Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Cara Mengatasi Motor Boros Bensin dan Penyebabnya

×

Cara Mengatasi Motor Boros Bensin dan Penyebabnya

Share this article
Cara Mengatasi Motor Boros Bensin

Apakah anda merasa motor anda boros bensin atau bahan bakar dibandingkan saat keadaaan biasa? maka begini cara mengatasi motor boros bensin dan penyebabnya yang penting anda ketahui.

Pastinya motor yang boros bensin seringkali menjadi masalah bagi pemiliknya dimana selain bisa membuat anggaran bahan bakar semakin membengkak, tapi juga akan menyebabkan kekuatiran pemilik motor tentang apa yang membuat motor kesayangan menjadi terasa lebih boros mengkonsumsi bahan bakar.

Example 300x600

Maka dari itu apabila anda pemilik kendaraan yang mendapati hal yang sama, maka penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dan cara mengatasi motor boros bensin.

Lalu apa saja penyebab motor boros bensin? simak penjelasannya sebagai berikut.

Penyebab Motor Boros Bensin

Cara Mengatasi Motor Boros Bensin

Busi Lemah

Busi berfungsi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar. Jika busi lemah, maka pembakaran akan menjadi tidak sempurna. Hal ini dapat menyebabkan motor menjadi boros bensin.

Filter Udara Kotor

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Jika filter udara kotor, maka udara yang masuk ke ruang bakar akan berkurang, sehingga campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak ideal. Hal ini dapat menyebabkan motor menjadi boros bensin.

Tekanan Ban Kurang

Tekanan ban yang kurang dapat menyebabkan gesekan antara ban dan jalan menjadi lebih besar. Hal ini dapat menyebabkan motor menjadi boros bensin.

Masalah Pada Mesin

Masalah pada mesin, seperti kompresi mesin yang rendah, kebocoran kompresi, atau masalah pada sistem injeksi bahan bakar, dapat menyebabkan motor menjadi boros bensin.

Gaya Berkendara yang Agresif

Gaya berkendara yang agresif, seperti sering melakukan akselerasi tiba-tiba, pengereman yang terlalu kasar, atau kecepatan yang terlalu tinggi, dapat menyebabkan motor menjadi boros bensin.

Cara Mengatasi Motor Boros Bensin

Setelah mengetahui apa saja yang menyebab motor boros bensin, maka berikut kami bagikan cara mengatasi motor boros bensin untuk anda terapkan sebagai berikut.

Komponen yang perlu diperiksa meliputi sebagai berikut.

  • Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara ke ruang bakar, sehingga campuran udara dan bensin menjadi tidak ideal.
  • Busi yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna.
  • Sistem injeksi bahan bakar yang bermasalah dapat menyebabkan bensin terbuang percuma.
  • Rantai atau belt CVT yang kendur atau aus dapat menyebabkan tarikan mesin menjadi berat.

Periksa dan Perbaiki Komponen Mesin yang Bermasalah

Penyebab utama motor boros bensin adalah adanya masalah pada komponen mesin. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan memperbaiki komponen mesin yang bermasalah.

Gunakan Oli Mesin yang Sesuai

Oli mesin yang tidak sesuai dapat menyebabkan gesekan antar komponen mesin meningkat, sehingga konsumsi bensin menjadi lebih boros. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi mesin.

Perhatikan Gaya Berkendara

Gaya berkendara yang agresif dapat menyebabkan konsumsi bensin menjadi lebih boros. Pastikan untuk berkendara dengan santai dan menghindari akselerasi dan pengereman yang tiba-tiba.

Perhatikan Tekanan Ban

Tekanan ban yang tidak sesuai dapat menyebabkan tarikan mesin menjadi berat, sehingga konsumsi bensin menjadi lebih boros. Pastikan untuk memeriksa tekanan ban secara rutin dan sesuaikan dengan rekomendasi pabrik.

Periksa dan Bersihkan Karburator atau Sistem Injeksi Bahan Bakar

Karburator atau sistem injeksi bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan campuran udara dan bensin menjadi tidak ideal. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dan membersihkan karburator atau sistem injeksi bahan bakar secara rutin.

Lakukan Servis Berkala

Dan rekomendasi terakhir adalah dengan melakukan servis berkala yang dapat membantu menjaga kondisi mesin tetap prima dan mencegah terjadinya masalah yang dapat menyebabkan konsumsi bensin menjadi lebih boros. Oleh karena itu, penting untuk melakukan servis berkala sesuai rekomendasi pabrik.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi motor boros bensin dan penyebabnya yang bisa menjadi rekomendasi anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600