Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Ini Penyebab Ban Belakang Motor Bunyi Yang Harus Anda Ketahui

×

Ini Penyebab Ban Belakang Motor Bunyi Yang Harus Anda Ketahui

Share this article
Penyebab Ban Belakang Motor Bunyi

Apakah anda merasa ban motor bagian belakang berbunyi, maka penting bagi anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan penyebab ban belakang motor bunyi yang harus anda ketahui.

Bunyi yang timbul dari ban belakang motor tidak bisa disepelekan sebab selain bisa mengganggu kenyamanan anda berkendara, hal ini juga bisa menjadi tanda adanya masalah yang perlu anda perhatikan pada motor kesayangan anda.

Example 300x600

Bahkan apabila kerusakannya cukup parah, kondisi ini bisa membahayakan keselamatan anda berkendara karena gangguan ban yang tidak berfungsi secara normal dijalan sebagaimana mestinya.

Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan penyebab ban belakang motor bunyi yang bisa anda simak sebagai berikut.

Penyebab Ban Belakang Motor Bunyi

Penyebab Ban Belakang Motor Bunyi

Ban Aus

Penyebab pertama ban motor berbunyi adalah karena ban yang aus dan bisa menjadikan motor anda menghasilkan bunyi aneh yang bisa dijelaskan sebagai “dengungan” atau “gemeretak”. Penyebab ban aus ini bisa terjadi akibat pemakaian ban dalam jangka waktu yang lama, atau karena ban digunakan dalam kondisi yang tidak sesuai.

Bearing yang Rusak

Bearing yang rusak pada roda belakang bisa membuat bunyi aneh pada motor anda. Ini adalah penyebab yang umum, dan perlu diperbaiki secepatnya untuk menghindari kerusakan lainnya pada mesin motor anda. Anda perlu memeriksanya ke langkahlah yang tepat.

Penyesuaian Rantai yang Tidak Tepat

Jika rantai tidak dipasang dengan benar atau ketatannya tidak teratur, bisa menghasilkan suara aneh pada ban belakang motor Anda. Penanganan yang tepat adalah dengan memeriksa ketegangan rantai, dan hanya melakukan penyesuaian oleh mekanik yang ahli.

Kualitas Bantalan Roda Buruk

Ketika bantalan roda tidak dipasang dengan benar, atau berada pada kondisi yang buruk, bisa menghasilkan suara aneh pada motor Anda. Penanganan yang tepat adalah dengan memperbaiki atau mengganti bantalan roda yang sudah rusak.

Keausan Pada Sprocket

Keausan pada sprocket bisa juga jadi alasan ban belakang motor Anda menghasilkan bunyi-bunyi aneh. Sprocket yang sudah aus bisa membuat rantai kehilangan tegangannya, dan itu akan menghasilkan bunyi-bunyi aneh.

Pemakaian Ban yang Salah

Pemilihan ban yang salah bisa juga menjadi penyebab ban belakang motor bunyi. Misalnya, jika Anda memasang ban yang tipe nya tidak sesuai dengan jenis motor yang Anda miliki, akan menghasilkan suara aneh pada ban belakang motor Anda.

Tekanan Angin Ban Kurang

Jika tekanan angin pada ban Anda terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa menghasilkan bunyi-bunyi aneh pada motor Anda. Cek terlebih dahulu tekanan angin pada ban Anda sebelum Anda menggunakan motor.

Cara Mengatasi Ban Belakang Motor Yang Bunyi

Setelah anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab ban belakang motor berbunyi, berikut kami bagikan cara mengatasi ban belakang motor yang berbunyi untuk anda simak dibawah ini.

Pilih Ban yang Tepat

Pastikan anda memilih ban yang tepat dan sesuai dengan jenis motor yang anda miliki. Selalu pastikan untuk memeriksa jenis dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh pabrikan motor anda.

Perawatan Rutin

Lakukan perawatan rutin pada motor anda dan periksa selalu keadaan ban motor anda. Lakukan pergantian ban teratur sesuai dengan kondisi ban belakang motor anda.

Perbaiki Rantai

Pastikan rantai sudah dipasang dengan benar dan ketatannya teratur. Jika tidak yakin tentang pemasangan rantai, selalu bawa ke mekanik yang ahli.

Pemeriksaan Bantalan Roda

Selalu pastikan bantalan roda dalam kondisi yang baik. Deteksi kerusakan secepat mungkin, dan perbaiki jika ada masalah pada bantalan roda tersebut.

Perbaiki Tekanan Angin Pada Ban

Periksa terlebih dahulu tekanan pada ban motor anda sebelum pemakaian dan pastikan selalu dalam kondisi yang sesuai.

Pergantian Sprocket

Sprocket yang telah aus perlu diganti untuk menghindari kerusakan yang lebih serius.

Demikian informasi mengenai penyebab ban belakang motor bunyi yang harus anda ketahui. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600