Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Tips Cara Memasang Lampu Variasi pada Sepeda Motor Agar Tidak Salah Pasang

×

Tips Cara Memasang Lampu Variasi pada Sepeda Motor Agar Tidak Salah Pasang

Share this article
Tips Cara Memasang Lampu Variasi pada Sepeda Motor

Bagi anda yang berencana memasang lampu variasi pada sepeda motor kesayangan anda agar tampak lebih menarik dan keren? maka simak tips penting memasang lampu variasi pada sepeda motor agar anda tidak salah pasang dan bisa membuat anda merugi nantinya.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana memasang lampu variasi pada sepeda motor menjadi penambahan dan modifikasi yang banyak dilakukan pemilik sepeda motor ditanah air dimana dengan modifikasi lampu motor ini, bisa meningkatkan tampilan estetika dan keamanan kendaraan.

Example 300x600

Agar hasilnya bisa sesuai seperti yang anda harapkan dan bisa maksimal, maka penting bagi anda untuk mengetahui poin penting dalam memasang lampu variasi pada motor sepeda motor anda agar nantinya anda tidak salah pasang.

Tetapi sebagai catatan, untuk melakukan modifikasi ini sendiri, pastikan anda memiliki pengetahuan yang cukup mengenai modifikasi motor. Apabila anda tidak, maka sebaiknya anda mempercayakan pada bengkel atau montir modifikasi motor pilihan anda dimana tentunya mereka memiliki mekanik dan keterampilan dalam memasang lampu variasi pada motor.

Tanpa basa-basi lagi berikut cara memasang lampu variasi pada motor yang bisa anda terapkan dan ikuti sebagai berikut.

Cara Memasang Lampu Variasi pada Sepeda Motor

Tips Cara Memasang Lampu Variasi pada Sepeda Motor

Hal pertama yang harus anda siapkan adalah sejumlah alat dan part yang dibutuhkan sebagai berikut.

  1. Gunting
  2. Isolasi
  3. Kabel secukupnya (minimal 1 meter)
  4. Saklar
  5. Lampu LED strip
  6. Solder dan tinol
  7. Obeng

Apabila alat dan part yang dibutuhkan sudah siap, maka anda sudah bisa melakukan pemasangan dengan menyimak berikut langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Buka cover belakang motor dan cover lampu rem untuk menjangkau kabel yang terdapat pada lampu rem.
  • Apabila cover lampu rem sudah terbuka, akan ada tiga kabel utama, di antaranya kabel lampu senja, kabel lampu rem, dan kabel ground atau (-) aki yang langsung terhubung ke bagian bodi.
  • Untuk memasang lampu LED variasi kolong motor, cari terlebih kabel yang mengarah ke bagian lampu senja.
  • Apabila kabel ditemukan, selanjutnya cari kabel yang mengarah ke bagian body atau kabel (-) negatif aki.
  • Setelah kedua kabel didapat, langkah selanjutnya menyambungkan kedua kabel tersebut ke kutub (+) positif lampu dan (-) dengan menggunakan tambahan kabel yang sudah disiapkan.
  • Pada proses pemasanganan, pastikan kalian menyolder kutub positif (+) lampu LED variasi ke kaki saklar satu dan kaki saklar kedua kalian solder atau sambungkan ke kabel yang terhubung ke lampu senja motor.
  • Untuk kutub (-) negatif pada lampu LED variasi kalian solder atau sambung dengan kabel yang menuju ke bagian bodi atau negatif aki.
  • Apabila semua kabel sudah terpasang, tempelkan lampu LED variasi ke kolong motor yang sudah ditentukan.
  • Apabila semua sudah diselesaikan, maka anda bisa coba rapikan kabel dan pastikan setiap sambungan kabel yang dibuat tidak ada yang menempel agar tidak terjadi konselting.
  • Dan langkah terakhir anda hanya perlu mencoba menyalakan kunci kontak lalu nyalakan saklar lampu kolong motor. Pastikan lampu menyala dengan sempurna.

Demikian informasi mengenai tips penting memasang lampu variasi pada sepeda motor agar anda tidak salah pasang. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600