Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Putih, Waspada!

×

Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Putih, Waspada!

Share this article
Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Putih

Apakah motor kesayangan anda tiba-tiba mengeluarkan asap putih yang berbeda dari biasanya? pastinya akan membuat anda bertanya-tanya bukan? namun jangan kuatir sebab kali ini kami akan membagikan penyebab knalpot motor keluar asap putih yang bisa anda simak dibawah ini.

Masalah keluar asap putih pada knalpot merupakan masalah yang umum terjadi dan kerap disepelekan oleh banyak orang karena menganggap hal tersebut hal yang normal saja akibat dari proses kerja mesin.

Example 300x600

Namun tidak banyak yang menyadari dimana masalah ini bisa menjadi tanda motor anda sedang bermasalah dimana ciri-cirinya asap knalpot akan terlihat ngebul atau keluar asap putih yang tidak seperti biasanya.

Adapun salah satu tanda kerusakan pada motor akibat asap knalpot ini seperti indikasi adanya kerusakan pada piston dan seal klep oli yang aus sehingga oli naik dan masuk ke ruang bakar dan beberapa penyebab serta indikasi lainnya.

Dan untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan penyebab knalpot keluar asap putih yang bisa anda simak sebagai berikut.

Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Putih

Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Putih

Silinder atau Liner Mesin Sudah Aus

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana salah satu penyebabnya utamanya bisa jadi berasal dari silinder atau liner mesin yang sudah aus. Hal ini karena saat mesin motor bekerja, ring piston dan liner akan bergesekan. Jika keduanya mengalami aus, maka oli akan masuk ke ruang pembakaran. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan jasa tukang bubut.

Jenis Knalpot yang Digunakan Berpotensi Mengeluarkan Asap

Bagi para pengguna knalpot racing tentunya sudah tidak asing lagi dengan kehadiran asap putih dari knalpot. Knalpot yang sering digunakan untuk membuat suara motor menggelegar ini memang diklaim dapat meningkatkan performa mesin.

Hanya saja, knalpot racing bukan tidak memiliki kekurangan. Komponen gas buang pada motor sport dengan kanlpot racing umumnya menggunakan sistem semprot oli ke knalpot untuk bertahan dalam suhu yang tinggi. Dampaknya, oli dapat bercapur dengan sisa pembakaran dan menghasilkan suhu exhaust yang lebih tinggi sehingga menghasilkan kebakaran di bagian dalam knalpot.

Seal Katup Bocor

Apabila seal katup yang berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara di ruang pembakaran mesin bocor, maka oli dapat masuk ke dalam manifold. Kebocoran ini sering terjadi pada motor tua atau motor yang digunakan secara sembarangan. Motor yang sudah lama digunakan akan kehilangan kerapatan pada seal katup sehingga rentan akan keobcoran. Penggantian segel katup ini penting untuk dilakukan jika terdapat indikasi kebocoran agar tidak merusak motor

Batang Katup mengalami Pembengkoan

Dan terakhir, perlu anda ketahui dimana apabila batang katup bermasalah, maka batang katup yang mengalami pembengkokan dapat menekan salah satu seal katup. Akibatnya oli dapat masuk ke ruang pembakaran melalui celah-celah yang ada. Umumnya, batang katup harus lurus tanpa ada kebengkokan. Jika bengkok maka posisinya tidak dapat diatur dan membuat kelonggaran. Kelonggaran inilah nantinya akan membuat oli mudah masuk ke ruang pembakaran.

Demikian informasi mengenai penyebab knalpot motor keluar asap putih yang penting untuk anda ketahui agar anda bisa mendeteksi apabila terjadi hal tidak normal pada motor kesayangan anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600