Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Menyambungkan Bluetooth Smartphone ke Mobil

×

Begini Cara Menyambungkan Bluetooth Smartphone ke Mobil

Share this article
Cara Menyambungkan Bluetooth Smartphone ke Mobil

Bagi anda yang ingin menyambungkan bluetooth smartphone ke mobil anda tetapi bingung bagaimana cara membuatnya, maka anda tidak perlu kuatir sebab kali ini kami akan membagikan tips cara menyambungkan bluetooth smartphone ke mobil.

Bukan rahasia lagi apabila mendengarkan lagu favorit dimobil merupakan kebiasan umum yang dilakukan banyak orang. Cara ini dianggap bisa membuat perjalanan menjadi rileks dan menyenangkan, serta bisa mengusir rasa stress dan jengkel ketika terjebak macet.

Example 300x600

Selain mendengarkan lagu favorit lewat radio di mobil, menyambungkan smartphone ke bluetooth mobil bisa menjadi alternatif untuk memilih lagu mana yang ingin didengarkan dengan kontrol dari Hp. Namun cara ini masih banyak orang yang mengetahuinya. Akan tetapi sebelum bisa melakukannya, pastikan sistem audio di mobil anda memiliki fitur sambungan bluetooth dan begitu juga Hp anda.

Berikut anda bisa menyimak langkah-langkah cara menyambungkan bluetooth smartphone ke mobil yang bisa anda simak dibawah ini.

Cara Menyambungkan Bluetooth Smartphone ke Mobil

Cara Menyambungkan Bluetooth Smartphone ke Mobil

Aktifkan Bluetooth pada Mobil

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menghubungkan audio dari smartphone ke sistem audio mobil adalah anda harus menghubungkan kedua perangkat tersebut melalui bluetooth. Anda bisa mulai nyalakan bluetooth dari speaker mobil lalu masuk ke pengaturan di head unit mobil untuk mengaktifkan bluetooth dengan petunjuk sebagai berikut.

  • Masuk ke menu settings
  • Pilih bluetooth connection
  • Aktifkan menu pairing

Pairing Perangkat Smartphone dengan Sistem Audio Mobil

  • Setelah itu, hidupkan bluetooth dari smartphone agar keduanya bisa saling terkoneksi (connect).
  • Pastikan agar bluetooth dalam keadaan “visible” agar bisa ditemukan oleh perangkat lain.
  • Bila diminta password, untuk model tertentu password default yang digunakan adalah dengan mengetikkan 0000 dan akan tersambung secara otomatis.
  • Atau jika ingin merubahnya, pengguna bisa mengaturnya dari smartphone ataupun head unit mobil untuk meng-edit nama dan set password bluetooth yang lebih mudah diingat.
  • Setelah fitur bluetooth audio mobil terdeteksi di smartphone, anda bisa segera sambungkan.

Notifikasi Penyambungan Berhasil

Bila koneksi bluetooth mobil dan smartphone sudah tersambung, biasanya akan muncul tampilan di LED head unit atau suara notifikasi dari car audio bahwa keduanya perangkat sudah saling terhubung.

Putar Musik dari Playlist Smartphone

Dan langkah terakhir, para pemilik kendaraan bisa langsung menyetel berbagai lagu kesukaan untuk menemani perjalanan agar tidak mudah bosan.

Untuk mengatur volume suara, bisa dilakukan dari smartphone ataupun pengaturan dari car audio system. Dengan begitu, perjalanan akan lebih berwarna dengan adanya media hiburan yang bisa dinikmati.

Apabila anda bosan dengan mendengarkan musik, anda bisa juga mendengarkan radio yang terhubung langsung dari smartphone.

Dan perlu anda ketahui juga dimana saat smartphone sudah terkoneksi dengan audio mobil, smartphone tetap bisa digunakan untuk menerima panggilan telepon dan berbicara langsung tanpa harus menggenggam hp sehingga anda tetap bisa berkendara dengan aman sambil menelpon.

Demikian informasi mengenai tips cara menyambungkan bluetooth smartphone ke mobil yang bisa anda terapkan dengan mudah sehingga anda bisa mudah mendengarkan lagu-lagu pilihan anda langsung dari koleksi lagu di smartphone anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600