Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Cara Merawat Mobil yang Sudah Terlapis Coating agar Tetap Mengkilap

×

Cara Merawat Mobil yang Sudah Terlapis Coating agar Tetap Mengkilap

Share this article
Cara Merawat Mobil yang Sudah Terlapis Coating

Bagi anda yang sudah melakukan coating pada mobil kesayangan anda, maka penting bagi anda mengetahui cara benar merawat mobil yang sudah terlapisi coating agar tetap mengkilap.

Sebagai informasi dimana coating mobil adalah proses aplikasi lapisan pelindung khusus yang bertujuan untuk melindungi cat kendaraan dari kerusakan dan menjaga tampilan mobil tetap mengkilap. Lapisan coating ini biasanya terdiri dari senyawa kimia khusus yang menempel pada permukaan cat kendaraan dan membentuk lapisan yang keras dan transparan.

Example 300x600

Adapun tujuan utama dari coating mobil adalah untuk melindungi cat dari goresan, noda, sinar UV, korosi, dan zat-zat lain yang dapat merusak cat kendaraan, dengan begitu mobil akan tampak lebih mengkilap dan membuat mobil akan tampak lebih menarik.

Tetapi penting juga diingat dimana merawat mobil yang sudah terlapis coating adalah langkah penting untuk mempertahankan kilau dan perlindungan lapisan tersebut dalam jangka waktu yang lebih lama dimana terdapat beberapa poin penting yang harus anda perhatikan agar mobil anda tetap mengkilap. Mau tahu? simak beberapa tips sebagai berikut.

Cara Merawat Mobil yang Sudah Terlapis Coating agar Tetap Mengkilap

Cara Merawat Mobil yang Sudah Terlapis Coating

Hindari Parkir di Tempat Panas

Saat memarkirkan mobil di luar ruangan, maka sebisa mungkin untuk mengupayakan memilih tempat yang tidak tersorot langsung sinar matahari. Cat mobil pada umumnya bakal menjadi kusam jika terlalu sering tersorot sinar UV dari matahari saat panas terik.

Demikian juga dengan lapisan coating yang terpapar sinar matahari dalam waktu lama, maka lapisan tersebut lama kelamaan akan rusak dan mengakibatkan cat terlihat lebih kusam. Oleh karena itu, sebaiknya sebisa mungkin menghindari mobil parkir dan terkena matahari langsung dalam waktu yang lama.

Oleskan Wax

Apabila memungkinkan, anda bisa mengoleskan wax pada mobil yang sudah mendapat coating. Namun ingat, jangka waktu pengaplikasiannya tak perlu keseringan. Cukup dua pekan atau sebulan sekali.

Sebelum dioleskan wax, cuci dulu permukaan cat mobil hingga bersih. Setelahnya, bisa menggunakan wax jenis cairan spray atau gel. Olesi dengan lapisan yang tipis, lalu lap hingga kering.

Rutin Bersihkan Mobil

Dan terakhir, mobil yang sudah mendapat lapisan coating juga perlu rutin dicuci menggunakan shampo khusus mobil. Setidaknya mencuci mobil ini bisa dilakukan minimal dua minggu sekali.

Apabila mobil terguyur hujan, pemilik bisa membilas seluruh permukaan cat mobil dengan bersih dan mengelapnya hingga kering. Cat mobil yang sudah mendapat coating biasanya memiliki sifat water repellent yang memuat air tidak mudah mengendap di pori-pori cat sehingga air langsung jatuh seperti berada di atas daun talas.

Demikian informasi mengenai cara benar merawat mobil yang sudah terlapisi coating agar tetap mengkilap yang bisa menjadi referensi anda sehingga lapisan coating anda bisa awet dan mobil anda tetap mengkilap dalam waktu yang lama. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600