Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Penyebab Motor Sering Mati Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya

×

Penyebab Motor Sering Mati Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya

Share this article
Penyebab Motor Sering Mati Tiba-Tiba

Motor yang mati-mati secara mendadak ketika bepergian pastinya akan membuat rasa frustasi dijalan bukan? apalagi jika anda dalam keadaan tergesa-gesa. Oleh karena itu, sebaiknya anda kenali penyebab motor sering mati tiba-tiba dan juga cara mengatasinya.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana siapapun bisa mendapatkan “hari buruk” ketika sedang dijalan dan hal tersebut bisa berasal dari kendaraan yang digunakan sendiri dimana motor tiba-tiba mogok dan berhenti secara mendadak.

Example 300x600

Selain bisa membahayakan keselamatan pengendara, hal ini juga tentunya akan memberikan rasa frustasi karena terganggunya perjalanan dan harus memperbaiki motor atau menggotongnya ke bengkel terdekat.

Bagi anda yang menemukan kondisi ini, pastinya membuat anda bertanya-tanya apa yang menyebabkan motor sering mati tiba-tiba? dimana hal tersebut harus segera anda temukan solusinya agar kejadian ini tidak berulang-ulang kali terjadi ketika anda bepergian.

Dan sesuai dengan judul diatas, maka kali ini kami akan membagikan penyebab motor sering mati tiba-tiba lengkap dengan cara mengatasinya.

Penyebab Motor Sering Mati Tiba-Tiba dan Cara Mengatasinya

Penyebab Motor Sering Mati Tiba-Tiba

Mesin Kepanasan

Penyebab motor mati mendadak yang pertama adalah mesin yang terlalu panas atau overheat. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kendala ini terjadi, misalnya sudah terlalu lama berkendara, kurangnya air radiator, hingga saluran oli yang tersumbat.

Cara menangani motor yang mengalami overheat adalah mendiamkan mesin hingga suhunya kembali ke kondisi normal. Setelah itu, anda bisa cek kondisi radiator. Jika kondisi air radiator kurang, segera tambahkan.

Apabila setelah dihidupkan motor tidak mati mendadak lagi, artinya permasalahan memang berada di di air radiator. Namun, jika motor kembali mati mendadak berarti ada masalah lain. Segera periksakan motor ke bengkel, karena jika dipaksa berkendara dengan kondisi seperti itu khawatirnya motor akan mengalami kerusakan yang lebih parah.

Busi Bermasalah

Busi yang kotor atau mati dapat membuat motor mati mendadak. Sebelum mati, tanda-tanda yang paling sering dirasakan yakni tarikan mesin menjadi tidak semulus biasanya. Jika hal ini terjadi, anda bisa buka busi dengan kuncinya. Kemudian ambil dan dekatkan busi pada blok mesin lalu nyalakan mesin dengan kick starter. Apabila api yang keluar berwarna merah artinya busi motor anda kotor dan harus segera diganti agar mesin dapat kembali normal.

Kehabisan Bensin

Jangan langsung berprasangka buruk saat motor mati mendadak dengan mengira masalah ada pada mesin, karena bisa jadi anda kehabisan bensin. Pasalnya, di beberapa motor, indikator level bahan bakar tidak tersedia. Sehingga, anda harus melakukan pengecekan langsung dengan membuka tangki bensin.

Bila benar bensin habis, jangan panik. Terlebih jika anda menggunakan motor dengan karburator umumnya memiliki keran yang berisi bensin cadangan. Kamu cukup buka keran reservoir dan tangki akan terisi sekitar satu liter bensin. Seharusnya jumlah tersebut cukup untuk mengantarmu hingga SPBU terdekat.

Masih soal bensin, ada juga kemungkinan ventilasi tangki bensin tersumbat. Sebab jika lubang ventilasi tertutup, sirkulasi udara pada tangki bensin tidak lancar dan bensin akan tertahan. Maka dari itu pastikan lubang ventilasi bensin tidak tersumbat agar aliran bensin lancar dan motor anda dapat berjalan normal.

Karburator atau Injektor Tersumbat

Masalah karburator atau injector tersumbat ini bisa terjadi karena beberapa hal. Namun, yang paling sering dialami pengendara motor adalah karena bensin kotor akibat menggunakan bensin dengan RON rendah. Bensin yang kotor itu akan terbawa ke sistem penyemprotan bahan bakar hingga akhirnya menyumbat karburator. Inilah yang menyebabkan motor mati mendadak.

Apabila terjadi kendala seperti ini, solusi yang paling tepat adalah mendatangi bengkel terdekat untuk membersihkan karburator atau injektor yang tersumbat. Setelah bersih dan motor dapat kembali berjalan normal, pastikan di kemudian hari anda menggunakan BBM dengan RON yang sesuai rekomendasi.

Filter Udara Kotor

Dan terakhir, kemugkinan umum yang juga sering menyebabkan motor anda mati mendadak adalah karena filter udara ke ruang bakar kotor. Kondisi ini menyebabkan udara tidak bisa melewati komponen di ruang bakar dengan sebagaimana mestinya.

Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah membersihkan filter yang kotor tersebut. Atau akan lebih baik jika anda mengganti dengan komponen baru. Sebab, filter udara memiliki usia pakai yang relatif singkat. Usahakan jika mengganti filter baru, pakai yang berbahan stainless steel karena dapat dipakai seumur motor.

Demikian informasi mengenai penyebab motor sering mati tiba-tiba lengkap dengan cara mengatasinya. Adapun untuk menghindari hal ini terjadi, maka sebaiknya dari awal anda selalu rutin melakukan perawatan dan pengecakan motor kesayangan anda agar performanya selalu baik dan tidak memberikan anda masalah ketika menggunakannya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600