Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

5+ Tips Memilih Oli Mesin untuk Motor Matik yang Benar

×

5+ Tips Memilih Oli Mesin untuk Motor Matik yang Benar

Share this article
Tips Memilih Oli Mesin untuk Motor Matik

Apakah anda bingung memilih oli mesin yang tepat untuk motor kesayangan anda? maka anda tidak perlu bingung lagi sebab saat ini kami akan membagikan tips memilih oli mesin untuk motor matic yang benar dan tepat.

Memilih oli mesin yang tepat untuk motor matik merupakan langkah penting dalam merawat kendaraan anda agar awet dan tahan lama seperti halnya dengan motor jenis lainnya. Hal ini penting karena oli mesin memiliki peran vital dalam menjaga performa dan umur mesin, sehingga memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan kondisi penggunaan menjadi kunci utama.

Example 300x600

Inilah pentingnya agar tidak membeli oli sembarangan secara asal-asalan untuk oli mesin motor anda sebab salah dalam memilih akan membuat anda akan mengeluarkan biaya lebih serta mempertaruhkan mesin motor anda yang bisa menjadi tidak awet.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan tips memilih oli mesin untuk motor matic yang benar dan tepat untuk anda simak sebagai berikut.

Tips Memilih Oli Mesin untuk Motor Matik

Tips Memilih Oli Mesin untuk Motor Matik

Pilih Kekentalan Oli

Cara yang pertama, anda bisa memilih oli motor yang memiliki kekentalan pas. Biasanya kekentalan oli motor ditandai dengan kode SAE atau W. Untuk oli motor matik umumnya sebesar 10W – 30 atau 15W – 30.

Pilih Oli Berkualitas

Cara memilih oli berkualitas selanjutnya, anda bisa pastikan tanda atau kode pada kemasan dengan benar. Umumnya tanda pada kemasan tersebut memiliki kode API atau JASO. Tanda tersebut bisa menentukan bagaimana oli yang baik untuk motor anda.

Sesuaikan dengan Tahun Motor

Selanjutnya adalah dimana anda harus pastikan oli mesin sesuai dengan usia motor. Jangan memilih oli mesin dengan tahun lama untuk motor keluaran baru. Hal tersebut berakibat mesin akan menjadi cepat panas dan hilang tenaga.

Pilih Volume yang Pas

Selanjutnya anda bisa pilih oli mesin dengan ukuran atau volume yang pas. Mesin motor matik umumnya memiliki ukuran 0.8 liter. Maka dari itu oli harus diisi dengan ukuran tersebut jangan sampai lebih bahkan kurang.

Konsultasikan dengan Montir

Cara yang terakhir adalah anda bisa bertanya kepada montir saat di bengkel. Biasanya montir pasti lebih mengetahui segalanya tentang kendala untuk semua jenis motor dimana mereka akan dengan suka hati untuk memberikan rekomendasi dan referensinya untuk anda. Tidak jarang pula mereka menjelaskan alasannya.

Bahkan, oli mesin untuk motor matik anda pun akan direkomendasikan yang terbaik oleh montir kesayangan anda.

Demikian informasi mengenai tips memilih oli mesin untuk motor matic yang benar dan tepat. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600