Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Penyebab Oli Rembes Sampai Menetes Hingga di Bawah Mesin Motor

×

Penyebab Oli Rembes Sampai Menetes Hingga di Bawah Mesin Motor

Share this article
Penyebab Oli Rembes Sampai Menetes

Apakah motor kesayangan anda memiliki oli yang merembes atau menetes dibawah mesin motor? maka penting untuk mengetahui penyebabnya. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan penyebab oli rembes sampai menetes hingga di bawah mesin motor.

Masalah kendaraan seperti oli yang rembes hingga menetes di bawah mesin motor merupakan masalah yang umum terjadi dan harus menjadi perhatian bagi para pemilik motor sebab masalah tersebut menjadi salah satu tanda adanya kerusakan pada motor dan harus segera diperbaiki.

Example 300x600

Oli yang bocor dibawah mesin pastinya tidak bisa dibiarkan begitu saja, sebab oli merupakan salah satu pelumas yang menjaga performa mesin motor dan apabila oli bocor hingga habis, maka hal tersebut bisa merusak performa mesin motor kesayangan anda bisa berakibat kerusakan yang lebih besar dan luas.

Lalu apa saja penyebab oli rembes sampai menetes hingga di bawah mesin motor? simak sebagai berikut.

Penyebab Oli Rembes Sampai Menetes Hingga di Bawah Mesin Motor

Penyebab Oli Rembes Sampai Menetes

Volume oli berlebihan

Dinding mesin motor biasanya terdapat informasi mengenai volume cairan pelumas. Dengan informasi itu, anda dapat mengetahui seberapa banyak kuantitas pelumas yang ada di dalam mesin kendaraan.

Apabila oli yang terisi dalam mesin berlebihan, tentu hal tersebut dapat menyebabkannya merembes sampai keluar. Alternatif lain, anda bisa menggunakan dipstick untuk mengetahui volume oli pada mesin. Tidak hanya berfungsi sebagai tutup lubang pengisian oli, perangkat ini juga bisa digunakan untuk melihat seberapa banyak kapasitas oli yang ada di dalamnya.

Seal rusak atau usia pakai habis

Seal yang sudah berada dalam kondisi tidak prima juga bisa menjadi penyebab bocornya oli pada motor. Ini bisa terjadi ketika komponen tersebut pecah atau mengalami keretakan karena usia pakainya yang sudah melampaui batas.

Komponen seal yang terbuat dari karet akan membuat teksturnya menjadi keras jika terpapar panas terus menerus. Hal ini yang kemudian menyebabkan komponen tersebut dapat retak sewaktu-waktu. Jika sudah demikian, solusi utamanya adalah melakukan penggantian pada komponen seal dengan yang baru.

Packing mesin sudah tua

Faktor lainnya yang juga umum menyebabkan oli motor merembes adalah disebabkan oleh packing mesin motor yang bocor. Hal ini bisa disebabkan karena usia pakai yang sudah cukup lama atau karena motor sudah tua. Oleh karena itu, jika motor dirasa sudah berusia cukup tua, segera cek kondisi berbagai macam komponen yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah packing mesin karena ia memiliki pernah yang cukup vital bagi kendaraan.

Apabila oli dibiarkan bocor atau merembes begitu saja, lama kelamaan kuantitas oli dalam motor akan berkurang bahkan habis. Hal tersebut tentu bakal menghambat kinerja mesin dan membuatnya tidak maksimal dalam bekerja.

Oli yang bocor juga dapat mengotori lantai atau jalanan yang anda lewati. Jika dalam jumlah besar, oli bocor ini juga akan berbahaya bagi pengendara lain karena dapat membuat permukaan jalan menjadi licin. Oleh sebab itu, perhatikan setiap komponen pada kendaraan anda dan segera perbaiki apabila terdapat masalah atau kerusakan dari faktor internalnya.

Demikian informasi mengenai penyebab oli rembes sampai menetes hingga di bawah mesin motor yang wajib anda ketahui apabila anda menemukan masalah ini pada motor kesayangan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600