Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Ini Penyebab Setir Mobil Berat ke Kanan dan Cara Mengatasinya

×

Ini Penyebab Setir Mobil Berat ke Kanan dan Cara Mengatasinya

Share this article
Penyebab Setir Mobil Berat ke Kanan

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan penyebab setir mobil berat ke kanan serta cara mengatasinya bagi anda yang mengalami kondisi pada mobil kesayangan anda.

Ketika anda merasakan setir mobil berat ke kanan saat berkendara pastinya akan membuat anda tidak nyaman dalam berkendara bukan? tidak hanya itu, hal ini juga bisa sangat berbahaya bagi keselamatan berkendara anda.

Example 300x600

Kondisi ini pada umumnya ditandai dengan setir mobil yang terasa berat atau cenderung berbelok ke kanan tanpa disengaja yang mana hal ini bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti dari masalah mekanis hingga keausan komponen tertentu pada mobil.

Selain itu penyebabnya bisa juga terjadi karena adanya ketidakseimbangan tekanan udara pada ban. Ban yang tidak seimbang dapat menyebabkan mobil cenderung berbelok ke arah yang memiliki tekanan udara yang lebih tinggi. Selain itu, masalah pada sistem suspensi atau kemudi, seperti tie rod yang aus atau komponen suspensi yang rusak, juga dapat menyebabkan setir mobil terasa berat atau tidak responsif.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab setir mobil berat ke kanan yang bisa anda simak dibawah ini.

Penyebab Setir Mobil Berat ke Kanan

Penyebab Setir Mobil Berat ke Kanan

Permasalahan Ban

Penyebab umum setir mobil berat ke kanan yang paling umum adalah kondini ini bisa jadi berkaitan dengan kendala pada ban mobil. Beberapa kendala yang mungkin muncul pada ban dan mengakibatkan setir terasa berat antara lain sebagai berikut.

Tekanan udara yang kurang pada ban dan menyebabkan kempes, sehingga menghasilkan gesekan berlebihan dan membuat setir terasa berat
Ban yang tidak sejajar, mungkin karena benturan atau sering melintasi jalan berlubang, dan membuat setir terasa berat ke arah tertentu.
Kendala seperti ban aus atau tidak seimbang juga bisa membuat setir mobil berat ke kanan.

Permasalahan Sistem Kemudi

Setir mobil berat ke kanan bisa disebabkan juga oleh masalah pada sistem kemudi. anda perlu memeriksa beberapa komponen pada sistem kemudi ini, yang terdiri dari sebagai berikut.

  • Kurangnya cairan power steering bisa membuat setir terasa berat dan sulit dikendalikan.
  • Kerusakan atau keausan pada rack and pinion juga dapat membuat setir mobil terasa berat ke kanan.
  • Jika roda mobil tidak sejajar, hal ini juga bisa membuat setir terasa berat ke arah tertentu.

Permasalahan Suspensi

Selain ban dan kemudi, masalah pada suspensi juga mungkin menjadi pemicu setir mobil berat ke kanan. Aspek-aspek yang perlu diperhatikan pada suspensi di antaranya sebagai berikut.

  • Shock absorber yang sudah aus atau bocor bisa membuat mobil tidak stabil dan menyebabkan setir terasa berat ke kanan.
  • Bagian-bagian per di suspensi yang mengalami keausan dapat menyebabkan setir mobil terasa berat ke kanan.
  • Masalah pada stabilizer bar juga bisa membuat ketidakstabilan mobil dan membuat setir terasa berat ke kanan.

Cara Mengatasi Setir Mobil Berat ke Kanan

Setelah anda mengetahui apa saja jadi penyebab setir mobil berat ke kanan, berikut kami bagikan beberapa cara mengatasi setir mobil berat ke kanan yang bisa anda simak dibawah ini.

Periksa Tekanan Ban

Hal pertama yang penting anda lakukan untuk mengatasi setir mobil berat ke kanan yaitu memeriksa tekanan angin pada ban. Pastikan untuk memeriksa setiap ban dan memastikan tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Apabila tekanan angin terlalu rendah, segera tambahkan hingga mencapai level yang tepat. Tekanan angin yang sesuai tidak hanya mendukung keseimbangan setir, tetapi juga memastikan efisiensi bahan bakar yang optimal serta keamanan selama berkendara.

Periksa Suspensi

Selanjutnya, fokus pada pemeriksaan kondisi suspensi mobil. Pastikan shock absorber, per di suspensi, dan stabilizer bar berada dalam kondisi baik. Shock absorber yang aus atau bocor dapat menyebabkan ketidakstabilan, sedangkan bagian per di suspensi yang kendur atau aus bisa menciptakan ketidakseimbangan.

Jika ditemukan masalah pada komponen-komponen tersebut, segera lakukan perbaikan atau penggantian untuk memastikan performa optimal dan kenyamanan selama berkendara. Anda bisa melakukan penggantian komponen penting ini di bengkel terdekat.

Periksa Sistem Kemudi

Dan terakhir, anda sebaiknya pastikan cairan power steering mencukupi dan dalam kondisi bersih untuk memastikan setir tidak terasa berat dan dapat dikendalikan dengan baik. Selain itu, periksa kondisi rack and pinion serta wheel alignment.

Rack and pinion yang aus atau bermasalah dapat memengaruhi respons setir, sedangkan wheel alignment yang tidak sesuai dapat menyebabkan setir terasa berat ke arah tertentu. Pemeliharaan rutin pada sistem kemudi sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

Demikian informasi mengenai penyebab setir mobil berat ke kanan serta cara mengatasinya. Penting juga agar melakukan perawatan dan pemeriksaan berkala menjadi tindakan penting untuk memastikan keseimbangan dan performa mobil yang optimal. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600