bahan-bahan alami

Mengatasi rambut rontok dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai berikut.

Kemiri

Minyak kemiri dipercaya dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan dapat merangsang pertumbuhan rambut baru yang sehat. Kemiri cukup ditumbuk kasar kemudian disangrai. Kemudian, tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak lalu oleskan ke kulit kepala sampai merata, diamkan beberapa saat, dan bilas hingga bersih.

Daun ashitaba

Daun yang berbentuk seperti seledri ini dipercaya sangat baik sebagai obat penumbuh rambut. Selain membuat rambut tumbuh lebih subur, daun ini juga dapat membuat rambut kusam menjadi berkilau.

Madu

Beberapa kandungan madu sangat ampuh untuk memperkuat folikel rambut sehingga dapat mencegah rambut rontok. Madu mengandung banyak antioksidan, asam amino, dan protein untuk kebaikan rambut dan kulit kepala.

Apel

Apel yang tidak dikupas mengandung senyawa yang bernama biotin dan procyanidin B-2 yang berfungsi untuk mengikat protein yang memicu pertumbuhan rambut.

Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera kaya akan nutrisi seperti zinc, magnesium, kalium, kalsium, vitamin C, vitamin E, vitamin A, hingga zat besi. Selain itu, lidah buaya juga mengandung banyak senyawa antioksidam seperti flavonoid, fenol, dan saponin. Kandungan inilah yang membuat lidah buaya sangat baik untuk rambut agar tetap sehat, merangsang pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok, mengatasi rambut rusak dan berminyak hingga mengembalikan warna rambut.

Mengurangi penggunaan alat penata rambut

Kerontokan rambut dapat dipicu oleh penggunaan pelurus dan pengering rambut serta sisir yang bergigi rapat yang terlalu sering. Disarankan untuk menghindari penggunaan alat-alat itu secara berlebihan. Selain itu, hindari juga keramas yang terlalu sering dan menyisir rambut dalam keadaan yang masih basah.

Memenuhi asupan nutrisi untuk rambut

Beberapa nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi seperti protein, asam lemak, zat besi, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, omega-3, dan biotin. Makanan yang berbahan dasar nutrisi tersebut dapat menyuburkan dan menjaga kekuatan rambut. Contoh bahan makanan yang mengandung nutrisi ini adalah daging, telur, kacang kedelai, susu, dan ikan.

Mengonsumsi serat juga sangat berperan penting untuk menjaga kekuatan akar rambut, seperti buah-buahan dan sayur. Selain itu, gandum utuh dan daging tanpa lemak juga bagus untuk dikonsumsi.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Cara untuk mencegah kerontokan lainnya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun hal ini tentunya harus dengan resep dokter guna meminimalisir efek sampingnya.

Meredakan stres

Kebotakan rambut dapat disebabkan oleh stres karena stres dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh sehingga dapat memengaruhi hormon. Selain stres, gangguan psikologi seperti depresi juga dapat memicu kebotakan rambut. Untuk itu, dibutuhkan konseling dan psikiater ataupun psikolog.

Mengganti gaya rambut

Perlu anda ketahui bahwa gaya rambut juga dapat meminimalisir kerontokan, seperti dengan memotong pendek rambut yang biasanya panjang. Namun, hal ini harus dikonsultasikan lagi untuk menemukan gaya rambut yang dapat menyamarkan kebotakan atau membuat rambut kelihatan lebih tebal.

Menerapkan pola hidup sehat

Dan tips terakhir mencegah dan mengatasi rambut rontok dapat dilakukan dengan rutin berolahraga, meluangkan waktu untuk meditasi, serta tidur yang cukup.

Demikian informasi mengenai penyebab rambut sering rontok dan cara mengatasinya. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah serupa.

Example 120x600