Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Cara Mengatasi Roda Depan Mobil Goyang dan Penyebabnya

×

Cara Mengatasi Roda Depan Mobil Goyang dan Penyebabnya

Share this article
Cara Mengatasi Roda Depan Mobil Goyang

Jika anda merasa roda depan mobil anda goyang saat berkendara apalagi saat kecepatan tinggi, maka penting bagi anda mengetahui penyebab dan cara mengatasinya sebab hal ini tentunya bisa mengganggu kenyamanan dan keamanan anda berkendara.

Ketika masalah roda depan mobil goyang anda temukan, maka tentunya hal ini tidak boleh anda sepelekan sebab kondisi ini bisa berpengaruh pada keselamatan anda berkendara di jalan raya dan juga keselamatan keluarga tercinta anda. Tidak hanya faktor keselamatan, kondisi ini pastinya akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika mengendarai mobil di jalan.

Example 300x600

Adapun masalah roda depan mobil goyang bisa disebabkan oleh beberapa hal yang menjadi pemicunya, mulai dari masalah ban, komponen suspensi mobil dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut kami bagikan cara mengatasi roda depan mobil goyang yang harus anda ketahui sebagai berikut.

Penyebab Roda Depan Mobil Goyang

Cara Mengatasi Roda Depan Mobil Goyang

Masalah pada axle

Axle termasuk pada komponen mobil yang memiliki fungsi untuk menyalurkan tenaga ke bagian roda atau ban. Adanya kerusakan pada bagian axle sebetulnya termasuk hal yang jarang terjadi, tetapi tidak menutup kemungkinan hal ini bisa saja dialami. Axle bisa saja mengalami kerusakan pada mobil yang jarang digunakan atau bila sering digunakan untuk berkendara di jalanan yang tidak mulus.

Rem keras

Rem mobil merupakan salah satu komponen yang memang cukup penting dalam mobil karena berkaitan dengan keamanan serta kenyamanan anda saat berkendara. Seiring dengan usia pemakaiannya, tentu rem bisa mengalami perubahan bentuk.

Misalnya saja rem jadi bergelombang, yang dari kondisi ini bisa mengakibatkan adanya getaran kuat ketika menginjak pedal rem. Hingga akan terasa getaran ketika anda mengendarai mobil. Selain itu, kampas rem yang sudah tipis bisa membuat sistem pengereman jadi kurang pakem sehingga ban terasa goyang saat anda mencoba untuk mengerem.

Ban tidak mulus

Penyebab roda depan mobil terasa goyang selanjutnya bisa terjadi saat anda berkendara dalam kecepatan yang tinggi, dan kemungkinan kondisi ban mobil sudah tidak semulus sebelumnya. Rasanya seperti ada benjolan pada ban, dan benjolan itu biasanya diakibatkan karena ban menghantam benda yang cukup keras.

Bila terus terjadi, ini akan memunculkan tekstur gelombang yang ada di bagian luar ban.

Ban kempes

Ban yang kempes juga bisa menjadi salah satu penyebab mobil goyang kanan-kiri terjadi. Tekanan angin pada ban mobil yang mulai berkurang tidak menyebabkan dampak yang begitu besar, tapi bisa menyebabkan mobil terasa goyang. Kurangnya tekanan angin ban ini tentu dapat berpengaruh pada cengkraman ban. Hingga cengkraman ban ke jalan menjadi tidak sempurna.

Tekanan angin di ban terlalu tinggi

Selain dari tekanan angin berkurang, tekanan angin ban yang terlalu tinggi pun bisa menjadi penyebab roda depan mobil goyang. Memang masih banyak beberapa pengguna yang belum menyadari hal ini, terlebih saat pengisian angin ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada pada label pengisian angin.

Jika tekanan angin di ban terlalu tinggi, ban pun akan menjadi benjol dan mobil jadi terasa bergoyang saat dikendarai.

Velg rusak

Selanjutnya, kondisi velg mobil yang rusak juga bisa menyebabkan ban mobil terasa goyang. Hal ini bisa terasa ketika mobil anda bertabrakan dengan lubang jalanan atau batu. Velg mobil penyok bahkan sobek bila tetap terus dipakai berkendara. Jika memang hal ini terjadi dan anda membiarkannya, mobil pun akan terasa goyang saat melaju.

Belum spooring dan balancing

Penyebab roda depan mobil goyang karena roda mobil belum dilakukan spooring dan balancing. Spooring dan balancing adalah jenis perawatan untuk mengembalikan posisi simetris velg dan ban mobil sesuai dengan setelah pabrik. Mobil yang jarang servis spooring dan balancing akan terasa goyang pada setir dan ban mobil.

Masalah pada setir

Dan terakhir bisa jadi penyebanya terjadi masalah pada setir mobil. Ini karena kondisi poros roda yang sudah tidak lurus lagi, yang biasanya disebabkan karena adanya tabrakan maupun kecelakaan yang pernah dialami oleh mobil.

Goyangan atau getaran tersebut bisa bertambah parah seiring dengan kecepatan mobil. Masalah ini bisa berkaitan dengan kondisi gardan. Gardan akan berputar cepat memberikan dorongan pada bagian as roda. Jika bentuknya sudah tidak normal lagi, ini akan menyebabkan getaran terasa saat mobil dikendarai

Cara mengatasi roda depan mobil terasa goyang

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari roda depan mobil terasa goyang, maka berikut kami bagikan cara mengatasinya yang bisa anda simak dibawah ini.

Cek dan ganti ban mobil

Apabila permukaan ban yang tidak mulus adalah penyebabnya, anda perlu mengganti ban mobil dengan yang baru. Penting juga melakukan perawatan untuk ban mobil guna mencegah kondisi ini.

Selanjutnya, cek seberapa banyak roda yang menyimpang dari rotasi lingkaran sempurna saat berputar. Para teknisi biasanya akan menggunakan instrumen yang presisi agar tepat dalam menentukan jarak pada setiap roda. Nah, jika masih saja bermasalah tidak ada salahnya agar anda mengganti roda mobil yang sudah rusak ini.

Cek dan ganti kampas rem

Apabila masalah ini terjadi karena rem mobil yang terlalu keras, anda harus segera melakukan penggantian kampas rem mobil dengan yang baru. Usahakan pilihlah kampas rem dengan tekstur yang lunak dan hindari penggunaan kampas terlalu keras, sebab bisa merusak piringan cakram.

Berkendara dengan baik

Sebetulnya merawat ban mobil ini cukup mudah, anda hanya perlu mengendarai mobil dengan benar. Jangan sengaja menerobos jalanan yang tidak mulus dengan kecepatan tinggi. Usahakan pelan-pelan saat lewat jalanan berbatu atau berlubang, demi untuk keamanan juga.

Spooring dan balancing

Jangan lupa juga untuk rutin melakukan spooring dan balancing, serta jagalah tekanan ban mobil dalam kondisi yang ideal. Lakukan spooring setiap jarak tempuh 20.000 km, dan balancing setelah ganti ban atau velg.

Cek kondisi velg

Apabila anda menemukan penyebabnya dari velg mobil anda, langsung saja bawa mobil ke bengkel las. Di sana nantinya akan dilakukan perbaikan pada velg dengan mesin bubut.

Cek tekanan angin pada ban

Dan terakhir, penting untuk memastikan tekanan ban mobil anda tetap ideal, tidak kelebihan maupun kekurangan. Nah, sekarang anda sudah mengetahui apa saja penyebab roda depan mobil goyang dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan tepat.

Jadi, sangat penting bagi anda untuk selalu memperhatikan kondisi ban mobil demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi roda depan mobil goyang serta penyebabnya. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600