Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor dan Penyebabnya

×

Begini Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor dan Penyebabnya

Share this article
Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor dan Penyebabnya

Bagi anda yang mengalami kondisi aki mobil kesayangan anda selalu drop dan tekor? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan cara mengatasi aki mobil tekor beserta penyebab yang menjadi pemicu dan penting untuk anda ketahui.

Jangan panik atau kebingungan ketika masalah ini terjadi pada mobil kesayangan anda sebab aki mobil yang tekor merupakan masalah umum yang sering dihadapi oleh para pemilik mobil karena disebabkan oleh beberapa hal.

Example 300x600

Apabila mobil mengalami kondisi aki yang tekor atau drop, maka tentunya hal ini dapat menghambat kinerja mobil serta menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara. Bahkan bisa menyebabkan mobil tidak bisa berjalan karena tidak bisa distarter.

Lalu apa saja penyebab aki mobil yang tekor ini? Anda bisa menyimak penyebab aki mobil tekor lengkap dengan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Aki Mobil Tekor dan Penyebabnya

Mobil Yang Jarang Digunakan

Penyebab paling umum yang menjadi penyebab utama aki soak adalah mobil yang jarang digunakan. Perlu anda ketahui, mobil yang lama tidak digunakan membuat mesin tidak memanas. Secara otomatis, aki tidak akan mendapat suplai listrik yang cukup. Akibatnya, kapasitas kinerja aki akan kurang maksimal. Lama kelamaan, aki menjadi tekor dan kendaraan sulit dihidupkan.

Satu satunya gejala kerusakan aki yang bisa dideteksi sebagai akibat mobil yang jarang digunakan, adalah semua komponen listrik tidak menyala dengan sempurna. Cara mengatasi aki tekor, selalu panaskan mobil meski tidak sedang bepergian. Panaskan mobil setidaknya satu kali seminggu agar asupan tegangan listrik ke aki bekerja optimal.

Aksesoris Mobil yang Berlebihan

Bagi sebagian orang, melakukan modifikasi mobil merupakan hal yang sangat menyenangkan. Biasanya mereka akan merubah atau menambah komponen mobil untuk mempercantiknya. Namun siapa sangka jika hal demikian dapat menjadi penyebab aki mobil tekor padahal aki masih baru. Pada dasarnya, beberapa aksesoris mobil dapat menguras tenaga aki secara berlebihan.

Beberapa orang memang sering menambahkan aksesoris mobil tanpa memperhatikan kapasitas dari aki mobil. Akibatnya, kekuatan aki akan berkurang dan tidak optimal untuk menghidupkan mesin. Salah satu Aksesoris yang dapat menyita tenaga aki adalah sistem audio yang membutuhkan daya listrik besar.

Walaupun sebenarnya sah-sah saja jika anda ingin menambahkan sistem audio. Namun, perhatikan terlebih dahulu kekuatan aki yang terdapat pada mobil. Jika sistem audio berkapasitas besar dibiarkan saja, lama kelamaan aki akan tersedot habis. Hal inilah yang menjadi penyebab aki mengalami aus atau tekor. Akibatnya, mobil jadi sulit distarter.

Penggunaan Mobil Yang Sering

Penggunaan mobil secara terus menerus ternyata juga dapat membuat aki tekor dimana mobil yang digunakan dengan intens tentu membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Melalui kondisi tersebut, aki mobil akan dipaksa bekerja ekstra untuk dapat menyalurkan tegangan listrik. Hal inilah yang menjadi penyebab aki mobil habis sendiri dan mengakibatkan aki tekor.

Penggunaan mobil yang intens dapat mengurangi umur pemakaian komponen, termasuk aki. Pada dasarnya, semua komponen mobil tentu memiliki masa pakai masing masing. Adanya masa pakai ini juga dapat menimbulkan kerusakan apabila mobil digunakan secara terus menerus. Untuk itu, kurangi penggunaan mobil secara berlebihan.

Penggunaan Lampu Proyektor HD

Aki mobil bisa cepat habis karena lampu yang terus nyala. Sama halnya dengan sistem audio, penggunaan lampu proyektor yang tidak sesuai dengan standar juga dapat menyita daya listrik aki. Jadi sebelum menambahkan lampu proyektor HD, ada baiknya untuk melihat spesifikasi lampu mengenai berapa daya listrik yang dibutuhkan. Dengan melakukan hal tersebut, anda bisa mengganti aki mobil beramper besar mengikuti kebutuhan listrik lampu.

Lupa Cek Tangki Aki Tipe Basah

Saat ini, banyak orang lebih memilih aki mobil dengan tipe basah. Hal ini disebabkan oleh banyaknya keuntungan dari penggunaan aki tipe basah. Masa pemakaian yang lama dan perawatan yang lebih mudah, membuat aki tipe basah banyak disukai pemilik kendaraan.

Sering kali pemilik mobil dengan aki tipe basah lupa melakukan pengecekkan. Tiba tiba, air aki sudah habis dan tidak bekerja sebagaimana mestinya. Jika hal ini dibiarkan saja, maka aki bisa tekor. Air aki yang habis dengan sendirinya secara umum disebabkan oleh penggunaan mobil tanpa melakukan pengecekan pada tangki air.

Tanda Aki Mobil Lemah

Perlu anda ketahui dimana aki yang mulai melemah bisa diketahui sejak dini. Apabila mesin mobil sulit dihidupkan, maka bisa dipastikan kondisi aki mulai melemah. Aki yang lemah tentu tidak bisa menyalurkan daya listrik ke seluruh komponen mesin dalam mobil. Akibatnya, mobil akan sulit di starter dan tak bisa dihidupkan. Kondisi ini tentu akan sangat merugikan pengemudi mobil.

Selain mobil yang sulit dihidupkan, aki yang lemah juga bisa berpengaruh pada suara klakson. Hal inilah yang sering kali menjadi gejala utama melemahnya aki dalam mobil. Untuk itu, selalu lakukan pengecekan aki mobil secara berkala. Bila perlu, selalu lakukan pemeriksaan tiap kali digunakan sehingga dapat menunjukkan tanda aki mobil lemah.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam ulasan tersebut, aki merupakan komponen yang berperan penting untuk menghidupkan mobil. Jika aki mobil mengalami kerusakan seperti soak atau tekor, sudah dipastikan bahwa kendaraan tidak bisa digunakan. Sebagai pemilik mobil, anda wajib melakukan pemeriksaan aki agar kinerja mobil tetap prima.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi aki mobil tekor beserta penyebab yang penting untuk anda ketahui. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600