Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Tips Memilih Air Radiator Mobil yang Pas Dan Sesuai

×

Tips Memilih Air Radiator Mobil yang Pas Dan Sesuai

Share this article
Tips Memilih Air Radiator Mobil

Memilih air radiator yang baik untuk mobil kesayangan merupakan hal penting untuk dilakukan setiap pemilik mobil dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips memilih air radiator mobil yang pas dan sesuai.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana mobil membutuhkan air radiator untuk membantu mendinginkan mesin mobil dimana mesin akan bekerja sangat keras ketika mobil sedang berjalan dan menghasilkan suhu yang sangat panas sehingga membutuhkan pendinginan dari air radiator. Dengan begitu, mobil pun tidak mengalami overheat dan membuat mesin berhenti bekerja.

Example 300x600

Oleh karena itu, air radiator merupakan kebutuhan wajib setiap mobil untuk menjaga suhu mesin tidak terlalu panas. Namun dalam memilih air radiator juga tidak bisa dilakukan sembaragan dimana pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips memilih air radiator mobil yang pas dan sesuai untuk anda simak sebagai berikut.

Tips Memilih Air Radiator Mobil

Tips Memilih Air Radiator Mobil

Perhatikan Bahan Utamanya

Tips yang pertama adalah dengan memperhatikan bahan utama dari air radiator tersebut dengan tujuan supaya air radiator yang digunakan sesuai dengan mobil anda. Perlu anda ketahui dimana pada dsarnya, air radiator ini terbuat dari beberapa bahan utama seperti air, ethylene glycol, propylene glycol, dan corrosion inhibitors.

Bahan ethylene glycol merupakan bahan aktif utama yang berfungsi sebagai cairan pendingin mesin. Bahan satu ini dapat memastikan cairan yang bersirkulasi melalui mesin tidak akan membeku dalam suhu dingin. Begitu pula sebaliknya, bahan ini bisa memastikan cairan tidak menguap dalam suhu yang panas.

Cek Warna Air Radiator

Air radiator terdiri dari berbagai warna untuk memudahkan Anda dalam membedakannya, yaitu warna hijau, merah muda, dan biru. Berbeda warna artinya beda pula penggunaannya. Untuk mobil Toyota biasanya menggunakan air radiator berwarna merah muda.

Memperhatikan Spesifikasi Mobil

Menyesuaikan spesifikasi mobil dengan jenis air radiator juga merupakan hal yang sangat penting. Apabila terdapat perbedaan spesifikasi mobil, maka beda pula jenis air radiatornya. Apabila mobil anda keluaran lama, bisa menggunakan jenis air radiator IAT (Inorganic Additive Technology).

Dalam penggunaannya, air radiator ini wajib diganti setidaknya dua tahun sekali. Bisa juga ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh 38.000 km. Namun, untuk air radiator yang memiliki kandungan OAT (Organic Acid Technology) tidak perlu diganti sesering mungkin.

Memperhatikan Titik Didih Air Radiator

Tips memilih air radiator mobil yang terakhir adalah memperhatikan titik didihnya. Air radiator yang bagus untuk mesin kendaraan yaitu yang memiliki titik didih dengan kadar 20% dan terdapat kandungan ethylene glycol. Titik didih yang tinggi ini akan membuat air radiator tidak mudah menguap. Juga, air radiator jadi lebih awet.

Sekian informasi mengenai tips memilih air radiator mobil yang pas dan sesuai dengan kebutuhan mobil anda sehingga mobil kesayangan anda pun akan makin awet. Semoga berguna dan ermanfaat.

Example 120x600