Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Mengatasi Bau Bensin Dalam Kabin Mobil

×

Begini Cara Mengatasi Bau Bensin Dalam Kabin Mobil

Share this article
Cara Mengatasi Bau Bensin Dalam Kabin Mobil

Apakah anda merasa mencium bau-bau bensin yang khas pada kabin mobil anda dan tidak membuat anda nyaman beserta keluarga ketika didalam mobil? maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi bau bensin dalam kabin mobil yang bisa anda simak dibawah ini.

Pastinya, kabin mobil yang berbau bensin dalam kabin mobil bisa menjadi masalah yang mengganggu dan bahkan membuat tidak nyaman bagi pengemudi dan penumpang dimana seperti yang kita ketahui bersama bau khas bensin yang menyengat apalagi dalam kabin mpbil yang tertutup.

Example 300x600

Walaupun kemungkinan bau bensin tersebut biasanya berasal dari tumpahan atau kebocoran bahan bakar, namun pastinya anda ingin segera menghilangkannya bukan? ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini tanpa harus membawa mobil ke bengkel. Salah satunya adalah dengan membersihkan area sekitar tempat pengisian bahan bakar dan memastikan tidak ada tumpahan yang tertinggal atau kebocoran yang terjadi. Selain itu, memeriksa sistem ventilasi dalam kabin mobil juga penting untuk mengatasi bau bensin yang tidak diinginkan.

Dan untuk lebih lengkapnya, berikut kami bagikan tips cara mengatasi bau bensin dalam kabin mobil yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Mengatasi Bau Bensin Dalam Kabin Mobil

Cara Mengatasi Bau Bensin Dalam Kabin Mobil

Memperbaiki komponen mobil yang rusak

Pertama, cara mengatasi mobil yang bau bensin tercium dalam kabin tentu saja dengan memperbaiki komponen mobil yang rusak. Seperti yang sudah diketahui bersama, bau bensin ini bisa terjadi karena ada kerusakan pada bagian-bagian mobil. Seperti pada fuel pump, karburator, hingga kebocoran knalpot.

Membersihkan tempat yang terkena bensin

Jika tidak ditemukan masalah pada komponen mobil, bisa jadi bau ini berasal dari tumpahan bensin di dalam kabin. Jika tumpahan bensin itu terjadi di karpet, maka cucilah karpet tersebut dengan menggunakan sabun dan bilas dengan air mengalir, keringkan. Pastikan bau bensin benar-benar sudah hilang.

Namun jika tumpahan bensin tersebut mengenai bodi mobil, maka keringkan bensin tersebut terlebih dahulu. Setelah bensin sudah kering, lap bekasnya dengan menggunakan kain basah yang sudah diberi sabun. Lap dengan kain hingga benar-benar kering, agar tidak menyebabkan korosi.

Menggunakan kopi

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam biji kopi mampu menyerap bau yang terdapat di dalam kabin, termasuk juga dengan bau bensin. Jika bau bensin ini tidak terlalu menyengat, anda juga bisa menggunakan biji kopi.  Anda bisa menempatkan 5 hingga 10 butir kopi dan masukkan ke dalam wadah kain agar kopi tidak berceceran ke mana-mana.

Namun jika aroma bensin ini cukup kuat, bisa menggunakan bubuk kopi untuk hasil yang lebih optimal. Bau bensin di dalam kabin akan menghilang secara perlahan dalam waktu satu minggu. Anda juga bisa mengganti biji kopi atau bubuk kopi setiap 3 hingga 5 hari.

Memperlancar sirkulasi dalam kabin

Cara mengatasi mobil yang bau bensin tercium dalam kabin yang selanjutnya dengan memperbaiki sirkulasi udara dalam kabin. Untuk memperbaiki sirkulasi dalam kabin mobil, buka kaca mobil dengan penuh. Biarkan selama semalaman untuk mengganti udara di dalam kabin mobil.

Agar udara di dalam kabin tetap terjaga, sebaiknya juga mengganti filter AC yang terdapat di dalam kabin setidaknya setiap 6 bulan sekali. Jangan lupa untuk membuka sedikit jendela mobil agar kondisi kabin tidak lembab.

Menggunakan baking soda

Tidak hanya untuk membuat kue saja, ternyata baking soda juga mampu mengurangi bau bensin yang tercium di dalam kabin mobil dan bisa menjadi tips untuk lakukan mengatasi masalah ini. Prinsip kerja baking soda ini hampir mirip dengan kopi, yakni mampu menyerap bau tak sedap yang berada di dalam kabin mobil.

Caranya sangat mudah, cukup dengan menaburkan baking soda di area kabin dan diamkan selama semalaman. Untuk membersihkannya, bisa menggunakan vacuum cleaner agar baking soda benar-benar bersih dari kabin mobil.

Demikian informasi mengenai tips cara mengatasi bau bensin dalam kabin mobil yang bisa anda terapkan untuk mengatasi masalah ini pada kabin mobil anda. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600