Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Tips Cara Membuat Lampu Mobil Lebih Terang Tanpa Ke Bengkel

×

Tips Cara Membuat Lampu Mobil Lebih Terang Tanpa Ke Bengkel

Share this article

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara membuat lampu mobil lebih terang tanpa ke bengkel yang bisa menjadi referensi anda.

Saat anda berkendara, khususnya di malam hari atau dalam kondisi cuaca buruk, pastinya penerangan lampu mobil merupakan hal paling krusial dan penting untuk memastikan keselamatan berkendara dimana penerangan lampu mobil harus maksimal alias terang agar bisa mendukung pandangan pengemudi dengan baik.

Example 300x600

Namun kerap kali masalah yang terjadi adalah lampu mobil tidak menjadi terang karena disebabkan beberapa faktor dan mengurangi visibilitas dan keamanan berkendara di saat malam hari atau saat cuaca buruk.

Adapun salah satu solusi tercepat adalah dengan memperbaikinya di bengkel. Tapi tahukah bahwa anda bisa memperbaiki lampu mobil anda menjadi lebih terang tanpa harus ke bengkel? Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara membuat lampu mobil lebih terang tanpa ke bengkel yang bisa anda simak dibawah ini.

Tips Cara Membuat Lampu Mobil Lebih Terang Tanpa Ke Bengkel

Gangguan pada sekring

Sekring yang mengalami gangguan dalam beberapa kasus dapat membuat lampu utama mobil menjadi redup atau bahkan mati. Untuk mengeceknya, lihat sekring yang tersambung dengan lampu dan pastikan apakah sekring tersebut mengalami gangguan atau tidak.

Kabel dan soket lampu yang longgar

Pada sistem kelistrikan ada banyak sekali kabel yang tersambung dan bisa saja menempel di bodi atau ground cable. Dampak yang didapatkan apabila ada kabel atau soket yang longgar bukan hanya tidak bisa menyala dengan terang, namun juga bisa memicu konsleting. Untuk mengetahui mana kabel dan soket yang longgar, anda harus mengeceknya satu per satu.

Memakai lampu yang tidak sesuai spesifikasi

Pertama, salah satu penyebab kenapa sorot lampu tidak bisa terang adalah karena kesalahan dalam memilih lampu. Selain redup, lampu yang tidak sesuai spesifikasi dapat mengakibatkan kerusakan seperti bohlam putus atau kabel lampu terbakar. Pastikan untuk memakai bohlam lampu yang sesuai dengan spesifikasi bawaan.

Kualitas bohlam menurun

Sama halnya dengan komponen mobil lain, bohlam lampu juga mempunyai batas pemakaian. Kandungan gas seperti halogen serta kawat pijar akan menurun kualitasnya seiring berjalannya waktu. Akibatnya, sorot lampu mobil menjadi kurang terang atau redup.

Relay lampu mengalami kerusakan

Masalah yang sering terjadi pada relay adalah kontak di dalam relay itu tidak kencang atau longgar. Saat kontak dalam relay renggang, maka arus listrik yang sampai ke lampu menjadi lebih sedikit sehingga menyebabkan sorot lampu menjadi redup. Untuk mengeceknya, kamu bisa menyentuh bagian atas relay lampu utama. Apabila terasa panas, itu menandakan bahwa ada masalah pada relay.

Kaca lampu mobil kusam

Kaca lampu atau mika lampu normalnya memiliki kondisi yang bening ketika mobil masih dalam kondisi baru. Namun kalau sudah melewati tiga tahun, kondisinya akan menjadi lebih kusam dan menyebabkan sinar yang dihasilkan lampu tidak terpancar keluar dengan sempurna.

Cara membuat lampu mobil lebih terang

Agar lampu mobil lebih terang, tentunya hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengganti komponen yang bermasalah, apabila masih tetap redup, anda bisa melakukan langkah selanjutnya sebagai berikut.

Bersihkan lampu

Membersihkan lampu perlu dilakukan untuk memastikan cahaya yang dihasilkan lampu benar-benar dapat dipantulkan dengan sempurna oleh reflektor tanpa gangguan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membersihkan lampu.

  • Pastikan reflektor bagian dalam batok lampu masih dalam kondisi baik.
  • Pastikan relay, kabel, saklar, dan sekring masih berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Pastikan mika bening pada batok lampu dalam kondisi yang bening, tidak retak, dan tidak ada baret.

Periksa sekring

Periksa secara cermat kondisi sekring terlebih dahulu. Apakah ada jalur kabel yang terkelupas, soket kendor, atau kabel lepas. Apabila kerusakan pada sekring masih bisa diatasi sendiri tanpa harus pergi ke bengkel, lilitkan dua serabut tembaga atau logam dari kabel ke terminal. Pasang kembali sekring headlamp dengan posisi yang benar, kemudian coba nyalakan lampu mobil.

Gunakan relay tambahan

Anda bisa menambah relay lampu mobil agar lebih terang apabila mengganti komponen yang rusak tidak memberikan efek apapun. Dengan memakai relay tambahan akan memungkinkan arus listrik dari aki mengalir langsung ke lampu tanpa berputar-putar mengikuti kabel lampu mobil. Caranya, hubungkan kabel dari baterai ke relay dan dari output relay bisa langsung dihubungkan ke soket lampu. Sementara kontrol relay tetap menjumper dari relay lampu asli di dalam fuse box.

Ganti dengan bohlam yang baru

Cara bikin lampu mobil lebih terang yang paling efektif adalah menggantinya dengan yang baru. Sebaiknya pilih bohlam yang sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh produsen mobil atau mengganti dengan watt yang sama. Bohlam yang tidak sesuai spesifikasi justru akan membuat lampu mobil menjadi semakin meredup meski kondisinya baru. Daya watt yang terlalu besar juga bisa menyebabkan kerusakan.

Upgrade ke lampu LED

Opsi yang bisa anda ambil untuk modifikasi lampu mobil lebih terang adalah menggunakan lampu LED. Untuk penerangan malam hari, LED memancarkan warna putih terang yang lebih dari lampu biasa. Lampu jenis ini sekitar lima kali lebih ringan dari lampu halogen, namun bisa jauh lebih baik dari segi kecerahan bohlam. Cara membuat lampu LED mobil lebih terang adalah dengan melakukan penyetelan ulang posisi lampu serta titik pencahayaan apabila digunakan sebagai lampu depan.

Tips memasang lampu mobil supaya lebih terang

Apabila keputusan anda akan mengganti lampu mobil, maka penting untuk melakukan dengan cara benar dan baik. Berikut tips memasang lampu mobil yang benar untuk anda simak dibawah ini.

Bersihkan area sekitar rumah lampu

Pertama, penting untuk membersihkan area di sekitar rumah lampu dengan tujuan agar debu-debu yang sebelumnya menempel tidak menimbulkan kerak pada sambungan kabel. Pembersihan ini juga untuk mengecek apakah ada kerusakan seperti retak yang bisa membuat lampu menjadi kurang terang.

Perhatikan daya dan tegangan lampu

Langkah ini perlu dilakukan untuk menjaga kondisi headlamp atau lampu depan terjaga dengan baik, terutama untuk yang menggunakan material plastik. Sebab, daya lampu yang cukup besar lama kelamaan akan membuat suhu pada headlamp menjadi meningkat dan berpotensi merusak reflektor.

Pilih warna yang sesuai

Selain pemilihan daya, pemilihan warna lampu juga harus menjadi perhatian. Ada tiga pilihan warna lampu mobil yang umum. Mulai dari bohlam berwarna putih, kuning, hingga putih kebiruan. Warna tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, penting memilih warna yang sesuai dengan kebutuhan agar tidak mengganggu pengendara lain.

Perhatikan suplai arus ke bohlam

Banyak pemilik mobil yang ingin memasang bohlam dengan daya besar agar lampu bisa lebih terang. Jika anda pun demikian, sebaiknya tahan keinginan tersebut. Sebab, suplai arus negatif ke bohlam merupakan penyebab utama menurunnya performa lampu depan. Penggunaan bohlam yang berdaya tinggi dapat berpotensi merusak reflektor dan mika lampu yang berbahan dasar plastik.

Demikian informasi mengenai tips cara membuat lampu mobil lebih terang tanpa ke bengkel yang penting untuk anda ketahui. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600