Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

7 Penyebab Air Radiator Mobil Meluap Karena Panas Suhu Mesin

×

7 Penyebab Air Radiator Mobil Meluap Karena Panas Suhu Mesin

Share this article
Penyebab Air Radiator Mobil Meluap

Bagi anda yang kebingungan mengapa air radiator mobil anda meluap dan tidak normal seperti biasanya, maka anda anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak penyebabnya dibawah ini.

Sebagai informasi dimana radiator merupakan salah satu komponen utama dalam sistem pendingin mesin pada kendaraan bermotor, termasuk mobil dimana fungsi utama dari radiator adalah untuk mendinginkan cairan pendingin yang mengalir melalui mesin kendaraan.

Example 300x600

Ketika mesin mobil bekerja maka suhu di dalam ruang bakar dapat mencapai tingkat yang sangat tinggi dan disinilah peran radiator yang bertugas untuk menyerap panas yang dihasilkan oleh mesin dengan cara mengalirkan cairan pendingin yang mengalir melalui saluran-saluran kecil di dalamnya.

Cairan pendingin tersebut kemudian mengalir ke dalam radiator, di mana panas yang diserap dari mesin akan diserahkan ke udara di sekitarnya melalui proses pertukaran panas. Udara dingin dari luar kendaraan mengalir melalui radiator dan menyerap panas dari cairan pendingin, sehingga mendinginkannya kembali sebelum kembali dialirkan ke mesin. Dengan demikian, radiator berperan penting dalam menjaga suhu mesin kendaraan tetap stabil dan mencegahnya dari kelebihan panas yang dapat menyebabkan kerusakan mesin yang serius.

Ketika air radiator mobil meluap karena suhu mesin yang terlalu panas, maka hal tersebut bisa menjadi tanda adanya masalah yang perlu segera ditangani dan tidak bisa dianggap enteng sebab hal ini akan sangat berpengaruh para performasi mesin pada mobil.

Adapun untuk mengatasinya maka tentu anda harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab air radiator mobil meluap karena panas suhu mesin. Dan berikut kami bagikan apa saja penyebab dan menjadi pemicu air radiator mobil meluap.

Penyebab Air Radiator Mobil Meluap Karena Panas Suhu Mesin

Penyebab Air Radiator Mobil Meluap

Mesin mengalami overheat

Pertama, penyebab air radiator meluap yang paling umum adalah mesin kendaraan yang mengalami overheat. Overheat sendiri adalah sebuah kondisi dimana mesin kendaraan mengalami panas yang melebihi batas. Panas yang berlebih ini akan membuat air radiator mendidih dan akhirnya meluap.

Gasket silinder bocor

Gasket silinder memiliki fungsi sebagai perisai yang mencegah terjadinya kebocoran antara blok mesin dengan kepala silinder yang terdapat di dalam mesin kendaraan. Gasket silinder yang sudah aus bisa menyebabkan kebocoran akan membuat tekanan kompresi dari ruang bakar bisa menyeberang dan masuk ke bagian pendingin mesin. Kebocoran kompresi akan membuat suhu mesin meningkat dan mendidihkan air radiator.

Kipas radiator rusak

Penyebab air radiator meluap berikutnya adalah kerusakan yang terjadi pada kipas radiator. Kerusakan ini akan membuat kipas radiator tidak bisa bekerja dengan maksimal dan akhirnya proses pendinginan pada air radiator menjadi terganggu dan membuat air radiator mendidih dan meluap.

Water pump rusak

Sirkulasi air radiator dari radiator ke mesin dan juga sebaliknya dibantu oleh water pump. Water pump ini digerakkan oleh belt yang terhubung dengan poros mesin. Kerusakan yang terjadi pada water pump akan membuat sirkulasi terhambat, sehingga pendinginan mesin tidak optimal. Kondisi ini akan membuat air dalam radiator mendidih dan meluap.

Kisi-kisi radiator tersumbat

Hingga saat ini masih banyak pemilik kendaraan yang menggunakan air bermineral untuk radiator kendaraannya. Padahal, air yang mengandung mineral ini bisa menyebabkan karat yang menyumbat kisi-kisi radiator.

Apabila banyak kisi-kisi yang tersumbat, maka pendinginan tidak maksimal dan akan membuat air radiator mendidih dan meluap.

Thermostat rusak

Penyebab air radiator meluap berikutnya adalah kerusakan pada thermostat. Thermostat memiliki tugas untuk mengatur aliran sirkulasi air radiator ke dalam mesin agar tetap berada di suhu yang ideal dengan jalan membuka tutup aliran cairan radiator. Apabila thermostat rusak, maka akan membuat terjadinya overheat yang bisa mendidihkan air radiator.

Tutup radiator rusak

Dan terakhir, penyebab air radiator meluap adalah adanya kerusakan yang terjadi pada tutup radiator. Kondisi ini umumnya terjadi karena faktor usia. Cairan yang panas akan membuat seal tutup radiator menjadi getas dan tidak bisa menahan air radiator tetap berada di dalam. Air radiator ini bisa meluber pada saat suhunya tinggi.

Kondisi air radiator yang meluap akan menyebabkan radiator menjadi kekurangan cairan. Kondisi ini jika dibiarkan begitu saja akan menyebabkan mesin kendaraan mengalami overheat. Overheat bisa menyebabkan kendaraan menjadi tidak bertenaga, dan jika sudah parah, overheat bisa membuat komponen mesin kendaraan mengalami kerusakan yang parah.

Demikian informasi mengenai penyebab air radiator mobil anda meluap. Sebagai saran tambahan, untuk menghindari air radiator meluap, maka sebaiknya anda wajib menggunakan radiator coolant yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Ganti cairan radiator setiap 80 ribu km dan lakukan pemeriksaan radiator secara menyeluruh setiap satu tahun sekali untuk meminimalisir resiko air radiator meluap. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600