Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
OlahragaSepakbola

Mengenal Sejarah Boxing Day Liga Inggris dan Pengertiannya

×

Mengenal Sejarah Boxing Day Liga Inggris dan Pengertiannya

Share this article
Boxing Day Liga Inggris

Apakah anda penasaran dengan apa itu dengan Boxing Day Liga Inggris yang identik dengan pertandingan Premier League tepat sehari setelah Natal. Maka anda tepat berada di artikel dimana kali ini kami akan membahas mengenai sejarah Boxing Day yang hanya diselenggarakan di liga inggris.

Bagi para fans dan pecinta sepakbola liga premier league atau liga inggris, laga boxing tentu bukan istilah asing lagi bukan? dimana ketika hampir semua liga top di dunia sedang memasuki masa liburan natal dan tahun baru, tetapi liga inggris mengusung konsep berbeda dengan istilah Boxing Day yang menghadirkan pertandingan liga sehari setelah Natal.

Example 300x600

Laga Boxing Day sendiri tidak dilakukan di berbagai liga populer eropa lainnya seperti liga italia, liga spanyol, liga jerman, dan liga lainnya.

Agar anda bisa memahami asal mula laga boxing dan juga sejarah yang mengawalinya, maka anda bisa menyimak informasinya dibawah ini.

Sejarah Boxing Day Liga Inggris

Boxing Day Liga Inggris

Sekedar informasi Boxing Day Liga Inggris adalah pertandingan yang digelar pada 26 Desember atau satu hari setelah Natal. Jika di lihat dari arti kata, “boxing” sendiri bermakna tinju atau baku hantam akan tetapi tentu hal tersebut tidak diperbolehkan dalam pertandingan sepakbola, dan Boxing Day sama sekali tidak ada hubungannya dengan olahraga tinju atau tindak kekerasan lainnya.

Perlu anda ketahui alasan boxing day jatuh pada setiap tanggal 26 Desember dimana pada hari tersebut diperingati sebagai hari libur nasional di kawasan Inggris Raya sejak 1871 silam. Pada era Victoria (1837-1901), Boxing Day dimaknai sebagai hari libur bagi para pelayan kerajaan yang harus tetap bekerja saat Natal (25 Desember).

Pada hari dan tanggal 26 Desember, terdapat tradisi para bangsawan yang membagikan kado Natal dalam kotak atau box yang berisi hadiah, uang, atau makanan sisa malam Natal. Tidak hanya kado yang berisi hadiah, para pelayan tersebut juga diberi jatah hari libur. Kado Natal itu merupakan bentuk terima kasih kepada pelayan yang telah bekerja secara baik selama setahun.

Hingga akhirnya, hari pemberian kotak Natal alias Boxing Day juga dirayakan oleh masyarakat umum dan dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga. Boxing Day itu pun kerap disebut juga dengan istilah Hari Natal Bagian II.

Sebenarnya boxing day tidak hanya untuk pertandingan liga inggris dimana boxing day juga diisi berbagai kompetisi olahraga di Inggris Raya dan negara Persemakmuran lainnya seperti pacuan kuda serta kriket yang dipertandingkan pada 26 Desember.

Namun, karena sepakbola dan liga inggris menjadi cabang olahraga terpopuler didunia beserta salah satu liga terbesar di dunia, maka Boxing Day diidentikkan dengan sepak bola.

Fakta Menarik Boxing Day Liga Inggris

Berikut 7 fakta menarik seputar Boxing Day yang kami kutip dari berbagai sumber.

  1. Boxing Day digelar sehari setelah Natal, tepatnya pada 26 Desember. Jauh sebelum Premier League digelar, masyarakat Inggris sudah mengenal istilah Boxing Day. Tradisi ini diperkenalkan pada abad ke-19, saat pemerintahan Ratu Victoria.
  2. Tradisi Boxing Day dirayakan dengan cara berkumpul bersama keluarga, teman, bertukar kado atau, bahkan bersama-sama menyaksikan pertandingan sepakbola. Klub-klub bertekad memberikan kado berupa kemenangan kepada para pendukung mereka.
  3. Perayaan ini menghargai yang tetap bekerja di hari Natal. Setelah itu, esok harinya mereka mendapatkan hari libur dan menerima berbagai macam hadiah dalam bentuk kotak kado (boxes) dari para majikan. Dari sinilah, awal mula muncul istilah Boxing Day.
  4. Pertandingan Boxing Day digelar antara tim satu kota, atau tim berbeda kota yang jaraknya tidak berjauhan. Ini untuk memudahkan para penggemar klub mendatangi stadion, untuk menyaksikan tim kesayangannya bertanding.
  5. Boxing Day terproduktif terjadi pada 1963. Saat itu, 66 gol tercipta di kasta teratas Inggris, skor-skor besar tercipta saat itu. Burnley menang 6-1 atas Manchester United, Fulham menghajar Ipswich Town 10-1, West Ham dikalahkan Blackburn Rovers 2-8, Chelsea menghajar Blackpool 5-1, Liverpool menggasak Stoke City 6-1.
  6. Manchester United memiliki rekor apik di Boxing Day. Sejak tradisi ini dimulai pada 1888, Setan Merah menjalani 97 laga di Boxing Day. Hasilnya, 52 kemenangan, 18 imbang dan hanya 27 kali kalah dengan total poin 174. MU mencetak 198 gol dan kebobolan 140 gol.
  7. Gol terbanyak yang terjadi saat Boxing Day terjadi saat Tranmere Rovers menghajar Oldham 13-4 pada 1935. Namun, Oldham sukses meraih kemenangan terbesar di periode ini, 27 tahun kemudian. Mereka menggasak Southport 11-0 pada 1962.

Demikian informasi mengenai apa itu dengan Boxing Day Liga Inggris dan sejarahnya yang penting untuk anda ketahui. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600