Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Trik Ampuh Menghilangkan Baret Pada Kaca Mobil

×

Trik Ampuh Menghilangkan Baret Pada Kaca Mobil

Share this article
Ampuh Menghilangkan Baret Pada Kaca Mobil

Bagi anda yang mengalami baret pada kaca mobil kesayangan anda pastinya cukup mengganggu bukan? apalagi jika baretnya terlihat jelas atau terdapat pada beberapa titik kaca mobil. Namun jangan kuatir sebab kali ini kami akan membagikan trik ampuh menghilangkan baret pada kaca mobil yang bisa anda simak dibawah ini.

Mendapati baret pada mobil kesayangan pastinya bisa mengganggu pikiran anda bukan? dimana walaupun terlihat sepele, tapi kondisi ini bisa membuat tampilan mobil sedikit tidak menarik karena adanya baret pada kaca mobil.

Example 300x600

Adapun beberapa penyebab umum kaca mobil baret adalah karena wiper yang sudah tidak maksimal, cara membersihkan kaca mobil yang salah, hingga terkena benda yang keras

Menghilangkan baret pada kaca mobil dapat menjadi tugas yang menantang, tetapi jangan kuatir sebab terdapat beberapa trik yang dapat membantu anda mengembalikan kilauan dan kejernihan pada kaca mobil anda dan bisa membuat kaca mobil anda kembali kinclong seperti sedia kala.

Penasaran? langsung saja simak beberapa trik ampuh menghilangkan baret pada kaca mobil yang bisa anda simak dibawah ini.

Menghilangkan Baret Pada Kaca Mobil

Ampuh Menghilangkan Baret Pada Kaca Mobil

Cerium Oxide

Cerium oxide atau serium oksida biasa disebut sebagai bubuk poles karena bahan kimia yang satu ini berbentuk serbuk. Cerium oxide bisa digunakan untuk memperbaiki baret dan goresan pada kaca serta membuat kaca mobil lebih mengkilap.

Cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper menggunakan cerium oxide dimulai dengan membersihkan kaca debu dan kotoran yang menempel pada kaca mobil. Kemudian amplas kaca mobil hingga lapisannya rata.

Saat proses mengamplas kaca mobil, pastikan permukaan kaca mobil basah untuk meminimalisir gesekan saat proses amplas tersebut. Lalu untuk kaca tersebut hingga kering.

Sambil menunggu kaca kering, anda bisa membuat campuran cerium oxide dengan air hingga teksturnya tidak terlalu kental tetapi tidak terlalu encer. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut dengan kain lembut atau lap microfiber.

Gosokkan secara perlahan tetapi tetap ada tekanan agar cairan cerium oxide tersebut meresap ke bagian yang baret tersebut. sehingga baret dan goresannya dapat terkikis.

Kompon Mobil

Untuk mendapatkan kompon penghilang baret kaca mobil, anda bisa mendapatkannya di toko perlengkapan mobil terdekat atau membeli secara online. Namun perlu digarisbawahi bahwa kompon hanya ampuh untuk jenis baret ringan pada kaca mobil.

Caranya cukup mudah yakni hanya mengoleskan bagian baret atau goresan pada kaca mobil dengan bahan kimia berbentuk cairan berwarna putih tersebut. Kemudian lap secara perlahan menggunakan kain yang lembut atau lap microfiber.

Dikarenakan kompon memiliki sifat oil based sehingga banyak kandungan minyak di dalamnya, maka jangan heran bila kaca mobil yang telah diolesi kompon tersebut menjadi buram saat terkena air hujan. Meskipun begitu, kaca buram tersebut hanya berlangsung beberapa hari saja. Selanjutnya kaca mobil kembali kinclong.

Pasta Gigi

Selanjutnya adalah menggunakan pasta gigi dimana cara ini terbilang sangat mudah dan lebih ekonomis. Anda bisa gunakan pasta gigi yang mengandung bahan pemutih seperti carbamide peroxide atau hidrogen peroksida.

Cara menghilangkan baret kaca mobil dengan pasta gigi sangat mudah yakni dengan mengoleskan pasta gigi menggunakan kuas atau kain lembut pada permukaan kaca mobil yang tergores atau terdapat baret. Oleskan pasta gigi secukupnya.

Kemudian diamkan pasta gigi yang telah terolesi dengan merata tersebut beberapa detik hingga mengering. Lalu Anda bisa mengelap bagian tersebut menggunakan kain atau lap lembut dan bilas dengan air bersih. Lakukan langkah ini beberapa kali hingga baret dan gores hilang.

Amonia

Cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper yang terakhir adalah dengan menggunakan bahan kimia lain yang ampuh untuk menghilangkan baret pada kaca mobil yakni amonia. Anda dapat menemukan bahan kimia ini di toko bahan kimia, apotek, ataupun toko peralatan otomotif. Cara penggunaannya pun tidak jauh berbeda dengan cerium oxide.

Langkah pertama, setengah ons amonia dicampurkan dengan setengah liter air lalu aduk hingga amonia terlarut. Kemudian celupkan kain atau lap lembut seperti lap microfiber ke dalam campuran amonia tersebut.

Selanjutnya, gosokkan kain atau lap tersebut pada bagian kaca mobil yang tergores atau terdapat baret secara perlahan. Setelah digosokkan, Anda bisa diamkan beberapa saat hingga cairan meresap. Langkah terakhir yakni membersihkan kaca mobil secara menyeluruh.

Anda bisa lakukan langkah di atas secara berulang-ulang hingga baret atau goresan menghilang. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kehati-hatian, mengingat amonia termasuk bahan kimia bersifat keras sehingga bila cairan tersebut terkena kulit manusia maka akan berakibat fatal.

Demikian informasi mengenai trik ampuh menghilangkan baret pada kaca mobil yang bisa menjadi referensi anda untuk diterapkan pada kaca mobil anda yang mengalami kondisi baret ini. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600