Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

3 Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit Dan Solusi Cara Memperbaiki

×

3 Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit Dan Solusi Cara Memperbaiki

Share this article
3 Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit Dan Solusi Cara Memperbaiki

Jika anda merasa rem motor anda terasa berbunyi atau lebih tepatnya berdecit ketika menekan rem yang mana hal tersebut pastinya sangat mengganggu bukan? Maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan penyebab rem motor berbunyi berdecit serta solusi cara memperbaikinya.

Bagi anda yang merasakan kondisi dimana rem motor berbunyi berdecit maka hal tersebut bisa dipastikan mengindikasikan adanya potensi kerusakan pada kendaraan anda dan sebaiknya anda atasi segera agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Selain itu, bunyi rem yang berdecit pun bisa mengganggu kenyamanan anda berkendara, bahkan orang-orang disekitar anda apabila bunyinya cukup keras.

Example 300x600

Namun sebelum memperbaikinya, tentunya anda harus mengetahui apa saja penyebab rem motor berbunyi berdecit. Dan dengan mengetahui penyebabnya, maka anda pun bisa memperbaiki atau meminta saran kepada ahlinya. Berikut apa saja yang menjadi penyebab rem motor bunyi berdecit dan solusi cara memperbaikinya sebagai berikut.

Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit Dan Solusinya

3 Penyebab Rem Motor Bunyi Berdecit Dan Solusi Cara Memperbaiki

Menipisnya kampas rem

Perlu anda ketahui dimana 70% kampas rem itu terbuat dari serat kasar, dan sisanya adalah aluminium. Jika sudah terlalu lama digunakan, lalu anda belum juga mengganti kampas rem maka seratnya akan menipis dan bisa habis.

Gesekan antara aluminium dengan piringan berbahan stainless tersebutlah yang membuat munculnya bunyi berdecit seperti suara tikus. Tidak hanya itu, penipisan serat kasar pada kampas rem juga membuat pengereman motor menjadi berkurang. Sehingga sangat berbahaya jika disepelekan.

Makanya, anda harus rutin mengganti kampas rem, idealnya adalah sejauh 20.000 mil atau sekitar 32.000 km. Namun disesuaikan kembali dengan gaya berkendara dan penggunaannya. Hal ini terjadi karena semakin sering atau keras menginjak pedal rem, maka semakin pendek juga waktu anda untuk mengganti kampas rem.

Kampas rem berdebu

Penyebab paling umum selanjutnya adalah karena kampas rem motor anda kotor atau berdebu. Gesekan antara debu pada kampas dengan piringan yang berbahan stainless bisa menyebabkan munculnya bunyi decitan saat melakukan pengereman.

Biasanya debu-debu tersebut masuk ke dalam kampas rem saat anda baru saja melewati jalanan yang berpasir atau setelah melewati genangan air.

Solusinya adalah dengan membuka bagian kampas rem yang berdecit, lalu bersihkan dengan cara di amplas. Tuangkan sedikit air bersih pada bagian kampas, lalu gosok secara perlahan dan jangan terlalu lama, karena dapat mengurangi kepakeman rem.

Piringan/Disc Brake sudah berkarat

Penyebab umum terakhir adalah karena disc brake-nya sudah berkarat. Selain karena terkena air hujan, karat pada piringan rem motor ini bisa muncul ketika kondisi cakram rem kotor atau lembab.

Apabila sudah berkarat berarti piringan tersebut sudah terlalu lama dan harus diganti. Segera bawa motor anda ke bengkel terdekat, untuk membeli piringan rem demi rasa berkendara yang lebih nyaman dan aman.

Jika sudah mencoba semua cara di atas, tapi bunyi berdecit masih muncul. Maka solusi terakhir adalah dengan mengganti semua part pengereman pada motor. Jangan merasa rugi karena harus mengeluarkan biaya lebih. Ingat, keamanan dan kenyamanan itu nomor satu saat berkendara.

Demikian informasi mengenai penyebab rem motor berbunyi berdecit serta solusi cara memperbaikinya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600