Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Cara Merawat Baterai Mobil Listrik agar Tahan Lama

×

Cara Merawat Baterai Mobil Listrik agar Tahan Lama

Share this article
Cara Merawat Baterai Mobil Listrik agar Tahan Lama

Bagi anda pemilik mobil listrik, maka penting bagi anda mengetahui cara merawat baterai mobil listrik yang merupakan komponen utama penggerak mobil ini. Maka dari itu, kali ini kami akan membagikan cara merawat baterai mobil listrik agar tahan lama yang akan kami bagikan kali ini.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana saat ini mobil listrik menjadi salah satu jenis mobil yang menjadi pesaing mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak. Sesuai dengan namanya, mobil listrik ini menggunakan tenaga listrik sebagai penggerak kendaraan sehingga tidak heran apabila mobil listrik disebut lebih ramah lingkungan dan menjadi proyeksi mobil di masa depan nanti.

Example 300x600

Mengapa dikatakan mobil listrik sebagai mobil yang ramah lingkungan? sebab seperti yang kami sebutkan diatas, dimana energi mobil listrik berasal dari listrik dan tidak menggunakan bahan bakar minyak sehingga tidak menghasilkan zat buang yang menjadi penyebab polusi udara seperti halnya mobil berbahan bakar minyak.

Maka tidak mengherankan banyak negara yang menggenjot penggunaaan mobil listrik sebagai sarana transportasi maupun untuk masyrakatnya termasuk di Indonesia.

Walaupun mobil listrik memberikan berbagai keuntungan tetapi penggunaan mobil listrik membawa “ketakutan” bagi banyak orang yang masih awam mengenai teknologi mobil listrik dimana banyak orang yang mempertanyakan mengenai daya tahan baterai mengingat baterai merupakan komponen utama dan paling mahal yang paling rentan pada mobil listrik.

Maka dari itu pentingnya mengetahui cara merawat baterai mobil listrik agar tahan lama dan awet. Dan oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan beberapa tipsnya yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Merawat Baterai Mobil Listrik

Cara Merawat Baterai Mobil Listrik agar Tahan Lama

Jaga kapasitas baterai di rentang 20 hingga 80 persen

Hal ini sama seperti merawat baterai pada HP anda. Sebisa mungkin jangan gunakan mobil hingga baterainya mencapai di bawah 20 persen. Kemudian ketika mengisi dayanya, atur batas maksimal pada 80 persen saja.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi Battery Cycle dari baterai. Semakin kecil Battery Cycle-nya, semakin daya tahan suatu baterai.

Hindari penggunaan fast charging secara terus-menerus

Penggunaan fast charging memang sangat praktis, tetapi jika dilakukan secara terus-menerus dapat mengurangi daya tahan baterai. Sebaiknya gunakan fast charging hanya untuk perjalanan jauh atau saat Anda membutuhkannya secara mendesak.

Rajin cek tekanan ban

Tekanan ban yang sesuai dapat meningkatkan efisiensi penggunaan baterai. Sebaiknya cek tekanan ban mobil Anda secara rutin, misalnya dua minggu sekali.

Parkir di tempat yang teduh

Performa baterai mobil listrik yang terekspos suhu panas akan berkurang. Hal ini dikarenakan sistem termal pada unit baterai kendaraan akan bekerja lebih keras untuk menjaga kestabilan suhunya. Akibatnya, daya dan kapasitas baterai kendaraan listrik Anda akan lebih cepat habis.

Untuk mencegah dampak negatif tersebut, pastikan anda mencari tempat parkir yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Jadi sebaiknya anda memarkir mobil anda di gedung parkir atau basement. Apabila tidak memungkinkan, anda dapat memarkir kendaraan di luar ruangan. Namun, pastikan lokasi yang dipilih terlindungi oleh pohon atau atap.

Memilih waktu yang pas untuk isi baterai

Supaya baterai mobil listrik anda bertahan lebih lama, jangan biarkan persentase dayanya turun hingga kurang dari 20 persen. Hal ini akan menyebabkan penurunan tegangan daya yang berpotensi mengurangi kapasitas serta usia baterai. Akan tetapi, bukan berarti anda harus mengisi ulang daya kendaraan listrik setiap saat.

Adapun waktu yang ideal untuk mengisi ulang baterai mobil listrik adalah setiap dua hari sekali. Rentang waktu ini akan mencegah penurunan tegangan energi dan kapasitas baterai yang disebabkan oleh overcharging. Dengan demikian, baterai anda akan lebih awet.

Demikian informasi mengenai cara merawat baterai mobil listrik agar tahan lama dan awet untuk menjadi referensi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600