Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

6 Penyebab Setir Mobil Miring Sebelah Lari ke Kiri

×

6 Penyebab Setir Mobil Miring Sebelah Lari ke Kiri

Share this article
Penyebab Setir Mobil Miring

Apakah anda mengalami kondisi dimana stir mobil anda terasa berat sebelah hingga miring seperti lari ke kiri? maka anda tepat berada di artikel ini dimana kali ini kami akan membagikan penyebab yang menjadi pemicu dan penting untuk anda ketahui.

Setir mobil yang miring dan kendaraan yang cenderung lari ke kiri bisa menjadi indikasi adanya masalah serius yang perlu segera diatasi. Kondisi ini tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara tetapi juga bisa membahayakan keselamatan di jalan. Beberapa penyebab umum dari masalah ini termasuk keseimbangan roda yang tidak tepat, tekanan ban yang tidak merata, atau bahkan kerusakan pada komponen suspensi dan kemudi.

Example 300x600

Apabila anda mengalami kondisi ini pada mobil kesayangan anda, maka penting untuk memahami penyebab setir mobil miring adalah langkah awal yang penting untuk menjaga performa kendaraan tetap optimal dan aman. Dan pada kesempatan kali ini kami membahas secara rinci masalah-masalah seperti keausan ban yang tidak merata, keselarasan roda yang buruk, serta potensi kerusakan pada bagian suspensi dan kemudi.

Berikut kami penyebab stir mobil anda terasa berat sebelah hingga miring seperti lari ke kiri yang harus anda ketahui dibawah ini.

Penyebab Setir Mobil Miring Sebelah Lari ke Kiri

Penyebab Setir Mobil Miring

Understeel yang Kehilangan Kestabilan

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana jalanan tidak semuanya rata dan mulus. Mobil melaju di medan yang tidak rata dan berlubang pasti sudah biasa. Tetapi hal ini bisa berbahaya untuk understeel jika Anda tidak mengurangi laju kecepatan mobil saat melintas. Understeel akan kehilangan kestabilannya.

Ketidakstabilan inilah yang bisa menyebabkan mobil berat sebelah atau lari ke kiri maupun ke kanan. understeel yang tidak stabil tidak hanya membuat Anda tidak nyaman, tetapi dalam kondisi fatal juga bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Understeel yang tidak stabil dapat diminimalisir jika anda menggunakan Almaz Hybrid. Mobil ini punya fitur ESC (Electronic Stability Control) yang mampu meminimalisir terjadinya understeer.

ESC sendiri merupakan fitur yang mampu mencegah mobil kehilangan kendali karena oversteering dan understeering. Teknologi ESC bisa menerapkan rem dan memodulasi tenaga mesin secara selektif untuk menjaga kendaraan berjalan di jalur yang benar.

Terdapat Kerusakan di Bagian Understeel

Stir mobil bergerak sendiri ke kiri bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada bagian understeel (kaki-kaki roda). Kerusakan ini bisa disebabkan beberapa hal, misalnya saja karena kerusakan atau karatan pada bagian tie rod.

Tie rod adalah salah satu komponen understeel, selain juga ada ball joint, bushing stabilizer, link stabilizer, upper mount stabilizer, dan lain sebagainya. Tanda understeer rusak adalah setir mobil terasa berat sebelah. Kerusakan understeel dapat juga disebabkan karena keausan atau munculnya karat pada bagian understeel.

Sudut Toe Sudah Terlalu Lebar

Sudut toe yang terlalu lebar ke kiri atau ke kanan juga bisa menjadi penyebab setir mobil lari ke kiri. Sudut toe digunakan untuk menentukan kelurusan roda. Biasanya setelan pabrik sudah mengatur posisi ini.

Walaupun begitu, seiring dengan penggunaan sangat mungkin sudut toe mengalami pergeseran hingga terlalu ke dalam atau ke luar. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan setir mobil tidak lurus, stir mobil bisa lari ke kiri atau ke kanan.

Rack Steer Rusak

Apabila anda sudah melakukan spooring tapi mobil masih lari ke kiri atau ke kanan? Mungkin ada kerusakan pada bagian rack steer. Musuh utama rack steer adalah jalanan berlubang. Jika terlalu sering Anda terabas, rack steer bisa rusak. Padahal rack steer inilah yang menghubungkan lingkar kemudi dengan bagian kaki-kaki. Sehingga kalau rack steer rusak, kinerja power steering akan terhambat.

Ada banyak indikasi yang bisa menjadi tanda rack steer rusak. Salah satunya adalah setir mobil terasa ‘lari’ ke kanan atau kiri sekalipun telah Anda spooring.

Salah satu cara mengatasi setir mobil lari ke kiri karena kerusakan pada rack steer adalah dengan memperbaikinya. Itupun jika kerusakan rack steer hanya karena ada bocor atau rembes. Namun jika sudah rusak berat seperti karena gigi as termakan, maka anda harus ganti satu unit rack steer utuh, dan harganya pun tidak murah.

Bagian Tie-Rod Aus

Penyebab setir mobil bergerak sendiri ke kiri berikutnya adalah karena ada bagian tie rod yang aus, baik itu karena sudah tidak layak pakai atau sudah usang. Bisa juga karena beberapa bagian tie rod telah berkarat karena tidak pernah anda bersihkan. Kondisi ini juga bisa menjadi penyebab setir mobil tidak stabil.

Understeel Tidak Layak

Dan terakhir, yang juga bisa menjadi penyebab setir mobil lari ke kiri adalah understeel sudah tidak layak pakai. Akan lebih baik jika anda melakukan perawatan dan service mobil berkala sesuai dengan jadwalnya. Service mobil rutin memang terasa menyebalkan dan terkesan menghabiskan biaya, tetapi hal itu tidak seberapa jika Anda bandingkan dengan terjadinya kerusakan.

Mengganti komponen akan jauh lebih mahal dibandingkan service secara berkala. Tetapi jika understeel sudah tidak layak pakai, maka mau tidak mau anda harus menggantinya.

Demikian informasi mengenai penyebab stir mobil anda terasa berat sebelah hingga miring seperti lari ke kiri. Semoga berguna dan bermanfaat

Example 120x600