Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Tips Efektif Cara Menghitamkan Ban Mobil agar Tetap Mengkilap

×

Tips Efektif Cara Menghitamkan Ban Mobil agar Tetap Mengkilap

Share this article
Tips Efektif Cara Menghitamkan Ban Mobil agar Tetap Mengkilap

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara efektif menghitamkan ban mobil agar tetap mengkilap dan membuat penampilan mobil anda selalu kelihatan bersih dan menarik.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana ban mobil bisa memberikan efek yang lumayan berpengaruh pada penampilan mobil dimana keempat ban mobil terlihat sangat menonjol dalam segi warna ban maupun velg yang digunakan.

Example 300x600

Berbahan dasar karet dan berwarna hitam, maka ban bisa dengan mudah kotor terkena jalan yang kotor karena fungsinya sebagai roda yang berputar di jalan untuk memungkinkan mobil bisa berjalan.

Memiliki bank mobil yang hitam mengkilap pastinya menjadi keinginan setiap pemilik mobil dimana dengan begitu,mobil pun akan tampak semakin gagah dan estetik. Dan oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan tips efektif cara menghitam ban mobil agar tetap mengkilap yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Efektif Cara Menghitamkan Ban Mobil

Tips Efektif Cara Menghitamkan Ban Mobil agar Tetap Mengkilap

Pakai semir ban

Cara pertama dan paling umum dilakukan adalah dengan menggunakan semir. Semir ban yang bisa dipakai adalah berbentuk cair dan mudah ditemukan di pasaran. Semir ini terbuat dari bahan silikon cair sehingga bisa membuat ban menjadi lebih hitam dan mengkilap.

Namun, pemakaian semir ban dalam jangka panjang dapat berpengaruh pada elastisitas. Sebagai gantinya, terdapat semir ban cair dari bahan non-silikon atau unsure wax. Dari segi hasil, semir dari bahan wax ini tidak sebagus semir silikon, namun tidak berpengaruh pada performa ban.

Manfaatkan pasta gigi

Cara menghitamkan ban selanjutnya adalah dengan memanfaatkan pasta gigi. Bahan ini mudah ditemukan dan memang memiliki manfaat cukup beragam, terutama membersihkan berbagai kotoran.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci bersih ban dan biarkan hingga kering. Lalu, tuang pasta gigi pada sikat dan oleskan pada permukaan ban. Setelah mengoleskan pasta gigi secara menyeluruh, bersihkan ban menggunakan lap.

Gunakan silikon cair

Tidak hanya semir ban, anda juga dapat menggunakan cairan silikon secara langsung. Pemakaian silikon cair ini dapat menampilkan kesan warna hitam yang lebih bagus pada ban kendaraan.

Dalam penggunaannya, campurkan silikon cair dengan bahan lain, yakni terpentin. Perbandingan komposisi antara silikon cair dengan terpentin adalah sekitar 70 banding 30. Sebelum menggunakan bahan-bahan ini, pastikan ban kendaraan sudah dicuci bersih dan dalam keadaan kering.

Gunakan campuran cat kayu dan bensin

Cara menghitamkan ban mobil lainnya bisa menggunakan campuran cat kayu warna hitam dan bensin yang ditambah dengan cairan pengkilap. Untuk mendapatkan cairan pengkilap, anda bisa membelinya di toko peralatan kulit.

Setelah itu, campurkan ketiga bahan tersebut dengan komposisi yang tepat. Komposisi yang dianjurkan adalah bensin, cat, dan cairan pengkilap dengan 3 banding 1 banding 1. Oleskan campuran ini setelah ban dibersihkan dengan air dan dibiarkan kering.

Menggunakan teh manis kemasan

Bahan lain yang bisa dipergunakan untuk menghitamkan ban adalah teh manis kemasan. Cara menghitamkan ban mobil seperti baru dengan bahan ini, cukup tuangkan teh ke dalam wadah dan gunakan kuas sebagai media untuk menyemir ban.

Pastikan untuk menyemir ban dengan teh manis secara merata. Hasil yang didapat dari menggunakan bahan satu ini memang tidak terlalu hitam, namun setidaknya menjadikan ban terlihat mengkilap atau wet look.

Pakai minyak goreng

Minyak goreng bisa menjadi solusi termurah untuk menghitamkan ban motor dengan praktis dan mudah. Jika mau, anda juga bisa memanfaatkan minyak bekas yang telah dipakai untuk menggoreng.

Caranya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan minyak goreng pada permukaan ban memakai spons atau lap kering. Untuk lebih efektif, minyak goreng bisa dicampurkan dengan sampo dan air.

Manfaatkan minuman bersoda

Solusi praktis dan mudah untuk menghitamkan permukaan ban adalah dengan memanfaatkan minuman bersoda. Pertama, anda perlu membersihkan ban terlebih dahulu dan tunggu hingga kering.

Setelah itu, oleskan minuman bersoda pada permukaan ban. Biarkan soda tersebut kering terlebih dahulu agar proses pengkilapannya lebih maksimal. Dengan menggunakan bahan ini, dipastikan akan efektif menghitamkan dan mengkilapkan ban dengan cepat.

Gunakan baking soda

Cara menghitamkan ban mobil dengan mudah lainnya adalah menggunakan baking soda. Cukup campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. Selanjutnya, kamu bisa langsung mengoleskan pasta tersebut pada permukaan ban dan tunggu hingga kering.

Apabila pasta yang dioleskan ini sudah mengering, anda dapat membersihkannya. Proses pembersihan pun sangat mudah, yakni dengan menggunakan air biasa. Dijamin, cara ini akan membuat permukaan ban terlihat lebih hitam dan jauh dari kesan kusam.

Demikian informasi mengenai tips cara efektif menghitamkan ban mobil agar tetap mengkilap dan membuat mobil anda makin terlihat menarik. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600