Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Otomotif

Aturan Pasang Lampu Strobo di Kendaraan, Awas Kena Tilang

×

Aturan Pasang Lampu Strobo di Kendaraan, Awas Kena Tilang

Share this article
Aturan Pasang Lampu Strobo di Kendaraan

Kendaraan yang menggunakan lampu strobo di jalan raya pastinya bukan pemandangan yang asing bukan? Namun penting bagi anda mengetahui aturan pasang lampu strobo di kendaraan dimana penyalagunaan lampu ini bisa berakibat tilang.

Lampu strobo merupakan lampu khusus yang umum digunakan pada jenis-jenis kendaraan tertentu seperti mobil ambulans, pemadam kebakaran, polisi, dan institusi lain yang berkaitan dan membutuhkannya.

Example 300x600

Namun saat ini, lampu strobo juga banyak digunakan untuk masyarakat sipil dimana hal tersebut tidak sesuai dengan peruntukannya sebab lampu ini tidak boleh digunakan sembarangan dan telah ada undang-undang yang mengaturnya. Sehingga penyalahgunaan lampu ini bisa berakibat pada sanksi denda atau tilang.

Bukan rahasia lagi apabila lampu strobo ini sering digunakan kendaraan sipil hanya untuk sekedar gaya-gayaan atau menembus kemacetan. Namun tentunya hal tersebut merupakan penyalahgunaan dari fungsi utama dari lampu ini dan bisa merugikan pengguna kendaraan lain.

Adapun lampu strobo adalah jenis lampu yang menghasilkan kilatan cahaya yang sangat terang dalam waktu singkat dan sering digunakan dalam pola yang berulang. Lampu ini dirancang untuk menarik perhatian dengan cepat dan biasanya digunakan dalam situasi darurat. Lampu strobo sering ditemukan pada kendaraan darurat seperti mobil polisi, ambulans, dan pemadam kebakaran, di mana fungsinya adalah untuk memberikan sinyal visual yang kuat kepada pengguna jalan lainnya bahwa kendaraan tersebut sedang dalam tugas darurat dan perlu prioritas di jalan raya.

Selain penggunaan di kendaraan darurat, lampu strobo juga digunakan dalam berbagai aplikasi lain, termasuk di panggung konser untuk efek pencahayaan khusus, di klub malam, serta di beberapa peralatan fotografi dan ilmiah. Karena kemampuannya untuk menghasilkan kilatan cahaya yang intens, lampu strobo sangat efektif dalam menarik perhatian dan memberikan peringatan visual yang jelas.

Aturan Pasang Lampu Strobo di Kendaraan

Aturan Pasang Lampu Strobo di Kendaraan

Sebagai informasi dimana Lampu strobo, rotator, dan sirene hanya boleh digunakan pada mobil yang punya hak utama. Hal ini tercantum pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 200 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Berdasarkan Pasal 134 dan 135, penggunaan sirene dan lampu isyarat hanya boleh dipasangkan pada kendaraan tertentu saja.

Berikut ini adalah urutan kendaraan yang boleh dipasangkan strobo, rotator, dan sirene: Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang bertugas, ambulans yang mengangkut orang sakit, kendaraan yang memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas, kendaraan dinas milik pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia, kendaraan dinas milik pejabat negara asing atau lembaga internasional, kendaraan pengantar jenazah, dan kendaraan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Apabila masih terdapat pengendara yang masih nekat menggunakan aksesoris mobil strobo, rotator, atau sirene, maka siap-siap kena sanksi. Sesuai dengan Undang-Undang No.22 Tahun 2009 Pasal 287 Ayat 4, maka bagi pengemudi yang menyalahgunakan lampu isyarat bisa dikenai sanksi pidana berupa hukuman kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,-. Untuk itu, hindari penggunaan strobo dan lampu isyarat lainnya pada kendaraan anda.

Demikian informasi mengenai aturan pasang lampu strobo di kendaraan yang penting anda ketahui. Maka dari itu, sebaiknya hindari penggunaan lampu ini untuk gaya-gayaa, atau pamer sebab hal tersebut bisa mengganggu pengguna kendaraan lain dimana lampu digunakan tidak sesuai dengan peruntukannya untuk keadaan darurat atau kendaraan yang berkepentingan khusus. Semoga berguna dan bermanfaat.

Example 120x600