Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Begini Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor yang Blong

×

Begini Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor yang Blong

Share this article
Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor yang Blong

Bagi anda yang bermasalah dengan rem cakram motor yang blong, maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan cara memperbaiki rem cakram motor yang blong agar kenyamanan dan keamanan anda berkendara tetap terjaga.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana rem cakram motor merupakan salah satu komponen penting yang memastikan keselamatan pengendara saat berkendara yang berfungsi sebagai alat pengereman mendadak untuk menghindari pengguna lain di jalan.

Example 300x600

Akan tetapi seiring waktu dan penggunaan, rem cakram dapat mengalami masalah seperti salah satunya adalah rem yang blong. Kondisi ini di mana rem kehilangan daya cengkeramnya, sehingga motor sulit dikendalikan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Ada beberapa penyebab yang bisa menjadi penyebab rem cakram motor blong. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Penyebab Rem Cakram Motor yang Blong

Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor yang Blong

Rem panas

Penyebab paling umum rem menjadi panas adalah karena terlalu lama berkendara saat perjalanan jauh. Untuk mencegahnya, Anda dapat membagi waktu bermotor agar memberi waktu bagi rem kembali dingin dan optimal digunakan lagi.

Kampas rem aus

Kampas rem yang aus akan mengurangi gesekan untuk menurunkan kecepatan kendaraan. Tanda dari menipisnya kampas adalah adanya bunyi gesekan yang nyaring antara piringan cakram dan dasar kampas yang juga terbuat dari besi.

Jika situasi ini terlanjur terjadi, sebaiknya kurangi kecepatan saat berkendara dan segera mengganti kampas rem ke bengkel.

Minyak rem habis

Minyak yang habis akan menyebabkan rem tidak bisa digunakan sama sekali meski kampas rem baru diganti. Pastikan selalu memeriksanya berkala dan menggunakan minyak rem sesuai standar pabrikan.

Adapun penyebab minyak rem cepat habis bisa jadi karena adanya kebocoran selang dan sudah lama tidak diisi.

Karena fungsinya yang penting untuk keamanan berkendara maka masalah rem cakram motor yang blong tidak bisa disepelekan tetapi harus segera diatasi, dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan rekomendasi cara memperbaiki rem cakram motor yang bisa anda simak dibawah ini.

Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor yang Blong

Bagi anda yang merasa memiliki keahlian mekanik dalam perbaikan motor, maka pertama siapkan dulu perangkat-perangkat berikut ini.

  • Oli rem
  • Wadah untuk menampung oli rem
  • Kunci ring 11 atau 8, sesuai dengan ukuran baut nipel kaliper
  • Selang untuk mengalirkan oli rem dari nipel kaliper
  • Obeng untuk membuka penutup tabung reservoir master
  • Selanjutnya berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan sebagai berikut.
  • Posisikan motor di keadaan standar tengah
  • Lalu lepas roda depan
  • Setelah ban lepas, lepaskan juga kaliper dari dudukan di shockbreaker
  • Lepaskan selang rem dari kaliper, lalu keluarkan minyak remnya ke wadah. Kamu perlu hati-hati pada step ini karena jika minyak rem kena tangan maka bisa menimbulkan iritasi dan jika kena bodi motor bisa merusak cat dan juga bodi motor anda.
  • Jika minyak rem sudah keluar semua, bersihkan kotoran atau karat di bagian piston rem. Untuk proses ini jangan sampai menimbulkan goresan pada piston ya karena akan buat minyak rem bocor nantinya.
  • Selanjutnya, bersihkan silinder rem dari kotoran atau juga karat pakai kompon agar tidak sampai menggores silinder
  • Jika semua sudah dibersihkan, lalu anda bisa pasang kembali piston dan isi kembali minyak rem yang baru ke master silinder rem.
  • Setelahnya, anda bisa memasang kembali rem cakram dan roda
  • Lalu anda bisa coba menyetel pengereman tersebut dengan membuang angin yang masuk
  • Setelahnya, coba hidupkan motor dan coba dibawa jalan di sekitar rumah untuk mengetes apakah rem sudah cakram lagi atau masih terasa aus saat direm.

Apabila setelah melakukan cara di atas tapi rem cakram depan masih blong, sebaiknya anda segera membawa motor tersebut ke bengkel resmi agar ditangani oleh ahlinya.

Demikian informasi mengenai cara memperbaiki rem cakram motor yang blong. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600