Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

5 Tips Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat di Perjalanan

×

5 Tips Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat di Perjalanan

Share this article
Tips Mengatasi Kaca Mobil Berembun

Kaca mobil yang berembun pastinya akan sangat mengganggu pandangan saat berkendara, baik itu siang maupun pada malam hari. Dan oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi kaca mobil berembun saat di perjalanan.

Masalah kaca mobil yang berembung kerap kali dialami para pemiliki mobil pada kondisi cuaca yang hujan dan dingin dimana munculnya embun pada kaca mobil juga bisa terjadi karena kabin mobil yang lembab karena banyaknya partikel air yang terkena hawa dingin dari AC mobil.

Example 300x600

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab kaca mobil berembun yang penting untuk anda ketahui.

Penyebab Kaca Mobil Berembun Saat di Perjalanan

Tips Mengatasi Kaca Mobil Berembun

AC Mobil

AC mobil juga menjadi salah satu hal yang menyebabkan munculnya embun pada kaca mobil. Seperti yang kami sebutkan diatas dimana salah satu penyebab kaca mobil yang lembab karena AC mobil menciptakan partikel air yang disebabkan karena hawa dingin dari AC mobil.

Selain itu, ketika anda melakukan perjalanan pada dataran tinggi atau pegunungan yang memiliki udara yang dingin dengan menyalakan AC mobil, maka hal tersebut akan membuat kaca mobil menjadi berembun.

Pada pagi hari ataupun saat hujan turun bisa juga membuat kelembaban udara di luar mobil akan lebih tinggi dan mengakibatkan munculnya embun pada kaca mobil.

Perbedaan Suhu di Dalam Mobil

Salah satu penyebab kaca mobil berembun yaitu karena adanya perbedaan suhu dari luar mobil dan juga dalam mobil. Perbedaan suhu tersebut merupakan proses alami dan normal ketika terjadi. Proses dari terbentuknya embun sendiri disebut dengan kondensasi.

Kondensasi terjadi ketika udara yang lebih panas tertahan oleh sebuah konduktor dengan suhu yang lebih dingin. Kaca mobil dikatakan sebagai konduktor yang dapat menghantarkan panas.

Ketika suhu di luar mobil lebih panas dibandingkan suhu di dalam mobil, maka suhu kaca mobil akan memisahkan dua ruang tersebut. Jika kelembaban di bagian luar kaca mobil lebih tinggi, maka kandungan air pada udara panas akan berubah menjadi embun yang akan menempel pada kaca di bagian luar kaca mobil.

Proses Terbentuknya Embun

Embun pada kaca mobil terbentuk karena adanya proses kondensasi. Ketika hujan turun, udara di dalam mobil akan mengikuti udara di luar mobil yang memiliki kelembaban udara tinggi. Karena saat mobil berjalan, penumpang yang ada di dalam mobil juga akan menghasilkan embun nafas yang juga mengandung uap air dan akan bertemu dengan tekanan udara dari dalam mobil.

Uap air yang berjumlah banyak dari dalam mobil lama kelamaan akan lebih banyak dan tidak dapat tertampung, baik oleh tubuh maupun udara dari dalam mobil. Maka dari itu, uap air akan otomatis mencari lokasi yang lebih dingin. Dan ruang yang lebih dekat yaitu kaca mobil sehingga terjadilah kondensasi pada kaca mobil.

Tips Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat di Perjalanan

Dengan pandangan yang menjadi kabur akibat embun di kaca, pastinya akan sangat mengganggu visibilitas pengemudi dan bisa membahayakan keselamatan dalam berkendara dan juga bisa berbahaya untuk pengendara lain.

Maka dari itu penting bagi anda mengetahui tips mengatasi kaca mobil berembun saat anda sedang dalam perjalanan sehingga embun di kaca mobil anda tidak menghalangi pandangan anda yang bisa anda simak sebagai berikut.

Turunkan Temperatur pada Kabin Mobil

Tips pertama cara untuk mengatasi kaca mobil yang berembun yaitu dengan menurunkan temperatur AC pada kabin mobil. Embun yang timbul pada kaca pada umumnya disebabkan karena perbedaan suhu dari luar dan dalam mobil sehingga dengan menurunkan temperatur AC mobil akan membuat suhu dari dalam dan luar mobil lebih seimbang.

Memanfaatkan Fitur Defrost/Defogger

Anda juga dapat memanfaatkan fitur defort atau defogger untuk mengatasi kaca yang berembun. Fitur ini berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Ventilasi pada defort sendiri pada umumnya terletak pada kedua sisi paling ujung pada bagian dashboard mobil.

Resirkulasi Udara

Anda dapat melakukan resirkulasi udara untuk mengatasi embun pada kaca mobil. Anda dapat menekan tombol resirkulasi dan mobil akan melakukan pertukaran udara dari luar mobil dan menyalurkannya ke dalam mobil tanpa mengubah temperatur AC. Dengan begitu maka tidak akan terjadi perbedaan temperatur yang menyebabkan terbentuknya embun pada kaca mobil.

Menyalakan AC dan Wiper

Embun pada kaca mobil tidak hanya terbentuk karena temperatur udara di luar mobil lebih dingin, namun bisa saja berlaku sebaliknya. Udara dari luar yang panas dan temperatur mobil yang lebih dingin akan memungkinkan embun terbentuk pada kaca mobil. Untuk menghindarinya, anda dapat mengurangi temperatur AC mobil atau menggunakan wiper untuk menyeka embun pada kaca mobil.

Membuka Jendela Mobil

Dan terakhir anda juga bisa mengatasi kaca mobil berembun tanpa ac yakni dengan membuka jendela mobil dimana cara ini merupakan cara paling cepat untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Setelah embun pada kaca mobil hilang, anda bisa kembali menutup jendela agar udara AC terasa dingin. Hal tersebut dapat anda lakukan ketika sedang melewati jalanan pada dataran tinggi.

Demikian informasi mengenai tips mengatasi kaca mobil berembun saat sedang dalam perjalanan yang penting untuk anda ketahui. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600