Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Mengatasi Pelek Motor Bengkok Kembali Normal

×

Begini Cara Mengatasi Pelek Motor Bengkok Kembali Normal

Share this article
Cara Mengatasi Pelek Motor Bengkok

Bagi anda yang menemukan masalah pelek motor bengkok karena sesuatu hal, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi pelek motor bengkok agar kembali normal dan motor anda kembali nyaman untuk digunakan.

Saat pelek motor bengkok maka hal tersebut pastinya akan membuat anda tidak nyaman berkendara. Selain itu, kondisi ini bisa membahayakan keamanan anda berkendara dijalan raya dimana pelek motor yang bengkok dapat mempengaruhi keseimbangan dan handling motor, serta berpotensi menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada ban dan suspensi.

Example 300x600

Maka dari, apabila anda menemukan kondisi pelek yang bengkok, maka anda harus segera mencari cara mengatasinya seperti segera membawa motor ke bengkel profesional yang memiliki alat dan keahlian untuk meluruskan pelek dimana montir ini akan menggunakan peralatan khusus untuk mengembalikan bentuk pelek ke kondisi semula, memastikan pelek tidak hanya terlihat lurus tetapi juga aman untuk digunakan kembali.

Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi pelek motor yang bengkok untuk anda simak sebagai berikut.

Cara Memperbaiki Velg Motor yang Bengkok Sendiri di Rumah dan Bengkel

Cara Mengatasi Pelek Motor Bengkok

Velg yang bengkok tentu harus segera diatasi karena bisa mengancam keselamatan berkendara. Untuk menghemat uang, banyak orang memilih memperbaiki pelek yang bengkok daripada menggantinya. Cara untuk memperbaiki velg yang bengkok pun sebenarnya cukup beragam. Apa saja itu, simak beberapa caranya dibawah ini.

Menggunakan Besi

Cara pertama untuk memperbaiki masalah pelek bengkok yaitu dengan menggunakan lingkaran besi. Lingkaran besi ini akan berguna untuk menekan bagian velg yang bengkok. Namun cara ini hanya bisa berguna untuk pelek yang bengkoknya masih wajar.

Simak cara memperbaiki velg motor yang bengkok menggunakan besi sebagai berikut.

  • Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menyiapkan lingkaran besi atau benda bulat yang keras.
  • Setelah itu maka bisa melepaskan ban motor yang peleknya bengkok terlebih dahulu.
  • Kemudian letakkan pelek motor yang bengkok pada permukaan lantai yang datar.
  • Gunakan lingkaran besi untuk menekan bagian pelek yang bengkok hingga kembali rata.
  • Tekan pelek bengkok secara perlahan hingga velg kembali rata dan tidak terlihat bengkok.
  • Cek apakah velg benar-benar rata atau belum dengan cara memutarnya secara perlahan.
  • Jika masih bengkok maka tekan kembali dengan besi hingga pelek benar-benar rata.

Cara Memperbaiki Velg Motor yang Bengkok Menggunakan Balok Kayu dan Pemanasan

Cara lainnya yaitu dengan memanfaatkan balok kayu untuk memukul pelek yang bengkok. Metode ini mungkin cukup mirip dengan metode pertama namun ada sedikit perbedaan. Sebab metode kedua ini menggunakan kayu serta perlu pemanasan pelek yang keras.

Simak langkah-langkah memperbaiki velg bengkok dengan kayu dan pemanasan sebagai berikut.

  • Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melepaskan roda dari motor kemudian melepaskan ban dari pelek.
  • Kemudian siapkan dua buah balok kayu yang keras. Satu kayu untuk mengganjal bawah velg sedangkan kayu lainnya untuk memukul.
  • Posisikan salah satu balok kayu di bawah pelek dan pastikan posisinya tidak mudah bergerak.
  • Karena velgnya keras maka bisa memanaskan bagian yang penyok terlebih dahulu menggunakan api.
  • Setelah cukup panas maka bisa memukulnya menggunakan balok kayu hingga kembali rata.
  • Dalam memukulnya pastikan menggunakan tenaga secara bertahap, jangan langsung memukul dengan keras. Sebab ada resiko pelek justru pecah sehingga tidak bisa diperbaiki kembali.

Press Velg

Selain dua cara diatas yakni selain memukul pelek, terdapat cara lain untuk memperbaiki velg penyok yaitu pengepresan. Press akan membuat pelek bengkok bisa kembali lurus dengan mudah. Cara memperbaiki velg motor yang bengkok ini membutuhkan alat press khusus yang biasanya terdapat pada bengkel.

Pemilik motor harus membawa motor ke bengkel tertentu untuk melakukan pengepresan. Ketika anda sudah sampai di bengkel maka mekanik akan melepas pelek motor yang bengkok terlebih dahulu. Setelah itu pelek bengkok akan di press menggunakan alat khusus pengepresan.

Akan tetapi press pelek bengkok menggunakan alat juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu caranya lebih mudah, cepat, dan biayanya tidak terlalu mahal. Kekurangannya pelek justru bisa tambah rusak jika yang mengerjakan kurang berpengalaman.

Selain itu metode press ini juga akan menyebabkan pelek menjadi lecet dan tampilannya kurang bagus. Karena itu perlu tindakan untuk merapikannya menggunakan dempul dan lem. Walaupun tampilannya kembali rapi, kekuatan dari pelek tetap tidak sebagus sebelumnya.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi pelek motor bengkok agar kembali normal. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600