Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Cara Mengatasi Pintu Mobil Tidak Bisa Dibuka Dari Dalam Dan Penyebabnya

×

Cara Mengatasi Pintu Mobil Tidak Bisa Dibuka Dari Dalam Dan Penyebabnya

Share this article
Cara Mengatasi Pintu Mobil Tidak Bisa Dibuka

Apakah pintu mobil anda tidak terbuka dari dalam? maka jangan panik atau stres, sebab anda bisa menyimak cara mengatasi pintu mobil tidak bisa dibuka dari dalam dan juga penyebabnya.

Tidak bisa dipungkiri dimana pintu mobil yang tidak dibuka dari dalam pastinya bisa membuat penumpang atau pemilik kendaraan jadi panik, apabila bagi kaum wanita yang mudah shock atau terkejut karena berpikir bagaimana cara keluar dari mobil dari pintunya yang macet dan tidak bisa dibuka.

Example 300x600

Walaupun kondisi ini cukup menyebalkan tetapi anda harus tetap tenang dan mencari solusi cara mengatasi pintu mobil tidak bisa dibuka dari dalam.

Namun sebelum kita membahas cara mengatasi dan merawat pintu mobil yang macet dari dalam, maka penting bagi anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Apa saja itu? Simak sebagai berikut.

Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa Dibuka Dari Dalam

Cara Mengatasi Pintu Mobil Tidak Bisa Dibuka

Fitur Child Safety Lock Yang Masih Aktif

Fitur child safety lock adalah fitur keamanan yang dirancang untuk melindungi anak-anak dari risiko membuka pintu mobil saat kendaraan sedang bergerak. Fitur ini biasanya diaktifkan dengan memutar sebuah tombol atau switch yang terletak di sisi dalam pintu belakang mobil.

Saat fitur ini aktif, pintu belakang hanya bisa dibuka dari luar dan tidak bisa dibuka dari dalam. Ini tentu saja bisa menjadi masalah jika lupa untuk menonaktifkannya setelah selesai menggunakan mobil.

Jika pintu mobil anda tidak bisa dibuka dari dalam, coba periksa apakah fitur child safety lock ini masih aktif. Jika iya, bisa menon-aktifkannya dengan memutar tombol atau switch ke posisi off. Namun, ingatlah untuk mengaktifkannya kembali apabila anda memiliki anak kecil yang biasa duduk di kursi belakang.

Motor Penggerak Yang Berkarat

Motor penggerak adalah komponen penting dalam sistem pintu mobil. Fungsi utamanya adalah untuk menggerakkan mekanisme penguncian pintu saat menekan tombol lock atau unlock.

Apabila motor penggerak ini berkarat, bisa jadi pintu mobilmu menjadi sulit untuk dibuka dari dalam. Karat ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti kelembaban tinggi atau cipratan air yang masuk ke dalam pintu.

Apabila motor penggerak pintu mobilmu berkarat, solusinya adalah dengan membersihkan atau mengganti motor penggerak tersebut. Kamu bisa melakukan ini sendiri jika memiliki pengetahuan dan alat yang tepat, atau bisa membawanya ke bengkel untuk mendapatkan bantuan profesional.

Kotoran Pada Handle Mobil

Penyebab pintu mobil tidak bisa dibuka dari dalam selanjutnya karena ada kotoran di handle mobil. Handle mobil adalah komponen yang seringkali diabaikan dalam perawatan mobil. Padahal, handle mobil yang kotor atau lengket bisa menjadi penyebab masalah ini.

Kotoran, debu, atau residu lengket bisa membuat mekanisme handle menjadi seret dan sulit untuk digerakkan. Jika ini terjadi, anda perlu menggunakan tenaga ekstra untuk membuka pintu, atau dalam kasus yang parah, pintu mungkin sama sekali tidak bisa dibuka.

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa membersihkan handle mobil secara rutin dengan lap basah atau produk pembersih khusus. Pastikan untuk mengeringkannya setelah dibersihkan untuk mencegah karat.

Pintu Mobil Rusak Akibat Benturan

Pintu mobil yang pernah mengalami benturan keras bisa mengalami kerusakan pada struktur atau komponen internalnya. Hal ini membuat pintu menjadi sulit atau bahkan tidak bisa dibuka dari dalam.

Benturan ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti kecelakaan lalu lintas atau pintu yang terbentur saat parkir. Apabila pintu mobil anda rusak akibat benturan, solusinya adalah dengan memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak.

Ini adalah pekerjaan yang cukup besar dan mungkin memerlukan bantuan profesional. Jadi, sebaiknya bawa ke bengkel untuk diperbaiki.

Masalah Pada Kabel Penghubung

Kabel penghubung adalah komponen yang menghubungkan tuas pembuka pintu dengan sistem penguncian pintu. Jika kabel ini putus atau bermasalah, pintu mobil tidak bisa dibuka baik dari luar maupun dalam.

Kabel ini bisa putus atau bermasalah karena berbagai alasan, seperti usia, penggunaan yang berlebihan, atau kerusakan akibat benturan. Jika kabel penghubung pintu mobil anda bermasalah, solusinya adalah dengan memperbaiki atau mengganti kabel tersebut.

Ini adalah pekerjaan yang cukup rumit dan mungkin memerlukan bantuan profesional. Jadi, bawa mobil anda ke bengkel untuk diperbaiki.

Tips Merawat Pintu Mobil

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab dari pintu mobil yang macet dan tidak terbuka, maka berikut kami bagikan tips merawat pintu mobil agar anda bisa mengatasi masalah ini tidak terjadi lagi pada pintu mobil anda.

Bersihkan Secara Berkala

Langkah pertama yang penting untuk anda lakukan adalah dengan membersihkannya secara berkala. Gunakan sabun ringan yang aman untuk permukaan karet, lalu lap dengan kain lembut. Pastikan untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada karet. Hindari penggunaan pembersih berbasis silikon, karena dapat membuat karet menjadi licin dan kurang efektif.

Gunakan Pelumas Khusus Karet

Setelah membersihkan karet, anda bisa gunakan pelumas khusus yang dirancang untuk merawat karet pintu mobil. Pelumas ini akan membantu karet tetap elastis dan mencegah retak atau keausan. Oleskan pelumas secara merata pada permukaan karet, dan pastikan untuk menggosoknya dengan lembut hingga terserap sepenuhnya.

Jangan Gunakan Bahan Kimia Berbahaya

Saat merawat karet pintu mobil, hindari penggunaan bahan kimia berbahaya seperti cairan pembersih berbasis pelarut atau aseton. Bahan-bahan tersebut dapat merusak karet dan menyebabkan keausan yang lebih cepat. Selain itu, jangan menggunakan kuas kasar atau alat yang tajam untuk membersihkan karet, karena dapat merusak permukaannya.

Jaga Pintu Tetap Rapat

Pastikan pintu mobil selalu tertutup dengan rapat. Pintu yang sering kali tidak tertutup dengan benar dapat menyebabkan tekanan berlebih pada karet, yang pada akhirnya dapat menyebabkan deformasi atau kerusakan. Periksa karet pintu secara berkala dan pastikan tidak ada bagian yang terjepit atau rusak.

Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Karet pintu mobil rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari langsung. Jika memungkinkan, parkirkan kendaraan anda di tempat yang teduh atau gunakan penutup mobil ketika terpaksa harus meninggalkannya di bawah terik matahari.

Cek Kondisi Karet Secara Berkala

Dan terakhir, anda bisa lakukan pemeriksaan rutin pada karet pintu mobil. Anda bisa periksa apakah ada retakan, kerusakan, atau tanda-tanda aus pada karet. Jika menemukan masalah, segera lakukan perbaikan atau penggantian karet yang rusak.

Pintu mobil yang sulit dibuka dari dalam merupakan permasalahan yang bisa dianggap serius. Apabila permasalahan ini dibiarkan begitu saja akan membuat pintu mobil perlahan-lahan rusak dan tentunya mengganggu kenyamanan anda saat berkendara.

Demikian informasi cara mengatasi pintu mobil tidak bisa dibuka dari dalam dan juga penyebabnya serta tips merawat pintu mobi agar awet. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600