Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

5 Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip Yang Penting Anda Ketahui

×

5 Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip Yang Penting Anda Ketahui

Share this article
Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip

Apakah lampu sein kendaraan anda tidak berkedip? agar tidak menimbulkan masalah keamanan ketika berkendara, maka penting untuk mengetahui penyebab lampu zein tidak berkedip agar anda mencari solusi dan cara memperbaikinya.

Sebagaiman yang kita ketahui bersama peran sein pada kendaraan sangat penting dalam keamanan berkendara dimana fungsi untuk memberikan sinyal kepada pengemudi lain atau pejalan kaki tentang niat pengemudi untuk berbelok atau berpindah jalur. Fungsi utama lampu sein adalah untuk meningkatkan keamanan lalu lintas dengan memberikan indikasi yang jelas tentang arah yang akan diambil oleh kendaraan. Ketika pengemudi ingin berbelok ke kanan atau kiri, maka wajib mengaktifkan lampu sein yang sesuai dengan arah yang diinginkan.

Example 300x600

Lampu sein yang tidak berkedip bisa menjadi masalah yang mengganggu dan bahkan berpotensi membahayakan keselamatan berkendara dimana ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab lampu sein tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan penyebab lampu zein tidak berkedip yang bisa anda simak sebagai berikut.

Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip

Penyebab Lampu Sein Tidak Berkedip

Soket Bermasalah

Pertama, soket sebagai tempat menaruh lampu dapat menjadi penyebab mengapa lampu sein tidak berkedip. Soket bisa saja kotor karena debu atau kotoran yang menempel di dalamnya. Jika tidak dibersihkan maka wajar saja lampu sein tidak berkedip.

Selain kotor, soket juga bisa rusak kalau pemakaiannya sudah melewati waktu yang dianjurkan. Terakhir, pemasangan soket yang longgar atau tidak sesuai tempatnya adalah penyebab utama mengapa lampu sein tidak berkedip.

Lampu Bohlam Putus

Lampu sein yang tidak berkedip juga bisa diakibatkan karena bohlam terputus. Ada dua alasan mengapa lampu bohlam dapat terputus yaitu penggunaannya tidak sesuai dan tegangan yang terlalu besar ataupun kecil.

Lampu bohlam yang dipasang dapat langsung putus apabila tidak sesuai dengan anjuran pabrikan Toyota. Selain itu lampu bohlam juga bisa rusak karena tidak mampu menahan arus listrik yang terlalu besar.

Namun di sisi lain, arus listrik yang terlalu kecil tidak akan membuat lampu sein berkedip. Itu sebabnya Anda tidak bisa menggunakan lampu bohlam sembarangan. Bawalah mobil ke bengkel agar lampu bohlam yang digunakan sesuai dengan yang dianjurkan.

Flasher Tidak Berfungsi

Flasher memiliki tugas untuk menyalurkan arus listrik ke lampu sein supaya dapat menyala dan berkedip. Setiap kali pengemudi menekan tuas sein maka sudah seharusnya lampu sein berkedip secara normal. Jika flasher rusak maka bisa dipastikan bahwa lampu sein juga tidak akan menyala dimana tidak ada arus listrik yang mencapai lampu sein.

Sistem Kelistrikan Bermasalah

Penyebab selanjutnya adalah masalah sistem kelistrikan yang bermasalah. Sistem kelistrikan dari mesin mobil memang memiliki peranan yang sangat penting. Hampir semua komponen mesin mobil mengandalkan komponen kelistrikan agar dapat berfungsi sempurna.

Sistem kelistrikan ini perlu tersambung dan bekerja dengan normal agar bagian-bagian lain tidak terdampak. Faktanya satu rangkaian saja yang rusak akan membuat berbagai komponen lain tidak bekerja optimal.

Aki Sudah Tidak Layak Pakai

Dan terakhir, aki bisa menjadi penyebab mengapa lampu sein tidak berkedip seperti yang seharusnya. Aki menjadi sumber utama bagi lampu sein dan beberapa komponen lain untuk dapat menyala serta berfungsi. Apabila aki tidak lagi memiliki tegangan yang diperlukan atau waktu pemakaiannya sudah habis maka lampu sein pasti tidak akan berkedip.

Demikian informasi mengenai penyebab lampu zein tidak berkedip yang penting untuk anda ketahui. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600