Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Cara Mengatasi Kopling Motor Keras Dan Penyebabnya

×

Cara Mengatasi Kopling Motor Keras Dan Penyebabnya

Share this article
Cara Mengatasi Kopling Motor Keras

Apakah anda merasa kopling motor anda keras? maka anda jangan kuatir sebab kali ini kami akan membagikan cara mengatasi kopling motor keras dan juga penyebabnya yang penting untuk anda ketahui.

Bagi anda pengguna motor kopling, pastinya menemukan kopling motor jadi keras menjadi hal yang sangat menyebalkan dimana hal ini bisa mengganggu kenyamanan anda berkendara, apalagi pada saat kondisi jalan macet, akan menambah rasa pegal ditangan ketika harus mengatur kopling motor untuk maju dan jalan.

Example 300x600

Ketika kopling terasa kaku atau sulit ditekan, ini bisa membuat perpindahan gigi menjadi sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan dan otomatis mengganggu kenyamanan dan kendali saat berkendara.

Adapun penyebab dari masalah kopling yang keras ini bisa bervariasi, mulai dari masalah mekanis hingga kebiasaan pengemudi yang kurang tepat dalam menggunakan kopling.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kami apa saja yang menjadi penyebab kopling motor keras yang bisa anda simak sebagai berikut.

Penyebab Kopling Motor Keras

Cara Mengatasi Kopling Motor Keras

Kabel kopling terlipat/tertekuk

Kopling motor kebanyakan masih menggunakan sistem mekanis dalam penggeraknya. Atau dengan kata lain masih memanfaatkan kawat kabel untuk menghubungkan tuas kopling dengan kopling.

Kawat kabel ini terdiri dari dua komponen utama, yakni kawat fleksibel yang berfungsi untuk menghubungkan gerakan tuas kopling dan selubung yang berfungsi sebagai tempat bergeraknya kawat fleksibel.

Apabila posisi kawat kabel ini lurus, maka akan mudah sekali digerakan karena gayanya lurus/tidak ada pembelokan gaya. Namun kalau melengkung, kawat juga masih mudah digerakan karena selubung ini keras. Tapi kalau lekukan kawat kabel ini berlebihan, otomatis anda akan kesulitan menarik kawat. Karena ada pembelokan gaya yang terlalu ekstrem. Sehingga tuas kopling akan terasa lebih berat.

Terdapat karat pada kawat kopling (sepanjang kabel kopling)

Karat bisa saja terbentuk pada jenis logam apapun termasuk pada kawat kabel kopling yang berbahan baja. Kalau ada kawat pada kawat kopling, otomatis itu akan menjadi penghambat gerakan kawat. Karena karat ini akan merapatkan kawat dengan selubungnya. Sehingga pas anda menarik tuas kopling akan terasa lebih berat/keras.

Bagian engsel tuas kopling karatan

Selain dari bagian kabelnya, bagian tuas kopling juga bisa karatan. Khususnya pada bagian engsel. Kalau ini berlaku untuk motor-motor yang diparkirkan dalam waktu lama. Ketika pertama kali digunakan, jangan kaget kopling akan berat. Selain karat, engsel juga menjadi lebih kaku sehingga lebih seret.

Akibat modifikasi pegas kopling

Khusus untuk motor-motor oprekan, biasanya agar performa bisa maksimal sistem kopling akan dimodifikasi untuk mengimbangi performa mesin. Kalau mesin sudah diupgrade, biasanya pegas kopling pun akan diganti dengan yang lebih keras agar kopling tidak selip ketika menahan putaran mesin yang lebih kuat.

Tapi efeknya, tuas kopling akan terasa berat dan cukup melelahkan kalau anda memakai motor ini dalam durasi lama. Oleh karena itu, bagi anda yang membeli motor bekas dan ternyata koplingnya berat. Bisa jadi pegas sudah diganti dengan tipe yang lebih keras.

Cara Mengatasi Kopling Motor Keras

Untuk meringankan atau membuat kopling menjadi tidak keras lagi, berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai berikut.

  • Pertama, anda bisa periksa alur kawat kopling. Apabila ada lekukan tajam maka itulah sumber masalahnya, maka anda perlu meluruskannya.
  • Copot kabel kopling dan lumasi dengan oli atau WD-40. Kalau bisa, gunakan oli dengan SAE tinggi/oli encer agar bisa masuk seluruhnya kedalam kawat kabel kopling.
  • Lumasi juga bagian engsel, bukan hanya engsel tuas tapi engsel pada bak kopling juga perlu anda lumasi dengan oli.
  • Apabila kopling masih keras, anda bisa mengganti pegas kopling dengan yang lebih ringan.
  • Apabila kopling terasa ringan, mengendarai motor jauh lebih berasa dan tidak menguras banyak tenaga serta masalah anda pun terselesaikan

Sekian informasi mengenai cara mengatasi kopling motor keras dan juga penyebabnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600